07/01/2017

Persyaratan Mendaftar BPJS Kesehatan terbaru 2017



Mengikuti Program BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan saat ini seakan menjadi salah satu 'jalan' untuk mendapatkan jaminan Layanan kesehatan dari Pemerintah walaupun dengan tanda petik 'tidak gratis'. Melakukan Pendaftaran BPJS kesehatan sekarang ini tidaklah semudah beberapa tahun yang lalu, Dimana dahulu satu Orang bisa mengikuti program ini walaupun dalam satu Anggota Keluarga (satu KK) ada yang tidak mengikutinya. namun Sekarang ceritanya jadi lain, Syarat lebih ketat diberlakukan dengan berbagai pertimbangan yang disyaratkan Pemerintah untuk mendapat Kartu Indonesia Sehat (KIS).


Disini Admin akan membahas tetang apa saja syarat Terkini yang diperlukan untuk mendaftar di Program BPJS kesehatan. Dalam pembahasan kali ini memang dari Pengalaman Admin DetikInfo sendiri, yang mana baru-baru ini melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Blitar, Jawa Timur.

Adapun beberapa syarat Mutlak yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar BPJS meski dipenuhi ketika menyodorkan berkas ke Pihak Kantor BPJS. Bila memaksa tidak melengkapi berkas yang diperlukan dipastikan tidak akan bisa dikabulkan permohonan si pendaftar.

Lalu apa saja kelengkapan yang diperlukan untuk mendaftarkan diri agar diterima dalam Program pemerintah (BPJS) ini dan nantinya akan mendapatkan kartu Indonesia Sehat ?.


Disini admin melakukan pendaftaran jenis Bukan penerima Upah melainkan Perorangan. Saya mendaftarkan Seluruh anggota Keluarga yang masuk dalam satu KK (Kartu Keluarga) dimana terdiri dari Saya (Suami), Istri, dan kedua Anak saya.

Kelengkapan dan Syarat untuk mendaftar BPJS Kesehatan :

1. Kartu Keluarga, Difotokopi 1 Lembar

2. Foto 2x3, Masing-masing anggota keluarga yang didaftarkan (dalam 1 KK) 1 lembar.

3. Foto Copy KTP, masing-masing 1 Lembar.

4. Untuk anak kecil, Foto Copy Akta Kelahiran 1 lembar.

5. Foto Copy Buku tabungan 1 lembar, Bisa BRI, Mandiri, BNI atau BCA, milik si penanggung jawab, yang dalam hal ini adalah dari pihak orang Tua ( Ayah )

6. Foto Copy Surat Nikah (Opsional), Bawa saja daripada nanti di tempat kantor BPJS tempat anda mendaftar diharuskan daripada bolak-balik pulang pergi.

Nah, Bila sudah melengkapi berkas tersebut maka datanglah ke Kantor BPJS untuk mendaftar. Anda akan disambut oleh Pak Satpam dan ditanyai keperluan apa, Jenis Keikutsertaan, dan Tipe golongan yang diinginkan.


Karena memang ingin mendaftar sebagai Individu ( Keluarga ) maka ambillah Formulir yang telah disediakan, Warnanya Biru ( untuk pendaftar perorangan / Keluarga ).

Isilah kolom-kolom isian tersebut dengan teliti, isi dengan urut, mulai dari penanggung jawab (ayah) diatas, kemudian istri dan seterusnya urut kebawah anak-anak sesuai umur. Setiap keterangan Identitas isilah sesuai dengan yang tertera di kartu identitas dan KK yang anda miliki, jangan sampai keliru.

Untuk isian Kolom Rujukan Kesehatan Tingkat Pertama, isilah dengan data dimana suatu saat nanti ketika ada keluarga sakit dirujuk kemana dulu, Contoh Puskesmas Kecamatan dekat tempat tinggal anda.




Dari pengalaman, Untuk Tipe Golongan paling Murah yang admin Ikuti iuran Bulanannya adalah 25.500 Rupiah. Jangan salah memilih tipe golongan yang nantinya data tersebut tidak akan bisa dirubah ketika kartu dan keanggotaan anda dikabulkan.

Nah, setelah selesai dengan formulir isian tersebut, silahkan serahkan berkas ke petugas dan anda akan memperoleh kupon antrian untuk menunggu dipanggil dan berkas anda terproses.

Setelah anda dipanggil, nantinya akan diberikan berkas berupa beberapa lembar masing-masing nomor virtual Kartu BPJS yang berisikan sejumlah Nominal Uang yang harus anda bayarkan via Bank yang ditunjuk (BRI, BCA, MANDIRI, BNI), bisa via ATM maupun Loket-loket pembayaran Online. Anda akan diberi waktu sampai 2 Minggu untuk melakukan transaksi pembayaran, Pastikan sesegera mungkin anda melakukan pembayaran untuk pertama kali.

Biasanya satu hari itu juga setelah anda membayar biaya BPJS pertama kali, dan kembali ke kantor BPJS untuk menyerahkan Bukti pembayaran maka Kartu tanpa peserta BPJS atau Kartu Indonesia Sehat diberikan (langsung Jadi).

Mungkin sekilas info tentang cara mendaftar BPJS dan kelengkapan yang harus dipenuhi agar sukses memiliki Kaartu Indonesia Sehat diatas bermanfaat buat pembaca DetikInfo.


Emoticon Emoticon