Home » » Pesona Pantai Pangandaran Jawa Barat yang Menawan

Pesona Pantai Pangandaran Jawa Barat yang Menawan

jawa barat pesona pantai pangandaran

Pantai Pangandaran adalah salah satu Pantai di Jawa Barat yang memiliki view yang sangat indah. Wisata pantai Pangandaran merupakan salah satu wisata andalan dari Kabupaten Pangandaran yang merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Pantai Pangandaran terletak di daerah tenggara Provinsi Jawa Barat, atau teparnya di desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Keindahan Pantai Pangandaran tentunya tidak dapat di ragukan lagi. Oleh karenanya tak heran jika pantai ini pernah di anugerahi penghargaaan sebagai pantai terindah di pulau Jawa menurut Asia Rooms.

Keindahan Pantai Pangandaran

Pemandangan Sunrise maupun Sunset pada pantai ini sangatlah memukau. Deburan ombak yang tenang akan menambah kesan mendamaikan dan menentramkan jiwa. Anda pun bisa berenang tanpa rasa was-was seperti di pantai-pantai lainnya dikarenakan pantai Pangandaran berjenis pantai landai. Bentangan pasir putih yang indah dengan tekstur lembut menjadikan Pantai Pangandaran pantai ikonik milik kabupaten Pangandaran. Masyarakat sekitar yang ramah juga menambah nilai plus pada wisata Pesisir Pangandaran ini.

pantai pangandaran yang indah

Fasilitas Pantai Pangandaran

Wisata Pantai Pangandaran sebenarnya telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Lokasi parkir yang luas sehingga dapat menampung banyak wisatawan yang datang, terutama pada malam pergantian tahun, dan ketika musim liburan. Hotl-hotel dan penginapan di sepanjang pantai dengan harga yang sangat bervariasi pun tersedia dan tertata apik. Penginapan dan hotel tersebut menawarkan akomodasi dengan pemandangan pantai yang menyejukkan. Tak lupa tempat makan, dan Kios Souvenir pantai Pangandaran juga dapat ditemui di sekitar pantai.

Selain itu, fasilitas kegiatan bertemakan pantai seperti Jet Ski, Bumi Perkemahan dan Parasailing pun telah disediakan demi kepuasan para wisatawan yang berkunjung ke pantai Pangandaran. Terdapat juga fasilitas money changer, dan postel sehingga memudahkan turis mancanegara untuk berbelanja di sekitar pantai Pangandaran. Di samping itu, Guide dan layanan informasi di pantai juga tersedia. Tersedia juga sepeda sewa yang digunakan untuk bersepeda santai di sekitar pantai juga disediakan.

Event di Pantai Pangandaran

pantai pangandaran yang ramai pengunjung

Setiap bulan Juni atau Juli, selalu diadakan festival layang-layang Internasional. Pesertanya datang dari berbagai macam tempat, dari luar pulau, hingga luar negeri sekalipun. Salah satu tujuan diadakannya festival tersebut adalah untuk menarik wisatawan mancanegara.

Event kedua yang biasa dihelat di Pantai Pangandaran ialah Hajat Laut, dimana prosesi melarungkan sesajen ke tengah laut lepas terjadi. Upacara ini dilakukan oleh para nelayan Pangandaran sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap kemurahan Tuhan Yang Maha Esa. Event ini dilakukan tiap bulan Muharram di Pantai Timur Pangandaran.

Tempat Menarik di Pantai Pangandaran


Pantai Pananjung




Terletak di kawasan barat pantai Pangandaran, ombak yang tidak begitu besar menjadikan tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain di pesisir pantai bersama anak-anak. Selain itu, terdapat juga kawasan perlindungan satwa, Gua yang dijadikan tentara Jepang sebagai bungker pada masa perang dunia II, dan air terjun di atas bukit.

Pantai Timur

Dengan modal tempat kuliner yang lengkap, pantai bagian timur ini sangat dikenal oleh wisatawan karena tersedianya menu laut yang nikmat, dari kudapan hingga makanan berat. Pasar Ikan juga ada di Pantai timur, banyak wisatawan yang yang melakukan jual beli terutama hasil tangkapan nelayan yang masih segar dengan harga yang sangat terjangkau.

Akses Menuju Pantai Pangandaran

Jika dari Jakarta, diteruskan menuju Kampung Rambutan langsung menuju Pangandaran menggunakan Bus arah Ciamis atau Pangandaran. Umumnya, perjalanan menggunakan bus memakan waktu sekitar 7 Jam. Bus lainnya yang menuju Pangandaran antara lain: Bus Jurusan Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran, Bus Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran, Bus Jurusan LubukLlinggau – Pangandaran – Cijulang, dan Bus Solo – Cilacap – kalipucang – Pulau Pangandaran. Akses jalan terbilang berkualitas baik, kondisi jalan telah diaspal dengan baik, dilengkapi penerangan yang masih berfungsi. 

Opsi lain adalah melalui jalur udara dari bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta) atau bandara Husen Sastranegara (Bandung )menuju Bandara Nusawiru Pangandaran.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Dinas Pemerintah Setempat telah menetapkan harga retribusi untuk Pantai Pangandaran dengan rincian sebagai berikut

Pejalan kaki Rp.3000 per orangnya, Pengunjung bersepeda motor Rp.7000, Pengunjung dengan Mobil Jeep atau Sedan Rp.28.000, Mobil Carry dan sekelasnya Rp. 35.000, Kendaraan kapasitas besar sebesar Rp.40.700, Mini Bus Rp. 80.000, Bus sedang Rp. 104.000, dan Bus besar 169.000.

Bagaimana, sudah siap menuju pantai dan berwisata di Pangandaran ?


0 komentar:

Post a Comment