07/01/2017

Pulau Pasumpahan, Destinasi Wisata Alam Eksotis yang Penuh Pesona di Padang Sumatera Barat



Pulau Pasumpahan, yang Penuh Pesona di Padang Sumatera Barat

Bosan dengan hiruk pikuk kota dan ingin melepaskan penat sejenak di pulau kecil yang tak berpenghuni? Jika itu yang anda mau, maka Pulau Pasumpahan di Padang Sumatera Barat ini sangat kami rekomendasikan untuk anda. Pulau indah ini bukan hanya akan memberikan Anda kedamaian, tetapi juga akan menyegarkan penglihatan Anda dengan segala pesona yang di dalamnya.

Lokasi Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan ini terletak diperairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung di Kota Padang, Sumatera Barat dan termasuk pulau yang berada di pantai sebelah barat Kota Padang. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Sikuai dengan jarak yang hanya sekitar 200 meter saja, sedangkan jika diukur dengan sisi barat Kota Padang, jaraknya mencapai 20 kilometer.

Keistimewaan Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan hanyalah pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 5 hektar yang diselimuti oleh hamparan pasir putih serta dikelilingi oleh air laut yang biru bening. Jika diperhatikan, air laut di sekitar Pulau Pasumpahan seolah terbagi menjadi 3 gradasi warna, dimulai dari pinggir adalah bening, selanjutnya hijau dan di bagian yang lebih ke tengah berwarna biru. Gradasi warna air laut tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan tingkat kedalaman.

Jika berbicara tentang potensi wisata bawah laut, Pulau Pasumpahan juga memiliki berbagai habitat laut yang bisa Anda nikmati melalui snorkling ataupun diving, diantaranya adalah penyu, teripang, ikan sotong serta red lionfish dan tak ketinggalan juga terumbu karangnya.

Berwisata rasanya tak menyenangkan jika hanya berdiam diri, bukan? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan saat Anda berada di Pulau mungil yang satu ini selain snorkling dan diving, adalah berenang, water sport¸ camping, bermain volli, futsal bahkan Anda juga bisa mendaki bukit yang tingginya hanya sekitar 100 meter yang terletak di sisi sebelah utara pulau.




Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda mendaki bukit kecil ini, Anda bisa menikmati pemandangan Pulau Pasumpahan serta sekitarnya. Ada juga hutan mangrove yang tumbuh dengan subur di sisi sebelah utara Pulau Pasumpahan pula, yang sangat memungkinkan Anda untuk berfoto ria dengan latar belakang pemandangan hutan mangrove ataupun sembari mencari ikan-ikan kecil.

Fasilitas yang Ada di Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan kini menjadi salah satu destinasi wisata yang difavoritkan oleh banyak wisatawan, sehingga berbagai upaya pengembangan terus dilakukan. Pengembangan inipun dilakukan oleh masyarakat setempat dengan dibina oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang.

Pengembangan yang telah dilakukan saat ini diantaranya adalah dengan menambahkan berbagai fasilitas, diantaranya adalah penginapan dengan tiga kamar yang disediakan untuk pengunjung yang tidak membawa tenda, bangku, balai-balai, mushola, lapangan futsal, lapangan voli kamar bilas, area berkemah, dermaga kayu di sisi timur pulau yang panjangnya mencapai 35 meter.

Tips Berwisata ke Pulau Pasumpahan

Seperti yang kami sebutkan sebelumya, Pulau Pasumpahan adalah pulau kecil yang akan mengantarkan Anda pada suasana hening yang tentunya sangat jauh berbeda dengan kota, sehingga jika Anda mengunjungi pulau ini, sebaiknya Anda membawa peralatan pribadi yang sekiranya Anda perlukan, seperti logistik yang cukup, lotion nyamuk, obat-obatan pribadi atau tenda jika Anda ingin bermalam/berkemah di pulau ini.

Nah, itulah ulasan mengenai Pulau Pasumpahan, sebuah pulau kecil yang mempesona di Padang, Sumatera Barat. Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke pulau eksotik ini?


Emoticon Emoticon