1/08/2017

Pulau Sangalaki Kaltim, Surga Bagi Pecinta Wisata Pantai

pesona Pulau Sangalaki Kaltim

Pulau Sangalaki menjadi salah satu pulau di Indonesia yang menyajikan panorama pantai yang sangat menarik. Dengan luas hanya 15 hektar, pulau ini merupakan salah satu dari rangkaian pulau di kepulauan derawan dan termasuk pulau terluar Indonesia. 

Pesona Yang Ada Di Pulau Sangalaki


Pulau Sangalaki selain menawarkan keindahan pantai dan panorama laut yang menawan, pulau ini juga termasuk sebagai salah satu rumah penyu di kepulauan derawan. Pulau Sangalaki menjadi habitat alami bagi spesies penyu sisik dan penyu hijau. Oleh karena itu, pulau ini juga memiliki fasilitas konservasi penyu untuk menjaga dan melindungi penyu. Karena merupakan habitat alami, maka anda tidak akan kesulitan untuk melihat penyu. Bahkan pada saat anda berjalan santai di pantai, anda akan dengan mudah melihat jejak penyu.




Bagi anda yang tertarik untuk melihat penyu bertelur, maka usahakan untuk bangun pada malam hari. Penyu biasanya akan bertelur di malam hari, sehingga akan pas jika anda ingin melihatnya sedang bertelur. Sayangnya telur-telur penyu ini menghadapi ancaman alami dari pemangsa, seperti biawak. Sehingga seringkali dari sekian banyak telur yang menetas, hanya sedikit diantaranya yang berhasil bertahan hidup dan menghindari pemangsa.

Awalnya Pulau Sangalaki memang bukan di fungsikan sebagai daerah wisata, karena fungsi utamanya adalah sebagai lahan konservasi penyu dan habitat alam yang ada di daerah tersebut. Namun, bukan berarti tidak ada pengelola wisata yang menyediakan perlengkapan bagi wisatawan yang ingin snorkeling, berenang, menyelam atau bahkan berencana untuk menginap.Di pulau ini hampir semua perlengkapan di atas telah tersedia, tak ketinggalan ada resortnya juga di tempat ini.

Selain menikmati keunikan penyu di habitat alaminya, dengan berkunjung ke lokasi ini anda bisa menyelam bersama pari manta yang terkenal karena keeksotisannya. Banyak sumber yang menyatakan bahwa pari manta merupakan spesies yang jarang untuk ditemui, karena kelangkaanya. Namun berkunjung ke Pulau Sangalaki, pengunjung bisa melihat pari manta yang lebarnya bisa mencapai 7m.

Akses Menuju Lokasi Pulau Sangakali 

Untuk bisa mencapai Pulau Sangalaki, sebenarnya rutenya tidak sulit, anda bisa menuju lokasi tersebut dengan menumpang atau menyewa speed boat dari pulau lain yang masih termasuk di kepulauan derawan. Anda juga bisa memulainya dari pelabuhan tanjung batu yang masih berada di area tanjung redeb di kabupaten berau. Untuk bisa sampai ke pelabuhan ini akan memerlukan waktu 2.5 jam perjalanan darat.

Sedangkan apabila anda berangkat dari kota besar seperti Jakarta atau kota lain, maka anda bisa melakukan perjalanan udara dengan terbang menuju bandara kalimarau yang ada di tanjung redeb. Saat sudah berada di pelabuhan tanjung batu, anda bisa menyewa speedboat yang biasanya dikenakan tarif 500 ribu untuk perjalanan menuju Pulau Sangalaki.

Karena pulau sangalaki menjadi habitat dari penyu dan ikan pari manta yang terkenal, maka tidak heran jika pulau ini menjadi destinasi bagi mereka yang menyukai aktivitas menyelam. Pulau sangalaki menjadi tempat favorit para penyelam yang ingin melihat langsung pari manta yang mempesona. Beberapa destinasi penyelaman di pulau sangalaki diantaranya: Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Eel Ridge, Lighthouse dan The Rockies.

Bagi anda yang sangat menyukai panorama alam khususnya yang dekat dengan pantai dan laut, maka tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu pesona pantai terindah di Indonesia ini. Kesempatan untuk bisa melihat habitat alami dari penyu atau melihatnya bertelur di malam hari tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan, terlebih jika anda menyelam bersamaan dengan pari manta yang terkenal, pasti akan anda kenang untuk selamanya di hati anda.


Emoticon Emoticon