10/01/2017

Telaga Remis, Pesona Keindahan Alam Berlapis di Jawa Barat

Telaga Remis merupakan danau cantik yang berlokasikan di bawah kaki gunung Ciremai, desa Kaduela, Kuningan, kecamatan Madiracan, Jawa barat. Danau dengan keindahan alam yang berlipat-lipat ini berjarak kurang-lebih 37 kilometer dari pusat kota Kuningan, Jawa Barat.

Telaga Remis pesona keindahan aam

Pesona Keindahan Telaga Remis

Berasal dari kata talaga dalam bahasa sunda yang memiliki makna telaga, dan remis yang mengacu pada penamaan sejenis binatang, seperti kerang berwarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga tersebut. Remis merupakan sumber protein hewani yang sangat baik dan besar manfaatnya bagi kesehatan.

Telaga Remis mempunyai air yang sangat jernih dan juga dingin. Di sekitar telaga, terdapat hutan wisata Telaga Remis yang memiliki luas sekitar 13 Hektar. Sementara itu, luas danaunya sendiri mencapai 3,25 Hektar. Dalam kawasan Telaga Remis terdapat 8 telaga lainnya seperti Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Buruy, Telaga Tespong, Telaga Leutik, dan juga Sumur Jalatunda.

Telaga Remis di jawa barat

Selain keindahan berlapis dari berbagai pemandangan yang menyegarkan dan keindahan beberapa obyek di dalamnya. Kawasan di Telaga Remis ini juga merupakan tempat hidup beberapa ragam fauna seperti Sonokeling, Malaka, dan Kosambi. Di daerah ini juga merupakan habitat dari flora langka yaitu Pisang Hyang.

Telaga Remis bertempat di antara lindungnya pepohonan hutan pinus dan bebatuan cadas. Pengelolaan sebagai tempat wisata memang telah dilakukan, namun sepertinya masih kurang maksimal. Akan tetapi, hal tersebut membuat kawasan ini masih sejuk dan hijau, permukaan air yang jernih menambah daya tarik dari telaga Remis ini. 

Fasilitas yang Terdapat Pada Telaga Remis

Penggemar petualangan dipastikan akan betah berada di kawasan Telaga Remis, pasalnya fasilitas penyewaan tenda yang nantinya akan dipakai berkemah di dekat telaga Nilam yang masih berada di kawasan telaga Remis ini ramai diburu para tracker dan dan penggemar off-road.

Telga remis juga merupakan tempat untuk berekreasi yang cocok bagi keluarga, karena di telaga remis disediakan wahana sepeda air, dan perahu motor untuk mengelilingi danau sambil menikmati pemandangan telaga Remis yang sangat asri nan hijau. Selain itu, terdapat juga beberapa saung untuk beristirahat, pos jaga, pos kerja, shelter, toilet, dan instalasi air bersih. Tak lupa tempat yang menjajakan jajanan untuk dinikmati sembari bersantai di Telaga Remis.

Tersedia pula akomodasi untuk anda yang ingin menghabiskan liburan di Telaga Remis dengan sarana dan prasarana yang memadai di Telaga Remis park and Resort.

keindahan Telaga Remis jawa barat

Akses Menuju Wisata Telaga Remis

Jika anda pergi dengan kendaraan umum, anda bisa menaiki bus dengan jurusan Jakarta – Cirebon. Kemudian turun di depan pasar Cilimus, di lanjutkan dengan memakai angkutan umum menuju Mandirancan, setelah itu Pasawahan baru setelah itu dilanjutkan menuju Telaga Remis. Jalan yang dilalui pun tergolong baik dengan kondisi jalan beraspal mulus dan lebar jalan yang cukup sehingga kendaraan roda empat mampu melewatinya.

Harga Tiket Masuk Telaga Remis

Para wisatawan yang berkunjung ke wisata telaga Remis di kenai tarif parkir kendaraan yang bervariasi tergantung oleh tipenya. Tarifnya pun terbilang sangat murah dan sangat terjangkau. Untuk setiap motor akan dikenai tarif Rp 1000, setiap mobil Rp.2500, sedang untuk kendaraan ber-roda 6 dan bus akan dikenai tarif Rp.5.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan pertimbangan dan kebijakan yang ditetapkan pengelola atau pemerintah setempat.


Emoticon Emoticon