18/01/2017

Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur



anak suka makan sayur

Sayuran merupakan asupan penting yang sangat baik untuk kesehatan. Terlebih untuk anak, sayuran mengandung berbagai nutrisi yang banyak di butuhkan oleh pertumbuhan anak. Namun sayangnya kebanyakan anak tidak menyukai sayuran, karena rasanya yang kurang mengundang selera. Nah untuk itu tak ada salahnya untuk mencoba trik yang kami bagikan berikut ini, agar anak suka dan terbiasa mengkonsumsi sayuran.

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

  • Siapkan Makanan Favorit Anak Anda, dan selipkan sayur di dalamnya
Anda harus mencari tahu apa makanan favorit anak Anda dan gantilah beberapa bahan dasarnya dengan sayuran. Misalnya saat membuat pizza, es krim, lasagna smoothie, kue, spaghetti dan lain sebagainya. 
  • Variasikan masakan Anda 
Hal ini sangat penting bagi anda untuk dilakukan, apa lagi jika anak Anda sangat sensitif dengan rasa. Ketika mereka menolak jenis sayur tertentu mungkin karena mereka mulai bosan dengan rasanya, sehingga upayakan untuk membuat variasi masakan sayur dalam menu harian yang Anda masak buat mereka. Dengan begitu anak anda akan semakin memiliki selera untuk menyantap sayur dan mendapatkan banyak nutrisi baik setiap harinnya.
  • Berikan Contoh atau Jadilah teladan



Mungkin hal seperti ini tampak klise, namun memang begitulah adanya. Memberikan contoh atau menjadi teladan yang baik merupakan saran bijak agar anak anda terbiasa makan sayuran. Bagaimana anak anda mau makan sayur jika ayah bunda sendiri juga tidak memakan sayuran. Ingat bahwa anak akan cenderung melihat dan cenderung meniru kebiasaan dari orang terdekat mereka. Jadi anda pun harus sering memakan sayuran juga di depan anak anda dan pastikan anda terlihat begitu menikmatinya, agar mereka meniru kebiasaan baik yang anda lakukan tersebut.
  • Buatlah Jus sayuran
Alternatif lain untuk memberikan anak anda sayuran yakni dalam bentuk jus. Memang tidak semua jenis sayuran akan cocok di jadikan jus. Sayuran seperti wortel, brokoli, dan juga tomat merupakan tiga di antara beberapa jenis sayuran yang dapat anda berikan pada pada anak anda dalam bentuk jus. Untuk menambah selera anak anda, anda bisa mengkombinasikan sayur dan juga buah sebagai bahan jus, ataupun menambahkan sedikit madu agar lebih enak. Sehingga dengan sekali minum jus tersebut kebutuhan nutrisi sayuran yang anak anda butuhkan akan terpenuhi.
  • Ajak anak Anda untuk Menyiapkan Makanan
Anda bisa melakukan hal seperti ini dengan membiarkan anak Anda mengambil ataupun memilih sayuran yang segar di supermarket. Saat di rumah, Anda bisa meminta anak anda untuk mencuci sayuran yang Anda akan gunakan untuk memasak. Dengan cara seperti ini, anak Anda pun akan lebih tertarik terhadap sayuran yang telah anak anda siapkan sendiri sebelumnya.
  • Jangan langsung memaksa anak makan sayur bila belum terbiasa




Anda jangan pernah memaksa anak anda untuk memakan sesuatu yang dia tidak suka. Jangan pula anda jejali anak anda dengan sayuran saat makan. Hal tersebut, malah akan membuat anak anda merasa ‘bad mood’ terhadap sayur dan juga berpikir kalau waktu makan adalah saat-saat yang mengerikan. Dan tak menutup kemungkinan anak anda akan semakin susah makan terlebih jika melihat sayuran. Untuk itu, sebaiknya secara bertahap anda mengenalkan jenis asupan ini pada anak, dengan cara menerapkan trik yang kami berikan di atas.
  • Pastikan sayuran ada di meja makan saat anak merasa lapar
Setelah anak anda pulang sekolah, atau setelah capek bermain, biasanya anak pulang ke rumah dengan kondisi perut lapar. Nah, pada saat inilah anda menerapkan trik agar sang anak mulai terbiasa dengan sayur. Caranya? Biasanya anak Anda akan memakan hampir semua makanan yang Anda sajikan di atas meja saat kelaparan. Jadi usahakan untuk menghidangkan berbagai jenis makanan kesukaan sang anak dengan mengganti sebagian bahan dasarnya dengan sayur. 

Atau jika memang anak sudah mulai mau makan sayur, maka saat anak lapar, pada menu wajib yang ada, sayur harus tersedia, karena saat lapar tentunya anak tidak terlalu menjadi pemilih terhadap makanan yang ada di depannya.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan supaya buah hati anda mulai mengenal sayur serta mau makan sayur dengan senang hati. Selamat mencoba.


Emoticon Emoticon