19/01/2017

Tips Membuat Anda Rajin Belajar Mengaji



membuat anak muslim rajin mengaji

Buat Anda yang muslim, membaca Alquran atau mengaji adalah salah satu amalan yang sangat di anjurkan untuk di lakukan. Dan tentunya sebagai orang tua, siapapun akan bangga jika bisa melihat buah hati kesayangannya pandai dan rajin mengaji. Nah, oleh karena itu, di bawah ini kami bagikan beberapa tips yang sebaiknya Anda terapkan agar buah hati Anda rajin belajar mengaji.

Tips Jitu Membuat Anda Rajin Belajar Mengaji

1. Ingatkan Waktu Mengaji Anda

Sebagai orang tua sebaiknya Anda harus rajin mengingatkan dan mencari waktu yang cocok untuk Anda anda, agar belajar mengaji. Pada awalnya mungkin akan susah, dan Anda tidak mau mendengarkan atau tidak menuruti apa yang kita inginkan. Namun Anda jangan menyerah, Anda harus pintar-pintar membujuk buah hati Anda untuk melakukannya. Hingga dia mulai terbiasa dan menikmati kegiatannya.

Jika Anda Anda sudah mulai nalar, maka idealnya beri penjelasan kenapa dia harus mengaji. Dan siapkan berbagai jawaban cerdas yang bisa di mengerti buah hati anda, apabila dia bertanya mengapa Anda wajib mengaji dan mengapa ia pun wajib meluangkan waktunya untuk belajar mengaji serta melakukan ibadah-ibadah yang lainnya. 

Lakukan komunikasi serta bertukar pendapat ataupun pikiran kepada Anda agar memperoleh gambaran mengenai pendapat Anda atas apa yang Anda perintahkan. 

2. Beri Keteladanan sebagai Orang Tua

Umumnya Anda akan meniru kebiasaan orangtuanya. Apa yang telah di kerjakan oleh orangtuanya pasti akan lebih dapat mengecap di otaknya di bandingkan yang di lakukan orang lain. Untuk menanamkan kebiasaan yang baik pada Anda anda, Anda wajib terlebih dahulu untuk mencontohkannya terhadap Anda anda. Bahkan mungkin dengan Anda mencontohkannya saja, Anda Anda dengan sendirinya akan mengikuti yang sedang Anda lakukan. Karena sudah merupakan sifat dari seorang Anda, yang gemar meniru apa yang mereka lihat setiap hari.




3. Sering Dengarkan Anda Dengan Bacaan Ayat-Ayat Al-Qur'An 

Anda juga perlu menciptakan suasana yang selalu ada dengan Al-Qur'an. Seperti; memperdengarkan murattal dan juga mendekatkan Anda dengan orang-orang yang juga suka mengaji ataupun membaca Al-Qur'an. Berilah pula penjelasan kepada Anda Anda tentang kelebihan orang yang suka atau rajin membaca Al-Qur'an dan hal positif lainnya mengenai Al Quran.

4. Disiplin dan Selalu Konsisten

Disiplinkan dan konsistenkan dalam membiasakan serta mengajarkan Anda mengaji. Kalau Anda Anda sedang tidak mood, berilah rangsangan supaya Anda mau belajar membaca Al-Qur’an. Anda harus dapat mengelola mood Anda Anda dengan memvariasikan tutorial pembelajaran mengaji. Karena bagaimana pun caranya, mendisiplinkan Anda dengan konsisten harus di mulai sejak dini dan itu merupakan kewajiban semua orang tua (muslim).

5. Anda Harus Sabar dan juga Kreatif Mendidik Anda Belajar Mengaji

Jika pada kenyatanya Anda Anda belum rajin mengaji, ajarkanlah dengan berangsur-angsur dan juga dengan kesabaran yang ekstra, supaya menularkan kebiasaan mengaji pada Anda anda. Gunakanlah pula metode pembelajaran yang variatif sehingga tidak membuat Anda Anda jenuh. Saat ini banyak sekali pilihan tutorial menyenangkan dan tidak membosankan dalam membimbing Anda supaya semangat dalam belajar mengaji.

6. Tak Ada Salahnya Jika di Beri Rewards

Anda juga perlu memberikan apresiasi setiap kali Anda Anda melakukan hal yang positif, termasuk salah satunya apabila dia pintar dan rajin mengaji. Apresiasi yang di maksudkan bisa dengan kata-kata menyanjung, atau bila perlu bisa dengan memberi suatu hadiah atau rewards dalam bentuk barang.

Ulasan di atas, di maksudkan supaya Anda Anda rajin belajar mengaji, silahkan Anda praktekkan pada buah hati Anda di rumah sejak dini. Karena memang sudah menjadi tugas para orang tua, untuk mendidik dan menuntut Andanya dalam hal yang positif.


Emoticon Emoticon