04/02/2017

Apa sebenarnya Fungsi Cermin kecil di Mesin ATM itu ?

Bagi Nasabah sebuah Bank, Tentunya Mesin Anjungan tunai Mandiri atau ATM sudah tidak asing lagi didengar. Bahkan seringkali mesin ATM menjadi alternatif paling mudah untuk melakukan transaksi finansial tanpa datang langsung ke Bank bersangkutan. Namun tahukan anda, bahwa di mesin ATM itu umumnya tertempel sebuah kaca cembung kecil yang terletak di bagian atas alat penarik uang tersebut. Tahukah pembaca apa fungsi cermin tersebut ?.

apa fungsi Cermin di mesin ATM ?

Dikala anda ingin bertransaksi di mesin ATM, tengoklah ke bagian tengah atas mesin transaksi iUnag tersebut. Disana ada sekotak kecil cermin yang tertempel. Namun ketika anda melihat secara detail, memang kaca tersebut tidak bisa digunakan untuk sekedar mengaca atau malah berias diri karena bentuknya yang cembung dan cenderung gambar yang dihasilkan terlihat kecil serta mengcover sudut di depan mesin tersebut.

Terkadang hal sepele seperti itu tidak terlalu dipertanyakan oleh pengguna ATM karena toh jarang ada yang menggunakannya. Namun bagi sebagian orang manfaat cermin atau kaca keccil tersebut sangatlah penting. Begitu juga si pembuat mesin ATM tentunya sudah melakukan bangun rancang seddemikian rupa agar apa yang ada pada mesin tersebut ada gunanya dan penting bagi keamanan Nasabah dalam bertransaksi.




Nah, masih bertanya-tanya kan apa fungsi sebenarnya cermin di mesin ATM tersebut ?, Jawabannya adalah agar ketika kita melakukan transaksi atau semisal menginput kata sandi si pengguna akan bisa melihat siapa orang yang berada di belakang mereka melalui kaca kecil tersebut. Bila diistilahkan, kaca atau cermin cembung kecil di mesin ATM fungsinya persis seperti di Spion kendaraan.

Ketika seseorang sedang asik bertransaksi di mesin ATM kadangkala merasa enjoy karena memang umumnya setiap user masuk satu persatu dan yang lain menunggu antri di depan pintu. Namun tak jarang pula ada orang tertentu yang berniat buruk seperti sekedar ingin mengintip transaksi tanpa diketahui oleh orang yang sedang menggunakan mesin ATM tersebut.

Dengan adanya kaca kecil itulah pengguna ATM tidak perlu tengak-tengok kebelakang khawatir ada orang mengintip karena dengan bantuan cermin layaknya spion di mesin ATM dengan mudah memberikan visual agar pengguna lebih berhati-hati dan waspada.

Sedikit Informasi tentang mesin ATM, walaupun semua transaksi di alat transaksi tersebut pada umumnya menngunakan PIN atau sandi berupa 4 sampai 6 digit angka, namun ada juga negara seperti di Brasil yang tidak puas dengan sistem keamanan mode Input PIN. oleh sebab itu di negeri Samba tersebut saat ini kebanyakan mesin ATM menggunakan sandi berupa pemindai sidik jari yang dinilai lebih aman dan cepat untuk melakukan transaksi.

Semoga Info tentang asal mula dan kegunaan cermin kaca di mesin ATM diatas bisa menjawab rasa ingin tahu pembaca DetikInfo semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon