05/02/2017

Apa sih Fungsi Lubang pada Piringan Rem Cakram ?



Mengendarai sepeda Motor tentu tidak akan lepas dengan yang namanya REM. Dimana rem adalah alat palin fital selain mesin motor itu sendiri. Bicara tentang Rem sepeda motor, terkadang ada pertanyaan disebagian orang yaitu mengapa piringan cakram rem sepeda motor itu berlubang-lubang, mengapa tidak dibuat utuh full disc saja ?. Ternyata ada teori dan penjelasannya lho, yuk simak.

fungsi lubang pada disk brake

Piringan Rem cakram yang kuat dan ada jajaran Lobang-lobang dipermukaannya dibuat sedemikian rupa bukan hanya untuk mempercantik tampilan Rem namun ada sebab khusus mengapa lubang tersebut ada dan berguna.

Menurut Muhammad Abidin, General Manager Aftersales Departement, PT Yamaha Indonesia manufacturing menjelaskan kalau lubang yang ada di piringan cakram (disk brake) tersebut berfungsi untuk mengurangi panas yang disebabkan gesekan disk pad (sepatu rem atau kampas) ketika dilakukan pengereman yang berulang.

Ketika pengendara sepeda motor banyak melakukan pengereman maka panas yang ditimbulkan akibat gesekan antara disk brake dan sepatu rem menghasilkan panas berlebih. Oleh sebab itulah dibuat lubang di piringan tersebut untuk memaksimalkan pendinginan.

Selain itu, fungsi lubang pada piringan rem cakram adalah sebagai penyerut kotoran. Dimana dalam pemakaiannya, kotoran yang menempel di piringan cakram akan menumpuk di sepatu rem yang mengakibatkan penurunan fungsi Rem atau kepakemannya.

Menempelnya kotoran di disk brake akan secara otomatis dibersihkan oleh lubang yang ada. Saat piringan berputar dan dilakukan pengereman, kotoran yang tertempel akan masuk ke lubang disk brake tersebut.

Selain kedua fungsi diatas, tentunya dari segi penampilan eksterior motor juga dipengaruhi oleh tata letak lubang. Selain itu adanya bobot dari disk brake juga akan bisa diminalisir karena berkurangnya beban akibat lubang yang ada.

Nah, jadi tahu kan sekarang apa fungsi dibalik adanya lubang di piringan rem cakram tersebut ?. Semoga info Otomotif dari DetikInfo bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon