15/02/2017

Apakah Charge ponsel di Stop kontak tidak dicabut Boros Listrik?, Mari kita Hitung

Banyak sekali beredar di masyarakat asumsi bahwa charger (ces) HP posisi di stop kontak Listrik tidak dicabut bisa boros daya dan bila dikalikan setahun bisa puluhan ribu rupiah. Pertanyaannya apakah benar rumor dan asumsi diatas ?, apakah benar tidak mencabut charge ponsel walau dalam keadaan tidak dipakai mengisi daya bisa menyedot daya listrik ?, untuk mengetahuinya yuk simak penjelasannya.

charge ponsel di stop kontak tidak dicabut

Banyak sekali pihak yang sudah mencoba membuktikan secara independen asupan daya listrik pada charger ponsel ketika tidak digunakan namun tetap terpasang di stop kontak listrik, dan salah satunya adalah pihak yang akan kita bahas kali ini.

Beberapa waktu lalu Team dari How-to-Geek yang sudah berkali kali mendedikasikan timnya dalam membuktikan suatu fakta mitos maupun ilmiah melakukan uji coba untuk membuktikan persepsi masyarakat luas tentang asupan charge ponsel yang tidak dicabut ketika tidak digunakan.

Perhitungan dari team How-to-geek itu sendiri bukan hitungan yang ngawur tapi menggunakan peralatan yang memang digunakan untuk mengukur dan mendeteksi keluaran daya dari suatu alat elektronik. Mereka menggunakan pengukur daya yang bernama Kill A Watt sebagai senjata pembuktian.



Dalam Proses pembuktian asupan daya charge ponsel, mereka menggunakan contoh 6 charge sekaligus yang ditancapkan di stop kontak listrik, berbagai jenis charge tersebut diantaranya charge Nexus 7, Samsung Chromebook, Macbook Air(2013), Surface Pro, iPad Air dan iPhone 6.

Seperti terlihat pada gambar dokumentasi team Geek diatas, bahwa dalam keadaan semua belum terhubung ke sumber arus listrik perangkat pengukur menunjukkan angka Nol, sedangkan sesudah mereka menancapkan kabel ke sumber listrik maka didapati bahwa ada beban arus sebesar 0,3 watt.

Nah, pertanyaannya adalah, bagaimana perhitungannya bila charger tidak digunakan selama setahun dan terus tertancap di sumber listrik, berapa pula biaya yang harus dikeluarkan selama itu ?, simak terus ulasannya di bawah ini yuk.

mengukur daya listrik di ces hp

Mari admin ajak pembaca hitung-hitungan sederhana. Seperti conntoh diatas, bila dalamsehari ada 24 jam, dan bila setahun dihitung 365 hari maka ada 8.760 jam setahun.

Kemudian dari contoh diatas didapati bahwa muncul angka 0,3Watt dikalikan 8.760 jam yang hasilnya 2.628 watt jam yanng berarti nilainya addalah 2,628 kWh (kilowattHour atau kilowattjam). Nah, untuk perhitungan tarif dasar listrik per januari 2017 PLN mematok harga sesudah ditambah PPJ adalah 791 rupiah per kWh untuk daya 900 tegangan Rumah Tangga.

Untuk menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika charge tidak dipakai mengisi ponsel dan setahun tetap tertancap di sumber arus listrik adalah 791 Rupiah dikali 2,628kWh yang hasilnya 2078,8 Rupiah yang berarti tidak sampai Tiga ribu rupiah biaya dikeluarkan dalam satu Tahun dengan posisi 6 charge menancap seperti di contoh gambar diatas.

Asumsi asupan daya charge ponsel seperti contoh diatas tentunya tidak akan jauh beda nilainya bila anda menggunakan charge dengan merek tertentu, apalagi anda tidak menancapkan charge sebanyak 6 buah bukan ?.


Emoticon Emoticon