18/02/2017

Asal-Usul Klakson Telolet - Demam Om Telolet

Beberapa saat yang lalu banyak sekali kata telolet Om berseliweran di pinggir-pinggir jalan. Bahkan video Om telolet Om menjadi viral di media Youtube. Namu tahukah anda siapa penemu klakson sehingga suara telolet yang menggema di bus-bus serta truk tersebut sampai saat ini masih dipakai ?

asal usul klakson om telolet om

perlu diketahui, bahwa klakson pertama kali ditemukan oleh Miller Reese Hutchinson, dimana Miller mempunyai hubungan saudara dengan Thomas Alfa Edison. pada kali pertama, perangkat klakson dipasang pada sebuah mobil yaitu pada tahun 1908. darimana Sumber tenaga dari klakson tersebut ?, sumber daya listrik berasal dari sel baterai kering berdaya 6 volt.

Klakson merupakan alat peringatan dini, dimana diciptakan sebagai tanda terhadap kendaraan lain dan sebagai alat identifikasi bagi orang atau pihak lain untuk mengetahui kehadiran sebuah kendaraan. Tingkat kekerasan suara (loudness) dan desible (db) setiap kendaraan berbeda, disesuaikan dengan besar kecilnya dimensi kendaraan.

Kendaraan yang berbodi kecil, diaplikasikan bunyi klakson akan kecil pula, sedangkan untuk kendaraan yang memiliki bentuk yang lebih besar tentunya akan diaplikasikan memiliki bunyi klakson yang lebih keras.

Di Bus-bus yang sekarang lagi demam memasang klakson modifikasi yang berbunyi khas 'telolet' memang menjadi ciri khusus. Suara yang dihasilkan lebih panjang dan megundang perhatian, tak terkecuali orang yang tidak berkendara bahkan anak-anak sekarang suka sekali dengan suara yang menurut mereka 'nyentrik'.

Tahu tidak cara kerja klakson seperrti di bus dan di turk-truk yang bisa berbunyi keras tersebut ?, Untuk menghasilkan suara ketika pemantik arus klakson ditekan, gelombang elektromagnetlah yang menyebabkan diafragma baja untuk bergerak. Getaran pada electromagnet dari diafragma bergerak medekati magnet. Ketika diafragma tersebut akan dipindahkan ke titik maksimum menuju magnet, koneksipun dilepaskan, setelah diafragma sampai ke magnet dan terdampak medan magnet, disinilah fungsi digunakannya yaitu baja untuk memantulkan kembali geratan diafrgama dari elktromagnet. Siklus yang secara berulang merata selama ada arus listrik yang mengalir maka menyebabkan diafragma untuk memutar bolak-balik menghasilkan suara klakson.

Nah, bagi yang suka suara telolet apalagi yang punya anak-anak kecil harap berhati-hati karena resiko dari deman telolet tidak sebanding bila terjadi kecelakaan berburu Bus Telolet...Om Telolet Om...


Emoticon Emoticon