25/02/2017

Begini Sistem dan Cara Status HOAX bisa jadi Trending di Medsos

Hoax popular and trending on medsos

Tidak dipungkiri lagi bahwa penyebaran Status Hoax di media social saat ini sudah tidak terbendung lagi. Proses penghadangan Hoax, pencekalan Hoax dan penindakan terhadap pribadi yang menyebar status Hoax sudah kerap diberitakan di media massa. Begitu juga pihak Pemerintah Indonesia saat ini sedang disibukkan dengan banyaknya Hoax yang menyebar dan terkesan sulit untuk dihadang penyebarannya.

Bicara mengenai status Hoax di media social seperti Hoax di Facebook, Hoax twitter, di Google Plus dan lainnya saat ini seperti perang opini dan psikologis antar kelompok. Tentu saja si pembuat berita yang belum tentu benar pembuktiannya tersebut selalu di blow-up dan diciut-kan oleh pribadi maupun kelompok tertentu untuk menandingi kelompok lain yang berseberangan.

Begitu dahsyatnya pengaruh Hoax di masyarakat yang saat ini sudah kecanduan informasi digital Internet, sehingga bila tidak jeli membaca status atau berita Hoax yang dibacanya tentu akan terbawa 'arus' dan emosi sehingga turut andil dalam mengeluarkan statement (komentar) yang malah mempopulerkan berita Hoax tersebut di media social.



Bagaimana sebenarnya liku-liku tersebarnya status Hoax sehingga bisa Booming dan menjadi trending di mesin pencari?. Suatu Contoh sederhana, ada status Hoax di facebook dan begitu ramainya rentetan komentar yang ada, entah itu yang mendukung opini Hoax atau yang kontra, bahkan Kata-kata kotor yang tidak layak untuk diucapkan orang terdidik terlontar di rentetan komentar hanya untuk menumpahkan perasaannya terhadap status Hoax tersebut.

Bagaimana Status Hoax bisa populer dan jadi Trending ?

Banyak pengguna Internet dan media sosial yang belum mengetahui bagaimana kinerja mesin pencari di media tertentu untuk melakukan index dan rating 'tidak benar' atau tidak sesuai kenyataan bila dikomentari maka akan sirna di mesin pencari, Anggapan tersebut salah kaprah.

Berita dan status Hoax sama halnya dengan sebuah artikel yang kerap anda baca di berbagai situs, dimana bila banyak yang berkomentar dan memberi feedback yang relevan ddengan topik yang sedang dibahas maka peringkat tulisan tersebut di mesin pencari semakin lama semakin menanjak bukannya menurun.





Begitu juga dengan status Hoax yang diciptakan dan diunggah oleh seseorang, entah itu Hoax di FB, Hoax di Twitter, di BBM dan lainnya kinerjanya sama dengan artikel sebuah situs. Bila ada status yang seang ramai akan komentar maka lambat laun akan naik popularitasnya di mesin pencari. Begitu juga pada mesia social tertentu, anda bisa melihat bila melihat beranda secara default yang muncul adalah status populer yang banyak dikomentari oleh pembaca atau pengikutnya.

Jadi Bila anda sering menumpahkan uneg-uneg dan perasaan pada status yang dianggap Hoax, baik itu komentar bernada suka atau komentar yang kontra, maka seccara tidak sadar anda telah ikut andil dalam mempopulerkan status Hoax tersebut.

Cara Jitu Menghadang Kepopuleran Status Hoax

Nah, sebaiknya Pembaca semua perlu tahu juga bagaimana cara meminimalisir Hoax, men-tidak populerkan Hoax di mesin pencari dan tidak memberikan ratting Hoax sehingga tidak masuk ke dalam suatu trending. Apa saja itu ?

1. Jangan pernah memberi komentar padda status Hoax di media social manapun, karena sudah saya jelaskan diatas, bahwa bila ada status yang dikomentari dan semakin banyak komen yang ada maka popularitasnya akan semakin melambung dan lambat laun menjadi trending di Internet

2. Jangan ikut-ikutan menuliskan suatu Hastag di media social ayng anda sendiri belum faham kolompok atau opini model apa yang terkandung di dalam hastag tersebut. Mengapa demikian ?, Hastag dalam penjelasan sederhana termasuk halaman, label atau kategori tertentu yang bisa diakses untuk menandai sesuatu. Dengan memberikan Hastag tertentu maka pembuat status tidak perlu repot-repot untuk menuliskan kata atau kalimat yang panjang sebagai ungkapan perasaannya. Dengan hastag Pula sebuah status Hoax juga bisa menjadi trending di media social seperti Twitter yang sudah terkenal dengan permainan Hastag.

Jadi hati-hati menulis kata setelah tanda pagar (hastag) karena bila anda lakukan dan anda belum tahu bahwa hastag tersebut sudah banyak yang menggunakan maka anda turut andil menaikkan kepopulerannya.

3. Mungkin banyak yang geram dengan salah satu status Hoax yang sudah populer namun tetap saja menjadi trending ?, ada jalan terbaik untuk meredam kepopuleran tersebut yaitu dengan melaporkannya. Kemana ?, bila tidak berani ke aparat maka jalan terbaik adalah melaporkan ke penyedia media social tempat hoax tersebut. Contoh, ada berita bohong di FB, nah anda bisa melaporkan ke pihak FB dengan mengisi form yang sudah disediakan di dasboard facebook mengenai keluhan anda. SSemakin banyak keluhan masuk ke pengelola media tersebut maka semakin banyak peluang pemblokiran dan penghapusan status terlapor.

Bagaimana, sudah tahu kan bagaimana liku-liku Status Hoax bisa sangat populer dan trending di medsos ?, semoga ulasan diatas membantu menjawabnya.


Emoticon Emoticon