06/02/2017

Daftar Negara yang Antusias Mempelajari Bahasa Indonesia

Bahasa suatu Negara memang sangat menentukan dari segala aspek Sosial, Politik Serta Ekonomi. Beberapa Negara saat ini memang harus diakui kalau Bahasa Inggrislah yang menduduki peringkat pertama bahasa Global yang wajib pertama dikuasai. Bahasa Indonesia sendiri ternyata Punya kharisma sendiri yang tidak kalah dengan bahasa Negara-negara Asian Lainnya.

Pelajaran bahasa Indonesia di beberapa negara dunia

Bahasa Indonesia, sekarang ini sudah diakui di kancah Asia sebagai Bahasa peringkat ketiga setelah bahasa Jepang dan Mandarin. Ternyata ada Beberapa negara yang sangat antusias dalam mempelajari Bahasa Indonesia selain bahasa Pokok lainnya. Negara manakah itu ?, simak yuk ulasan detikinfo yang dilansir dari life.idntimes.com kali ini.

1. Jepang

Di Jepang, Universitas TUFS atau Tokyo University of Foreign Studies membuka studi khusus tentang Bahasa Indonesia. Dimana hanya 18 mahasiswa saja yang boleh mengikuti dan diterima untuk mempelajarinya. Seleksi yang ketat diberlakukan pihak universitas karena memang hanya yang benar-benar berminat dan ingin menguasai bahasa Indonesialah yang bisa masuk ke studi khusu ini.

2. Kanada

Di beberapa kota di kanada rupanya telah tersebar beberapa tempat kursus Bahasa Indonesia. Rupanya bahasa Kita dianggap penting bagi Negara tersebut yang salah satunya dikarenakan banyaknya jumlah pekerja dan pelajar dari Indonesia yang ada di Negara tersebut.

3. Vietnam




Tahukah anda kalau ternyata di Pemda Kota Ho Chi Minh Bahasa Indonesia resmi dijadikan bahasa Nomor dua yang diprioritaskan di Negara mereka. Di negara Vietnam, Bahasa yang paling sering dipelajari antara lain Inggris, perancis dan jepang.

4. Ukraina

Di Universitas Taras Shevcenko National University of Kyiv, tepatnya di Institut Filologi telah membuka khusus studi tentang bahasa Indonesia.

Hal tersebut sangat didukung oleh Pemerintah kita sendiri yang salah satunya Pemerintah Indonesia telah memeberikan Beasiswa dan fasilitas untuk mahasiswa asing yang ingin mempelajari Bahasa Indonesia di Negara tersebut.

5. Australia

Negara Tetangga kita ini termasuk yang bersungguh-sungguh dalam mengadakan pembelajaran bahasa Indonesia. Lebih dari 500 sekolah dasar di berbagai pelosok Australia telah menjaddikan mata pelajaran wajib untuk di ajrakan kepada siswanya. Maka tak hayal banyak anak kelas 6 SD di Australia sudah mahir berbahasa Indonesia selain bahasa Inggris.

Di tingkat Perguruan tinggi, Program Studi Bachelor of Arts Universitas Southern Queensland sudah membuka mata kuliah khusus Bahasa Indonesia.

6. Suriname

Suriname sudah dikenal banyak yang masih mempunyai keturunan darah Jawa (Indonesia), Disana pula banyak sekali orang yang saat ini masih mahir dalam berbahasa Jawa.



Di negara tersebut, bahasa Indonesia digunakan lebih dari 14 persen dari total populasi Penduduknya. Seperti halnya dalam berbahasa Jawa, di Suriname menganggap kalau bahasa Indonesia wajib dilestarikan di negara tersebut karena mengingat Masih adanya ikatan kesamaan garis keturunan.

7. Korea Selatan

Di Universitas Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) yang merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Korea Selatan telah membuka studi khusus tentang pelajaran bahasa Indonesia.

Adda 2 jurusan bahasa yang terkait dengan itu yaitu Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation serta jurusan Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language.

8. Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat

Kurikulum Bahasa Indonesia sudah ada dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah Hawaii. Banyaknya orang Hawaii yang ingin mempelajari bahasa Negara kita disana diikuti dengan banyaknya Tim pendidik negarra tersebut yang rutin untuk Pulang pergi dari Hawaii ke Indonesia hanya untuk mendalami budaya dan bahasa kita.

Nah, sekarang Pembaca DetikInfo sudah tahu kan Negara mana saja yang begitu antusias mempelajari bahasa Indonesia ?, semoga Info diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon