28/02/2017

Mengapa HP Android Cepat panas dari HP biasa ?

Mengapa HP Android Cepat panas dari HP biasa ?. Semenjak hadirnya Ponsel Android saat ini banyak produk HP bersistem Java sudah terlihat jadul di masyarakat. Namun yang pasti ketika marak ponsel 'jadul' tersebut jarang ada yang berkeluh kesah tentang suhu HP yang panas seperti saat ini. Bila baru beralih ke ponsel android, tentunya pengguna ponsel serba bisa ini akan 'terkejut' tentang panas yang dihasilkan lebih dari ponsel 'jadul' sebelumnya. Sebenarnya apa penyebab umum ponsel android panas ?, apaka itu normal ?.

Seperti halnya perangkat elektronik lain padda umumnya, bahwa setiap komponen yang dialiri oleh arus listrik bisa menimbulkan panas sesuai beban kerja yang dibebankan pada hardware tersebut. Begitu juga di ponsel android, Panas yang dihasilkan ketika ponsel sedang aktif dan pengguna melakukan aktifitas di gadgetnya, hal tersebut Normal adanya.

sebab panas pada android

Panas yang dihasilkan oleh hardware yang bekerja di HP android tersebut tergantung juga dari tipe komponen, kualitas hardware, kinerja sistem, jaringan data dan juga tingkat aktifitas yang dilakukan pemilik HP ketika membuka dan menjalankan aplikasi.

Dalam keadaan Normal dan tidak ada sambungan data internet yang terhubung maka ponsel android tidak akan mengalami panas berlebih bahkan cenderung dingin layaknya ponsel 'jadul' jamannya Nokia 3310 yang sangat fenomenal.

Namun ketika sambungan data dan juga banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi Internet banyak dibuka oleh pemilik HP android maka suhu di HP akan naik seccara drastis, dan ini maish dikatakan Normal.

Namun adakalanya pengguna merasa was-was tentang suhu ponsel miliknya yang terlalu tinggi padahal tidak digunakan untuk aktifitas seperti membuka aplikasi berat, bahkan pada kondisi HP standby saja masih panas berlebih, itu bisa dikatakan kurang Normal.

Apa Penyebab Ponsel Android Panas ?





Beberapa sebab yang umum dialami HP berlogo robot ijo mengalami panas bisa dijelaskan sebagai berikut :

1. Ketika sambungan data internet di ponsel dalam kondisi ON dan menjalankan jaringan 3G atau 4G. dalam kondisi seperti ini ponsel android bisa dipastikan akan mengalami peningkatan suhu pada hardware. Lain lagi bila jaringan data yang dihasilkan hanya menunjukkan kualitas 2G atau GPRS tentu ponsel akan dingin disebabkan kinerja komponen untuk menangkap signal 2G tidak sebesar melakukan searching 3G / 4G

2. Bilamana aplikasi yang dijalankan tergolong berat seperti Game Online, game 3D, aplikasi social media yang membutuhkan resource RAM besar seperti Facebook, Instagram, Google Plus dan lainnya. Begitu juga aplikasi multimedia yang sering menjadi sumber panas yang berlebih ketika anda memutar movie secara terus menerus.

Aplikasi yang berjalan membutuhkan asupan daya dan kinerja beban menurut aktivity yang dilakukan, contoh anda melihat Youtube secara Online, maka tidak hanya komponen jaringan yang bekerja ekstra namun chipset dan juga GPU (Graphic Processing Unit) juga akan bekerja maksimal untuk merender video agar lancar digunakan dan enak dilihat oleh pengguna android.

3. Pengaruh Kualitas komponen dalam jeroan HP juga berpengaruh menghasilkan panas, salah satu contoh adalah tipe dan kualitas dari Chipset yang digunakan, rata-rata untuk chipset terbaru yang menggunakan manufacturing Nano lebih tahan panas daripada chipset tipe sebelumnya. Begitu juga kualitas komponen lain seperti GPU, Besar Kapasitas RAM dan lainnya juga berpengaruh terhadap panas yang dihasilkan.





4. Cooler, dimana saat ini sudah banyak ponsel android yang mengadopsi pendingin dengan berbagai tipe dan kelebihan. ada tipe pendingin yang menggunakan pipa ringan aluminium yang melingkari motherboard komponen untuk menyebarkan panas, ada juga yang menggunakan pendingin komponen dengan melapisinya dengan cariran khusus yang bisa menyebar panas seccara maksimal. dan bahkan taidak ada satupun pendingin yang digunakan dan hanya mengandalkan kekuatan dan kualitas komponen HP saja.

Di kebanyakan ponsel android kelas menengah kebawah tidak disertakan pendingin khusus untuk meredam panas namun jangan khawatir, para produsen telah melakukan uji panas pada komponen dengan tingkat kritis tertentu.

5. Ada kebocoran tegangan, dimana adakalanya komponen tahanan untuk arus dan tegangan yang masuk tidak sesuai lagi dengan ukuran yang ditentukan. ketika tegangan yang masuk ke setiap komponen tidak sesuai dengan yang distandart-kan maka efeknya akan menimbulkan panas berlebih di ponsel.

6. Sitem yang bermasalah, Nah disinilah terkadang banyak terjadi kesalahan sistem yang berjalan di android menyebabkan panas berlebih pada komponen HP.

Diantara sebab-sebab HP android panas diatas tentunya setiap penggunalah yang bisa menyimpulkan apakah suhu panas yang dirasakan terlihat normal atau overheat. Bila ditengarai melebihi panas secara umum maka coba lakukan pengecekan di pusat service terpercaya di dekat rumah anda.


Emoticon Emoticon