04/02/2017

Mengapa Kunci Pas ini dinamai Kunci Inggris ?



Pastinya sobat pembaca DetikInfo pernah melihat bahkan memegang yang namanya Kunci Inggris. Dimana kunci pembuka berbagai ukuran baut ini sangat vital manfaatnya bagi sebagian orang, apalagi untuk sekelas bengkel Motor, mobil, teknisi dan sebagainya. Namun tahukah anda, mengapa alat bengkel ini di Indonesia banyak yang menyebutnya kunci inggris ?, simak yuk jawaban dan ulasannya di bawah ini.

kunci pas ini namanya kunci inggris

Awal mula, Kunci untuk membuka baut serbaguna ini ditemukan oleh Richard Clyburn tepatnya pada tahun 1842. Bukan hanya di Indonesia, di Negara bagian Eropa seperti Spanyol, Jerman, perancis, Italia serta Belanda sering menyebut kunci baut ini sebagai English Key.

Pada jaman penjajahan Belanda, seringkali para pekerja Indonesia sering mendengar orang Belanda menyebut kunci ini sebagai English Key dan oleh sebab itulah sampai saat ini kita mengenalnya dengan nama Kunci Inggris.

Sebenarnya orang Polandia, Denmark dan israel menyebut kunci inggris ini dengan sebutan Swedish Key. Mengapa demikian ?, karena kunci temuan dari Richard ini mengalami penyempurnaan sedemikian rupa oleh Johan Petter Johanson asli Swedia.

Dari sisi kegunaan, sebenarnya kunci inggris hanya seringkali digunakan untuk melepas baut yang bersifat opsional. Mengapa demikian ?, karena pada dasarnya melepas baut dengan menggunakan kunci inggris sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan baut aus. Hal tersebut disebabkan titik cengkram di sudut-sudut baut yang ingin dibuka tidak bisa presisi dan maksimal untuk mencengkram.

Melepas baut dengan berbagai sudut cengram umumnya dilakukan dengan bantuan kunci Ring yang bisa mencengkram dengan presisi sesuai ukuran baut. Namun bila kunci ring tidak ada maka kunci inggris bisa menjadi alternatif terakhir untuk melepas baut.


Emoticon Emoticon