13/03/2017

Apa itu reboot dan apa fungsinya di Android ?



Apa itu reboot dan apa fungsinya di Android ?, Mungkin sudah berulangkali sobat pembaca DetikInfo melihat tulisan reboot di opsi menu ketika ingin mematikan HP android atau bahkan pernah melihat opsi ini di PC ?, kalau iya apa sebenarnya arti reboot itu sebenarnya dan apa fungsinya untuk sistem (yang dalam hal ini di OS android) ?, untuk menjawabnya silahkan simak ulasan DetikInfo Tekno yuk.

Reboot atau re-booting merupakan suatau perintah sistem operasi yang bertujuan untuk mengulang proses sistem dari awal. Dimana kata booting seringkali dipakai untuk istilah melakukan restart atau memuat ulang sistem dengan berbagai tujuan tertentu.

apa guna reboot dan artinya

Bagi anda yang sudah familiar dengan sistem Windows di PC tentu kata reboot sering kali muncul setelah menginstall suatu software tertentu atau setelah melakukan settingan sistem.

Reboot diperlukan oleh sistem untuk melakukan refresh seluruh hardware atau software yang terpasang agar berfungsi sesuai peruntukannya. Dengan reboot pula sistem akan semakin terasa ringan karena file sampah sementara (temporary file) yang ada di RAM akan dibuang dan dimulai lagi dengan proses read and write dari titik awal setelah sistem kembali berjalan.

Fungsi Reboot

Nah, untuk lebih jelasnya apa fungsi reboot di ponsel android, silahkan simak ulasannya di bawah ini :

1. Dengan melakukan reboot maka sistem akan kembali dalam kondisi fresh tanpa beban. Maksudnya, misal anda sudah menjalankan beberpaa aplikasi di ponsel dan beban sistem terasa berat sehingga ponsel menjadi melambat, maka dengan melakukan booting ulang (restart/reboot) sistem akan kembali kedalam keadaan seperti tidak adda beban kecuali hanya beberapa aplikasi yang memang diperlukan untuk proses sistem.




2. Rebooting sistem berfungsi juga untuk menjaga kekompakan kinerja seluruh komponen atau hardware yang ada di ponsel. Ketika ponsel sedang booting sebenarnya sistem bekerja keras untuk mensinkronkan input-output (IO) agar ketika sistem menyala menjadi normal tidak mengalami crash. Semua komponen harus bekerja sebagaimana mestinya, bila ada salah satu hardware yang tidak berfungsi maka booting akan terhambat dan tidak akan bisa masuk ke layar utama.

3. Reboot berfungsi juga untuk merefresh aplikasi yang baru saja terpasang. Maksudnya misal anda baru saja menginstall suatu aplikasi semisal game online maka sebaiknya untuk menyempurnakan instalasi dan sistem menempatkan file ke peruntukannya maka lakukan reboot atau restart ulang agar tidak terjadi crash program pada game tersebut. Meskipun demikian saat ini masih banyak aplikasi yang tidak memerlukan proses reboot dan bisa langsung digunakan tanpa masalah.

4. Dengan melakukan reboot ponsel maka anda akan selalu menjada 'kesehatan' sistem ponsel agar tetap prima dalam kinerjanya. Banyak sekali pengguna android yang tidak melakukan booting ulang dengan alasan asal HP tidak hang atau lemot. padahal semestinya proses reboot harus dilakukan minimal 1 kali sehari apalagi untuk yang super sibuk dengan berbagai aplikasi yang berjalan. Tentu tujuan utamanya agar sisa file tak terpakai di RAM bisa langsung bersih dan ponsel akan ringan dijalankan.

5. Reboot juga berfungsi ketika ada salah satu aplikasi maupun hrdware ada yang bermasalah. Contoh ketika anda ingin membuka aplikasi kamera, tiba-tiba kamera gagal untuk loading dan tidak bisa digunakan, maka jalan terbaik adalah melakukan restart ponsel terlebih dahulu dan menjalankan kameranya kembali.

Di atas merupakan beberapa fungsi Reboot yang Dapat Admin infokan kepada sobat pembaca setia DetikInfo, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon