14/03/2017

Apa itu Thumbnail di android dan apa fungsinya ?

Apa itu Thumbnail di android dan apa fungsinya, Bagi pembaca yang sudah sering berkutat dengan komputer atau PC tentu tidak asing lagi dengan kata 'thumbnail', dimana ketika kita sedang membuka suatu folder dan ingin menampilkan gambar atau image kecil maka view bisa diubah menjadi bentuk gambar kecil-kecil, itulah thumbnail. Masih bingung mengartikannya dan belum tahu apa fungsinya ?, yuk simak ulasan DetiInfo tekno berikut ini.

apa itu thumbnail android

Thumbnail merupakan 'alat bantu' bagi sistem untuk menampilkan file berukuran besar menjadi ukuran lebih kecil yang bisa ditampilkan dengan cepat ketika user ingin melihat image tersimpan yang ada di perangkatnya. Dimana file yang ada di folder thumbnail dihasilkan dari seluruh gambar yang pernah dilihat oleh pemilik gadget, maka dari itu ketika anda melihat isi galeri di ponsel yang tampak adalah tampilan gambar kecil yang bukan ukuran asli berbentuk petak-petak teratur sesuai ukuran layar dan settingan sistem itu sendiri.

Masih bingung bagaimana Thubnail itu bekerja ?, begini, umpama anda baru saja menjepret suatu objek dan membuka hasilnya di galeri disitu ada gambar kecil yang bisa diartikan sebagai preview disebabkan ukurannya kecil, sebenarnya anda tidak melihat secara langsung file asli hasil jepretan kamera namun visual yang tampil keccil-kecil tersebut adalah duplikat dari image asli yang tersimpan di folder Thumbnail yang persis maupun properties-nya dengan image aslinya namun berbeda ukuran dan besar filenya.

Nah, file yang tercipta di folder Thumbnail itulah yang sebenarnya digunakan setiap waktu untuk diperlihatkan kepada pengguna agar sistem tidak berat meloading setiap gambar yang berukuran besar. Anda bisa merasakan bagaimana cepatnya melihat isi galeri di smartphone padahal ukuran file image besarnya lebih dari 2 MegaPixel. Seandainya image asli yang ditampilkan secara berpetak di galeri tentu RAM dan processor akan berak kinerjanya untuk menampilkan visual image di layar.

Bolehkah Hapus File Thumbnail ?

Pertanyaannya apakah file thumbnail itu aman untuk dihapus atau tidak boleh sama sekali diotak-atik ?, untuk menjawabnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:





1. File thumbnail di ponsel android bisa dihapus kapan saja dan tentu saja aman karena file tersebut hanya dipergunakan untuk menampilkan visual image asli lebih kecil.

Apakah nanti gambar bisa dilihat lagi di galeri ?, tentu saja bisa, sebab ketika anda menghapus file Thumb maka secara otomatis akan tercipta file baru di folder thumbnail ketika anda ingin membuka gambar yang ada di ponsel anda melalui galeri maupun melalui aplikasi penampil gambar lainnya.

2. Dengan menghapus Isi folder thumbnail nantinya kinerja ponsel akan ringan karena sistem tidak melakukan pengindex-an banyak file gambar yang memakan banyak resource RAM.

Bagi anda yang ingin menghapus file di folder Thumbnail silahkan simak caranya di bawah ini :

1. Buka aplikasi file explorer di ponsel android sobat

efek hapus thumbnail

2. setelah itu masuk ke folder Foto atau DCIM

3. disana mungkin anda belum melihat dimana folder thumbnail berada karena memang oleh sistem disembunyikan (hidden file)

4. Untuk menampilkan folder silahkan tap menu dan sentuh 'tampilkan file tersembunyi', nantinya folder Thumbnail akan tampil dan file didalamnya bisa siap dihapus.

Nah, sudah tahu kan apa itu thumbnail dan fungsinya di HP android ?, semoga ullasan admin diatas bisa bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semua, jangan sungkan untuk melontarkan pertanyaan seputar smartphone android di kolom komentar ya.


Emoticon Emoticon