04/03/2017

Apa Untung Rugi memakai Baterai Non-Removable (NRB) ?

Apa untung dan rugi Ponsel dengan baterai Non Removable ? - Saat ini sudah banyak sekali produsen smartphone yang mengeluarkan produk HP dengan menggunakan tipe baterai yag tidak mudah dilepas alias Non-Removable (NRB), Yang mana jenis baterai ini disamping mempunyai beberapa keuntungan dalam pengaplikasiannya juga dapat menjadi probem tersendiri bagi pengguna ponsel pintar.

untung rugi pakai baterai non removable

Sebuah perangkat elektronik semacam ponsel memang tidak lepas dari yang namanya baterai, dari sebelum smartphone menjadi primadona seperti sekarang ini, Bentuk penyuplai daya ini masih saja tetap berdimensi kotak solid yang berisi cell-cell penyimpan daya dengan dibalut lempengan tipis untuk mencegah tertekuknya Baterai.

Ketebalan sebuah baterai tentunya juga berimbas pada bentuk keseluruhan bodi ponsel, semakin tipis baterai maka smartphone akan bisa diproduksi semakin tipis alias slim. Penggunaannya yang bisa dilepas pasang juga memudahkan pengguna ketika ingin mengganti baterai ketika sudah rusak atau ingin mematikan Ponsel secara cepat karena beberapa alasan tertentu.

Baterai Non removable dalam penggunaannya memang sama sebagai penyuplai arus, yang membedakan hanyalah Peletakan dudukan baterai yang dilindungi dengan penutup khusus agar tidak mudah lepas. Begitu juga dari segi konektor, baterai Non Removable rata-rata menggunakan konektor berbentuk kabel fleksible untuk menghubungkan baterai dengan Motherboard ponsel.

Apa untung Rugi Ponsel baterai Non Removable ?

Masihh membahas topik diatas, apa sebenarnya keuntungan dan kekurangan memakai jenis baterai yang tidak mudah dicopot sewaktu-waktu ini? simak jawabannya yuk

Keuntungan Baterai Non Removable




1. Dengan adanya baterai Non Removable ini maka bodi ponsel bisa diproduksi setipis mungkin. Mengapa demikian ?, karena baterai jenis ini dapat dibuat setipis mungkin dengan menghilangkan cangkang luar yang bisa berakibat bertambahnya ketebalan baterai.

Karena letaknya tersembunyi maka jenis baterai Non Removable tidak perlu dibuat pengaman cangkang yang keras karena sudah aman dari jangkauan tangan penggunanya. Maka ddari itu, sekarang ini banyak sekali ponsel berukuran slim dengan menggunakan jenis baterai tidak bongkar pasang Alias NRB

2. Tipe cell dalam baterai NRB biasanya lebih baik kualitasnya dan lebih 'panjang umur' dari baterai Removable umumnya, mengapa ? karena tidak mungkin produsen ponsel canggih memproduksi gadget dengan penyuplai daya tanpa bisa dibongkar pasang dengan mudah kalau tidak berkualitas bagus.

Produsen sendiri juga meyakinkan bahwa dengan baterai NRB tersebut bisa lebih awet tanpa perlu gonta-ganti baterai dengan yang baru

3. Banyak baterai jenis NRB sudah bertipe Lithium Polymer yang lebih baik kinerjanya daripada kebanyakan baterai removable yang berjenis Li-ion (Lithium Ion)

Kekurangan Baterai Non Removable




1. Pengguna ponsel akan kesulitan ketika ingin melakukan reboot atau restart ulang ketika sistem macet dan semua tombol tidak berfungsi. Pada umumnya kebiasaan pemilik HP melakukan pencopotan baterai untuk mematikan ponsel secara paksa apabila ada suatu masalah.

2. Ketika ada kejadian ponsel kemasukan air akan sangat sulit untuk melepas baterai secara cepat. Perlu diketahui ketika ponsel terkena air, baik itu terkena air hujan atau kecebur sungai dan sebagainya hal yang perlu dilakukan adalah secepat mungkin melepas baterai karena dikhawatirkan terjadi konsleting di komponen.

3. Sulitnya pengguna yang masih awam untuk mengganti sendiri baterai ketika sudah mulai udzur atau rusak melainkan harus ke tempat servis dan perlu biaya tambahan.

4. Ketika ponsel kehabisan daya baterai sampai batas minimum biasanya baterai sangat sulit untuk dicharge dan harus menunggu lama agar arus bisa masuk dan melakukan pengisian. Pengguna baterai Removable umumnya melakukan charge dengan menggunakan alat eksternal yang bernama desktop, tapi akan sangat sulit bagi baterai bertipe NRB untuk melakukan charge dan harus bongkar baut pengikat untuk sekedar mengisi baterai dengan desktop

Nah, semoga ulasan diatas mengenai keuntungan dan dan kekurangan menggunakan Baterai Non-removable bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi pembaca DetikInfo semua.


Emoticon Emoticon