17/03/2017

Cara Hemat Kuota Internet tanpa install aplikasi di Android

Cara Hemat Kuota Internet tanpa install aplikasi. Saat ini Pengguna android seakan tidak lepas dari yang namanya internet, dimana terhubung ke dunia maya menjadi daya tarik nomor satu yang ditawarkan sistem android. Terhubung ke Internet tentunya perlu yang namanya Kuota Data yang bisa diperoleh dari berbagai provider yang ada, bisa dengan cara berlangganan harian, bulanan, mingguan bahkan ada yang membeli paket data tahunan.

Bicara cara hemat kuota data di Android memang tidak lepas dari pengguna itu sendiri, namun demikian ada beberapa teknik yang umum digunakan untuk melakukan penghematan kuota data Internet tanpa aplikasi apapun yang diperlukan untuk hal tersebut. Sebenarnya setiap sistem pasti ada pengaturan khusus yang bisa dipilih pengguna android dari nilai default yang diberikan pabrikan ponsel itu sendiri.

cara hemat internet android

Baca : setting APN 3 tercepat dan terbaru
Android dikenal sangat boros data bila tidak diptimasi sedemikian rupa uleh pemiliknya, bahkan terkadang banyak yang sampai enggan menggunakan HP android lagi disebabkan menipisnya uang untuk hanya sekedar membeli kuota Internet, jadi sayang bukan kalau Ponsel canggih namun tidak dioptimasi agar hemt data namun tetap bisa internetan dengan lancar ?

Cara Hemat Kuota data Internet di HP Android

Di bawah ini ada beberapa tips ampuh untuk menghemat kuota data internet di sistem android tanpa menggunakan aplikasi penghemat kuota yang malah membebani kinerja ponsel, yuk disimak

1. Bila anda menggunakan beberapa aplikasi social media seperti FB, Whatsapp, Line, BBM, Instagram atau lainnya silahkan matikan beberapa aplikais tersebut bila anda tidak sering menggunakan. Mematikan atau menonaktifkan aplikasi disini bisa dengan anda log-uot atau keluar dari akun atau melakukan force close dari setelan pengaturan aplikasi.

Mengapa Log-out akun sosmed bisa menghemat kuota data Internet ?, begini maksudnya, perlu diketahui bahwa akun social media saat ini menggunakan sambungan internet yang berjalan secara terus menerus untuk proses sinkron data dengan server aplikasi tanpa anda ketahui, selagi ada sambungan internet terhubung maka secara otomatis akun sosial media tersebut akan selalu terhubung di balik layar (background) walau anda tidak sedag menggunakannya.

Nah cara paling efektif untuk menghemat kuota data internet di HP android adalah dengan jalan keluar dari akun di aplikasi yang jarang sekali digunakan, ketika anda ingin menjalankan kembali tentu anda harus masuk ke akun tersebut.




2. Bila anda tidak suka dengan cara keluar dari akun atau log-out karena ada beberapa sebab seperti tidak hafal password akun umpamanya maka lakukan saja proses force-close pada aplikasi.

Proses menghentikan aplikasi seccara paksa bisa membuat aplikasi berhenti dari aktifitasnya tanpa menghapus data atau keluar dari akun.

Untuk cara Force-close sangat mudah sekali caranya masuk ke menu pengaturan android kemudian masuk ke menu aplikasi dan cari app yan ganda ingin matikan paksa, ddisana akan ada tombol Force close atau hentikan paksa.

3. Matikan data internet bila sedang tidak dibutuhkan, contoh waktu anda sedang beristirahat malam atau waktu tertentu yang memungkinkan.

4. Bila anda suka melihat film online seperti di Youtube maka sebaiknya fikirkan dahulu movie apa yang ingin anda lihat, karena faktor borosnya kuota data internet pengguna android salah satu sebabnya karena sering menonton Youtube.

5. Anda sering main game online ?, ini juga termasuk pemborosan data internet. Nmaun bila anda sudah maniak dengan game dan ingin hemat kuota data cara terbaiknya adalah sebelum membuka aplikasi game pastikan semua proses aplikasi yang membutuhkan sumberdaya data internet dimatikan seperti Aplikasi Facebook, BBM, whatsapp dan lain sebagainya. Mengapa ? karena ketika anda bermain game nantinya aplikasi sosial medi atersebut akan selalu ON dan meminta jatah kuota yang sia-sia tanpa anda gunakan.

6. Matikan Update Otomatis aplikasi dari Play Store, caranya masuk ke akun playstore dan di menu ada pengaturan untuk tidak melakukan update otomatis. Dengan cara tersebut maka tidak akan membuang kuota anda secara sia-sia dengan update-an aplikasi yang jarang anda gunakan, toh banyak update aplikasi yang tidak berdampak signifikan terhadap software karena hanya menambal dan menambahkan fitur tertentu saja yang jarang anda gunakan.

7. Bila anda senang Browsing menggunakan aplikasi Browser jangan menjalankan beberapa tab sekaligus ketika meloading Data karena semua tab yang terbuka membutuhkan kuota data internet.




Nah, sudah siap menghemat kuota data internet di HP android anda ?, semoga tips Admin DetikInfo Tekno diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon