11/03/2017

Cara mengatasi Peringatan kamera gagal di android

Cara mengatasi Peringatan kamera gagal di android. Kembali lagi DetikInfo tekno akan mengulas tentang dunia smartphone android yang pada sesi membahas gagalnya kamera ponsel melakukan fungsinya dan muncul peringatan di layar. Hal yang paling membosankan dan bikin jengkel pengguna HP pintar salah satunya ketika ingin mengabadikan momen tertentu ternyata perangkat untuk mengambil gambar tersebut macet dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tidak berfungsinya kamera android setelah muncul peringatan dilayar yang menjelaskan karena ada kegagalan aplikasi tentunya harus diselidiki apa masalahnya dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Kamera di smartphone menjalankan fungsinya secara kompleks dan bergantung pada beberapa perangkat pendunkung seperti hardware, sistem, RAM, chipset dan lain sebagainya.

mengatasi error kamera android

Bila kegagalan kamera berasal dari aplikasi kamera yang bukan bawaan android lalu ternyata di aplikasi kamera asli bawaan android tidak bermasalah tentu saja akan mudah ditelusuri sebabnya dari aplikasi bersangkutan.

Untuk menjawab pertanyaan diatas tentang cara mengatasi kamera yang gagal loading di android, silahkan simak tips singkatnya di bawah ini.




1. masuk ke setelan/pengaturan android

2. masuk ke menu Application Manager / Manajer Aplikasi atau Apps (penamaan tergantung dari sistem di ponsel)

3. Pilih Aplikasi kamera yang terjadi error

4. Paksa aplikasi untuk menutup dengan menekan tombol force close

5. Setelah itu tugas anda selanjutnya menghapus cache dan data dengan menekan tombol 'hapus cache serta 'hapus data'

6. kemudian cobalah menjalankan lagi aplikasi kamera bersangkutan, bial ternyata masih menimbulkan masalah seperti sebelumnya, silahkan copot aplikasi dan download ulang aplikasi dari playstore

7. Terkadang ada hal yang luput dari perkiraan pengguna ponsel yaitu aplikasi terbaru hasil update ternyata juga bisa menyebabkan error tersebut. Jalan satu-satunya untuk bisa menormalkan kembali aplikasi kamera yang dulunya tidak bermasalah namun ketika update aplikasi malah muncul error sebaiknya mengembalikan versi ke sebelumnya.

Versi terbaru hasil update biasanya tidak kompatible dengan perangkat anda atau juga terjadi bug/error di script programnya. Nah untuk bisa mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya memang playstore tidak mendukung hal tersebut, cara paling jitu adalah mengunduh file APK dari market lain seperti mobango, getjar, 9APPS dan lain sebagainya.

Semoga tips cara mengatasi gagal loading kamera android diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon