19/03/2017

Fakta, Charge Baterai Laptop saat Digunakan Lebih Awet

Fakta Charge Baterai Laptop saat Digunakan Lebih Awet. Banyak asumsi sekarang ini yang menyatakan kalau melakukan Ces (charge) pada baterai laptop saat digunakan akan menyebabkan Umur baterai pendek dan cepat rusak. Apakah hal tersebut benar ataukah hanya asumsi belaka ?, untuk menjawab fakta atau mitos tentang melakukan charge ketika laptop diguakan aktifitas, silahkan simak ulasan DetikInfo di bawah ini.

Baterai di dalam sebuah perangkat PC jinjing (laptop) memang harus dibuat seoptimal mungkin dengan life-time yang panjang pula. Namun banyak diantara pengguna Laptop yang belum tahu seluk beluk dan cara merawat baterai laptop kesayangannya dimana yang ada di asumsi kebanyakan pengguna bahwa laptop ketika digunakan tidak perlu dilakukan charge alias menunggu sampai indikator baterai hampir habis dan dilakukan pengisian daya.

tips harge laptop agar awet

Asumsi dan perilaku tersebut benar adanya namun dalam kriteria dan kondisi perangkat tertentu. Mengapa demikian ?, Saat ini sudah umum di pasaran perangkat Komputer jinjing yang sudah mengadopsi tipe baterai yang bisa memutus arus secara otomatis walau kondisi konektor charge masih tertancap di Laptop. Bahkan menurut pengalaman admin dan banyak pengguna Laptop bahwa menggunakan Notebook dalam keadaan di-charge malah bikin awet baterai.

Kinerja baterai Laptop juga ditentukan dari sering tidaknya melakukan pengisian daya, dimana ada istilah life-cycle yang mana ada hitungan khusus di setiap anda melakukan charge. Semakin sering melakukan charge ketika baterai hampir habis maka semakin memperpendek sisa umur penyimpan daya tersebut.

Jadi jangan ragu untuk melakukan charge pada laptop ketika sedang anda gunakan, karena di dalam rangkaian hardware baterai dan motherboard ada perangkat khusus yang bisa memutus arus secara otomatis ketika daya sudah full 100 persen dan baterai tidak akan terbebani karena arus diambil langsung dari alat pengisi daya bukan dari baterai.

Intinya asumsi yang beredar tentang tidak bolehnya melalakukan pengisian daya sambil menggunakan laptop untuk beraktifitas bukanlah kebenaran yang mutlak, dimana bila anda menggunakan laptop terkini dengan tipe baterai yang sudha bisa memutus arus secara otomatis maka tidak perlu khawatir akan kondisi baterai yang anda.




Cara merawat Baterai Laptop Agar awet

Di bawah ini ada beberapa tips agar baterai laptop awet dan tahan lama walau anda sudah sekian tahun memakai laptop kesayangan.

1. Jangan Biarkan Baterai Kosong

Jangan sering membiarkan baterai laptop anda kosong untuk menunggu melakukan charge karena setiap and amelakukan charge ketika baterai kondisi minim daya akan memperberat kinerja sel baterai ketika dilakukan pengisian daya. Begitu juga masa cycle life baterai menjadi semakin berkurang.

2. Lepaskan charge ketika tidak digunakan

maksudnya disini jangan lupa melepas charge ketika anda meninggalkan laptop dalam waktu lama, walau saat ini banyak fitur auto cut off alias memutus arus otomatis belum tentu baterai anda kondisinya seperti baru beli, dalam artian setiap komponen tentunya ada kerusakan dalam masa pakai yang telah sekian lama sehingga proses putus arus otomatis bisa tidak berfungsi maksimal yang berakibat baterai menjadi terbebani.

ada tips mudah untuk memastikan baterai anda masih berfungsi normal di fitur pemutus arusnya yaitu coba pegang perangkat charge anda ketika baterai sudah penuh, kalau alat pengisi daya dingin berati memang masih berfungsi normal dimana tidak ada arus yang membebani baterai lagi.

3. Atur pencahayaan layar

untuk lebih menghemat pemakaian daya baterai laptop maka atur kontras atau cahaya di layar seminimal mungkin sesuai kenyamanan mata anda.




4. Gunakan charger yang original

jangan mencoba menggunakan alat pengisi daya laptop dengan yang tidak dispesifikasikan peruntukannya, karena anda belum tahu berapa arus dan tegangan output dari charger yang bukan peruntukannya kecuali anda yakin dan sudah bisa mengukur arus / tegangan dari alat multimeter

5. Stop kontak dulu baru charge

maksudnya disini adalah jangan membiasakan mencolokkan charger ke laptop dahulu sebelum anda mencolokkan pengisi daya ke sumber arus (PLN). Mengapa ? karena setiap arus rumahan tidak akan sama satu tempat dengan lainnya, siapa tahu terjadi lonjakan tegangan yang tidak bisa ditolerir oleh alat charger anda dan berimbas pada baterai serta komponen terkait didalam laptop.

Nah, dari ulasan diatas tentunya para pembacalah yang bisa memperlakukan laptop agar baterainya tetap awet dan tahan lama, kebanyakan kerusakan baterai sebelum masanya disebabkan perilaku pengguna laptop yang tidak semestinya.

4 komentar

notebook Dell kesayangan saya nggak mudeng kalau lobangnya nggak dicolok atuh mang...sejak beberapabulan jadi kesayangan saya hingga hampir 6 tahunan baterai laptop tetap canggih dan bandel tuh

liat ostingannya kayanya ngebut nih..3 - 5 artikel tiap hari, tapi sayang minim komentar ya mang...pendapatan dollarnya bagus gitu ya?

saya kalau kurang BW justru $nya stagnan walaupun 3 -4 artikel dikebut setiap hari, tapi 1 - 2 artikel perhari plus bw, justru bagus...saya mah

Nah itu dia bang...malah notebook saya gak pernah lepas dari yg namanya charger...kasian baterainya..hehe

Iya nih bang, gara-gara dulu kurang keurus jadi saya kebutin artikenya biar banyak dulu...walau dolarnya stagnan tapi buat backlink di site satunya bang...hehe... gara2 kena si fred google bang...

Bermanfaat sekali nih, aku sering cepat drop, mungkin kesalahnya sering nancap dan sering colok ke laptop terlebih dahulu sebelum ke stop kontak. Tulisan ini membantu banget buatku..

Semoga kedepannya lebih hati-hati lagi :)

nah itu bner bang, harus dibiasakan mencolokkan charger ke stop kontak dulu sebelum ke laptopnya...
terima kasih kunjungannya bang...


Emoticon Emoticon