17/03/2017

Manfaat Buah Naga untuk Kolesterol sampai Anti Kanker

Manfaat Buah Naga untuk Kolesterol sampai Anti Kanker. Buah Naga yang saat ini sangat populer sebagai buah unik dengan berbagai khasiat menjadi primadona tersendiri di pasar-pasar buah. Bebagai manfaat Buah Naga sebagai anti penuaan dini, penurun kolesterol sampai anti kanker menjadikan buah dari jenis kaktus ini dianggap sebagai pembawa berkah bagi sebagian penduduk china dan vietnam.

Buah naga atau Pitaya merupakan marga dari Hylocereus dan Selenicereus, dimana asal buah ini bukanlah China menurut kebanyakan asumsi masyarakat namun dari Negara Meksiko, Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Buah ini sudah bisa ditemui dan tersebar di beberapa Negara Asia seperti Taiwan, Indonesia, Filipina, Vietnam dan Malaysia.

buah naga untuk kanker dan penuaan dini

Yang unik dari buah naga ini bagi Orang Vietnam yang sangat kental dengan pengaruh budaya china menjadikannya sebagai buah Hiasan yang membawa berkah, dimana Buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor Naga yang berwarna Hijau sehingga warna merah Buah Naga ini kontras dan sangat menyolok diantara warna hijau sang naga.

Khasiat Buah Naga atau orang Inggris menyebutnya dengan Dragon Fruit ini memiliki berbagai khasiat yang tidak bisa dianggap remeh bagi kesehatan tubuh manusia. Di bawah ini beberapa manfaat Dragon Fruit seperti dilansir oleh Medical Daily.

1. Buah Naga pencegah Kanker

Di dalam Buah naga selain kandungan Vitamin C yang tinggi juga terdapat Karotein yang bisa mengurangi pertumbuhan tumor dalam tubuh. Begitu pula kandungan Likopen-nya yang ada dalam buah naga warna merah terbukti secara klinis bisa menurunkan resiko kanker Prostat.

Dalam studi Asian Pacific Journal Of Cancer Preventin pada tahun 2011 menyebutkan bahwa seseorang yang kurang asupan Likopen kurang dari 2,4 bisa meningkatkan resiko kanker prostat. begitu pula sebaliknya, bila asupan likopen lebih tinggi serta ditunjang aktivitas fisik yang baik akan mengurangi adanya resiko serangan kanker. ada kandungan buah naga yang juga dapat melindungi tubuh manusia dari kanker yaitu kaya akan Polifenol.

2. Anti-aging (anti Penuaan dini)





Buah Naga juga terkenal mengandung Vitamin C yang tinggi sehingga dapat berfungsi menangkal berbagai radikal bebas yang menjadi pemicu utama kanker.

Kandungan Fosfor serta Phospolipid di Buah naga inilah yang dapat mencegah penuaan dini, hal ini dikatakan oleh praktisi Gizi pendiri Meehan Formulations.

3. Penstabil Gula darah

Buah naga yang mengandung serat tinggi juga dapat menstabilkan tingkat gula darah serta menekan lonjakan gula darah dalam tubuh.

4. Penurun Kolesterol Jahat

Sebuah Studi dalam Jurnal Pharmacognosy Research 2010 menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah naga bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

5. Penjaga Kesehatan pencernaan

Buah naga yang juga terkenal dengan menu diet ini mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan serta membantu mengurangi konstipasi.

6. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Selain kandungan Vitamin C, beberapa vitamin lain seperti B1, B2, B3, Kalsium, Zat Besi, Fosfor, Protein, Niasin maupun serat sangat berpotensi menjaga sistem imun tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari radikal bebas.

Nah, tunggu apa lagi biasakan makan Buah untuk hidup lebih sehat mulai sekarang. Semoga ulasan kesehatan tentang khasiat Buah naga dari DetikInfo diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon