17/03/2017

Mengapa jaringan H+ tapi Internet Lemot ?



Mengapa jaringan H+ tapi Internet Lemot ?. Topik DetikInfo Tekno Kali ini kaan membahas tentang masalah yang sering dihadapi pengguna internet di HP android yaitu ketika jaringan sudah menunjukkan H plus (HSPA/HSDPA) dan sinyal HP penuh namun koneksi internt lemotnya minta ampun. Sebenarnya apa yang terjadi, apakah sistem di HP yang bermasalah, jaringannya, ataukah hardware di ponsel yang menjadi penyebabnya ?.

Bila anda mengalami internet di Android lemot padahal sinyal sudah 3G atau H+ maka jangan pesimis dulu menyalahkan ponselnya atau yang lainnya sebelum mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja pembagian bandwidth operator selular dalam mengatasi jaringan internet miliknya.

mengapa internet lemot meskipun sinyal H+

Seperti diketahui bahwa sebenarnya cara kerja jalur internet yang diadakan oleh setiap operator selular hampir mirip dengan jaringan sederhana layaknya anda ketika di warnet (warung internet). Dimana dalam satu area yang dicakup oleh antena BTS selular akan terjadi sistem pembagian bandwidth terhadap pengaksesnya.

Logika sederhananya begini, suatu contoh di tempat tinggal anda berdiri antena BTS salah satu operator selular yang saat ini sedang anda pakai dan anda menggunakan jalur kuota internet dari kartu tersebut maka dalam hitungan matematisnya dikala area sekitar BTS ada 100 orang (umpama) yang menggunakan jaringan yang sama maka akan terjadi pembagian kuota data sesuai limit yang diberika pihak operator selular.

Namun demikian, tidak hanya sebab tersebut diatas yang menyebabkan internet lemot walau siyal sudah H Plus atau 3G. Ada beberapa sebab yang memungkinkan jaringan lelet di HP android, silahkan simak berikut ini.

1. Banyak Aplikasi terbuka




Banyak aplikasi yang berjalan di background sistem. Seperti diketahui bahwa semua aplikasi yang membutuhkan koneksi ke server untuk sinkron data tentu membutuhkan koneksi internet. contoh untuk aplikasi yang membutuhkan data internet walau tidak digunakan seperti game online, social media (FB, Line, Whatsapp, BBM, Instagram dan lainnya), email serta palystore. Nah bila anda merasa ponsel lemot mengakses data internet maka tutup beberapa aplikasi yang berjalan di background dan matikan auto update playstore.

2. Sistem yang bermasalah

Diantara tanda lemotnya sistem jaringan internet adalah karena adanya sistem yang tidak berjalan sebagaimana mestinya di HP android. Nah, untuk itu terkadang diperlukan reset ulang ke pengaturan awal (factory reset) untuk memulihkan kinerja jaringan internet.

3. Settingan APN keliru

Untuk kasus yang satu ini tentu harus mendapat perhatian dimana bila mengalami jaringan internet yang lemot silahkan pergi ke pengaturan APN dan pastikan isian data Access point terlah sesuai dengan yang ditetapkan pihak operator selular.




4. Kuota data

pastikan kuota data yang anda miliki mensupport kecepatan 3G karena banyak operator selular yang menurunkan kecepatan internet karena user telah melebihi kapasitas kuota yang dimiliki. Hal ini biasa terjadi pada bundle atau paketan internet murah yang ditawarkan smartfren dengan kata 'unlimited' padahal bila melewati batasan limit kuota maka bandwidth akan diturunkan seccara drastis.

Semoga beberapa info tentang internet lemot walau sinyal sudah pada jaringan H+ atau 3G diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon