12/03/2017

Mengapa Lift umum selalu dipasang Cermin Besar ?

Mengapa Lift umum selalu dipasang Cermin Besar ?. Mungkin sahabat DetiInfo pernah sesekali melontarkan pertanyaan dalam hati mengapa ada cermin besar tertempel di dinding ruangan Lift, apakah memang gunanya untuk berias atau ada keperluan khusus dipasang benda tersebut oleh pembuatnya ?.

Sebenarnya jawaban diatas ada benarnya, toh anda mungkin tidak memungkiri kalau sedang di dalam lift dan ada cermin pastinya akan 'pasang aksi' untuk sekedar berdandan atau menata rambut agar tampak lebih necis ketika nanti keluar dari lift. Namun apakah itu tujuan utama adanya cermin di lift ?

apa fungsi cermin di lift ?

Ternyata menurut pakarnya, Cermin digunakan untuk membantu mengurangi rasa atau perasaan Claustrophobia, yang mana berarti perasaan takut terhadap ruangan tertutup dan sunyi sendiri.

Tidak hanya itu, pemasangan cermin besar di dinding lift juga mempunyai aspek psikologis, dimana ketika seseorang masuk ke lift dan menunggu untuk sampai di lantai tujuan akan merasa bosan dengan hanya melihat dinding kosong tanpa visual menarik dan waktu akan terasa lama. Oleh sebab itu cermin akan memperrmainkan psikologis seseorang sehingga ketika dirinya menunggu giliran keluar dari lantai bawah ke ujung dia akan melupakan waktu sekian detik untuk melihat dirinya, gaya busana dan tatanan rambutnya di cermin namun tanpa sadar pintu lift sudah terbuka.

Selain membuat waktu tempuh terasa cepat, cermin di lift juga berfungsi untuk 'mengelabuhi' syaraf otak ketika seseorang peka terhadap gaya gravitasi. Dimana ketika salam posisi diam dan lift'terlempar' keatas atau 'turun' kebawah dengan kecepatan tinggi maka darah dan otak akan meresponnya, kadang rasa pusing atau mual bis aterjadi untuk yang tidak terbiasa dengan lift. Oleh sebab itu ketika orang melihat dirinya berada di depan cermin dan 'menyibukkan diri' dengan dandanan atau sosok orang lain di sekitarnya dari arah cermin secara tidak sadar syaraf otak mengalihkan perhatian yang tadinya pusing atau mual menjadi terabaikan sampai pintu terbuka.

Nah, pertanyaan dari admin, bagaimana dengan pembaca semua ?, apakah anda memang memfungsikan cermin untuk meredam ketakutan jatuh ataukah memang untuk bersolek ?


Emoticon Emoticon