12/03/2017

Mengatasi Buka Facebook HP restart sendiri



Mengatasi Buka Facebook HP restart sendiri. Sahabat DetikInfo, Saat ini banyak diantara pengguna FB yang mengalami HP tiba-tiba restart sendiri padahal aplikasi facebook belum loading secara penuh, malah banyak kejadian dimana setelah ponsel reboot ulang-pun tetap saja membuka FB HP mati sendiri dan booting ulang. Pertanyaannya, apa sebenarnya yang terjadi, apakah ponselnya yang rusak ataukah ada masalah dengan aplikasi facebook-nya ?, untuk menjawabnya dan mengatasi masalah tersebut, simak ulasan dari DetikInfo tekno kali ini.

mengapa HP android restart ketika buka FB

Sudah maklum bahwa aplikasi media social terbesar dan terbanyak penggunanya yaitu Facebook menjadi suatu aplikasi yang tidak dapat lepas dari kegiatan rutin sehari-hari pengguna android. Bahkan ada perumpamaan tiada FB maka hidup terasa sepi, itu hanya beberapa orang saja lho yang bilang, bukan admin..hehe

Membahas perihal aplikasi milik google ini, banyak saat ini pengguna FB yang merasa janggal dengan applikasinya. Banyak yang mengalami ponsel tiba-tiba reboot atau restart sendiri padahal tidak menekan tombol power saat baru saja membuka facebook. Padahal semua aplikasi lainnya bisa lancar dijalankan dan tidak ada masalah sedikitpun, hanya facebook yang mengalami masalah tersebut, padahal aplikasi sudah paling baru alias updateble dari playstore, apa yang terjadi ?




Penyebab HP Restar sendiri ketika buka FB

Untuk mengetahui apa penyebab ponsel melakukan reboot tiba-tiba ketika buka facebook, silahkan simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Memori RAM kecil

salah satu penyebab aplikasi tidak berjalan semestinya adalah kapasitas RAM yang kurang memadai, dimana RAM berfungsi untuk menyimpan data dan aktifitas sementara selama ponsel hidup. Ketika kapasitas RAM sudah mendekati nilai minimum yang bisa ditoleransi oleh sistem maka bila membuka aplikasi baru semisal disini Facebook, maka RAM tidak akan mampu mengatasi masalahtersebut dan kehabisan Resource. Walaupun ada yang namanya cache, ada aplikasi yang memang hanya memanfaatkan RAM untuk menjalankan kode program tertentu.

Nah, bila konsumsi RAM dari sebuah aplikasi tinggi dan ponsel tidak bisa mencukupinya maka sistem akan memerintahkan untuk Reboot atau restart ulang tanpa ada campurtangan dari pengguna.

2. Aplikasi bermasalah

Sebenarnya RAM yang kekurangan kapasitas masih bisa diatasi oleh sistem, terkadang anda mengalami tiba-tiba ada lag atau sistem berhenti sejenak atau agak lama (macet) namun masih bisa berjalan lagi, itu biasanya disebabkan oleh RAM yang habis dan processor bekerja keras untuk mengerjakan segala activity sistem yang harus dijalankan.

Ketika RAM sudah tidak menjadi masalah, maka bisa jadi aplikasi FB yang mengalami masalah. Walaupun sebuah aplikasi merupakan versi yang terbaru belum tentu aplikasi tersebut tanpa bug atau cacat program, terkadang juga banyak aplikasi versi sebelumnya yang lancar dari yang terbaru.

3. Versi OS tidak kompatible

Bisa jadi beberapa versi android dna merek ponsel tidak kompatible dengan sebuah aplikasi yang sudah terupdate, hal tersebut tentunya hanya pihak developer yang harusnya melaporkan apa saja yang baru di update terkini aplikasi.

4. Sistem yang bermasalah

Bisa juga ponsel yang restart sendiri disebabkan sistem android bermasalah, namun saya yakin sekian banyak pengguna FB yang merasakan hanya facebooklah yang menyebabkan ponsel merestart dirinya sendiri yang berarti aplikasi tersebut yang jadi penyebab utama bukannya sistem.

Cara atasi HP restart sendiri ketika buka FB

Di bawah ini ada tips khusus buat pembaca DetikInfo tentang bagaimana mengatasi masalah ponsel tiba-tiba merestart sendiri ketika baru saja membuka aplikasi Facebook :

1. Bersihkan cache data di aplikasi FB, caranya masuk ke menu settingan ponsel, masuk ke aplikasi dan cari aplikasi FB dan hapus cache

2. Bila tetap bermasalah dan anda yakin aplikasi FB di ponsel adalah yang terbaru (terupdate) maka silahkan unistall aplikasi dan unduh facebook versi yang sebelumnya atau ketika FB tidak bermasalah, coba ingat-ingat berapa kali anda melakukan update terakhir kalinya sampai masalah tersebut muncul.




Kemudian unduh file APK Facebook yang versi terdahulu dari market selain playstore karena di google play tidak menyediakan file versi terdahulu dan hanya menyediakan versi terbaru. Jadi anda harus mengunduh file APK FB dari market lain seperti 9APPS disini

3. Setelah anda mengunduh file apk facebook versi yang menurut anda tidak bermasalah coba jalankan, bila ponsel tidak restart sendiri maka versi FB tersebut memang cocok untuk ponsel anda.

Nah, mudah sekali bukan cara mengatai FB yang bermasalah dan membuat ponsel restart seccara tiba-tiba. semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon