01/03/2017

Mengatasi Game tiba-tiba berhenti ketika dimainkan

Main Game android tiba-tiba berhenti dan keluar sendiri ?, Tentu Hal paling menjengkelkan bagi gamer di android bila tiba-tiba sedang asik main game aplikasi menutup dengan sendirinya atau sering keluar kalimat 'Unfortunately, Foce Closes has Stopped', pasti jengkel apalagi sedang menyelesaikan misi khusus di game tersebut, jadi hilang dan harus mengulang permainan dari awal.

Sebenarnya bukan hanya aplikasi semacam game saja yang bisa mengalami crash atau force close seperti itu, Semua aplikasi bisa saja menjadi ngadat dan tiba-tiba menutup dirinya sendiri secara paksa tanpa diperintah dari si pemilik ponsel.

mengatasi force close ketika main game android

Ada beberapa sebab mengapa terjadi force close atau aplikasi game mati sendiri dan harus mengulang dari awal permainan yang salah satunya bisa karena banyaknya sampah file tidak terpakai di aplikasi, crash sistem, beban RAM yang melebihi kapasitasnya, Overheat dan lain sebagainya.

Mengatasi Game yang tiba-tiba menutup aplikasi

Ada beberapa opsi yang bisa ditempuh untuk mengatasi permainan aplikasi game yang tiba-tiba mengalami crash atau force close, silahkan simak beberapa tips dari Detik Info di bawah ini.

1. Bersihkan aplikasi yang berjalan




Maksudnya disini adalah, sebelum anda memainkan game silahkan tutup semua aplikasi yang seddang berjalan di balik layar atau di background. Mengapa demikian, karena seringkali pengguna android menutup aplikasi tidak dengan sempurna alias langsung pencet tombol home dan langsung membuka aplikasi lainnya.

Kebiasaan menumpuk aplikasi yang terbuka akan membutuhkan sekian banyak asupan RAM yang seharusnya bisa digunakan untuk permainan game.

2. Bersihkan cache aplikasi Game

Seperti halnya aplikasi lainnya, Game juga mempunyai space cache yang semakin lama menumpuk dan menjadi 'sampah'. Kinerja hardware akan semakin emningkat seiring meningkatnya jumlah cache yang tercipta dari setiap permainan game yang anda lakukan.

Silahkan bersihkan cache game sebelum memainkannya, caranya masuk ke settingan > aplikasi > kemudian pilih game yang ingin anda mainkan nantinya, silahkan tekan tombol hapus cache.

3. Coba lakukan restart/rebooting




Bila game yang macet tersebut tidak terlalu sering dan tidak bisa ditebak apakah nantinya akan force close atau tidak maka coba lakukan restart terlebih dahulu sebelum memainkan game.

Melakukan reboot atau menyalakan ulang ponsel akan merefresh sistem menjaddi lebih longgar dalam segi asupan RAM dan juga menutup semua aplikasi yang belum sempat tertutup dengan sempurna.

4. Hindari melakukan mod, cheat atau cracking game

Biasanya pemain game yang ingin merasakan sensasi tersendiri untuk bermain curang atau ingin melewati level tertentu dengan menggunakan cheat atau menggunakan file cracking.

Padahal banyak sekali penyedia file cheat atau crack bisa saja melah mengacaukan alur program yang seharusnya berjalan normal dan akhirnya aplikasi menjadi crash dengan sistem.

5. Mencoba menginstall ulang game

Bila beberapa opsi diatas tidak mengatasi masalah, coba lakukan unistall atau pencopotan aplikasi game yang bermasalah dan kemudian unduh dengan file game yang masih fresh, biasanya cara ini sangat ampuh untuk mengatasi adanya file program game yang corrupt.

Semoga beberapa tips tentang cara mengatasi game yang berhenti mendadak diatas bermanfaat untuk pembaca Detik Info sekalian.


Emoticon Emoticon