24/05/2017

Penyebab Baterai HP gampang Kehabisan Daya



Penyebab Baterai HP Android gampang Drop - Permasalahan Daya baterai gampang Habis walaupun sudah melakukan pengisian secara full sering dialami oleh enyak pengguna Smartphone. Bahkan yang sering membuat jengkel dan bertanya-tanya ketika diasumsikan umur HP belum lama beli tapi baterai sudah gampang drop dan tidak bekerja seccara wajar. Ada beberapa sebab yang bisa menjadikan kondisi baterai ponsel anda seperti itu, Nah untuk lebih jelasnya tentang permasalahan baterai HP smartphone silahkan simak ulasannya yuk.

prosentase baterai cepat drop

Permasalahan Daya baterai memang tidak habis-habisnya untuk dibahas, Karena semua perangkat elektronika yang saat ini beredar seperti smartphone masih menggunakan media baterai fisik bertipe Lithium ion ataupun Polymer sebagai penyuplai daya di seluruh komponen HP, Nah oleh sebab itu menjaga performa baterai tetap bagus memang terkadang gampang-gampang susah, gampang bagi yang sudah mengetahui triknya dan sulit bagi yang hanya mendengar dari berita simpang siur tentang Menjaga performa baterai ponsel.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, sebaiknya para pembaca perlu tahu dahulu tentang struktur baterai ponsel saat ini. Perlu diketahui bahwa alat penyuplai daya ini mempunyai beberapa srtuktur elemen seperi anoda dan katoda sebagai kutubnya yang berbentuk lembaran dan di kedua kutub tersebut disipkan pemisah yang tidak boleh menempel satu dengan lainnya. Lembaran cell tersebut secara struktur memang berbentuk presisi lurus, namun ketika ada masalahdalam pemakaiannya bisa jadi strukturnya berubah menekuk atau melengkung. Sering kan anda lihat baterai melembung ?, nah itu salah satunya, dimana cell di dalamnya telah menekuk karena cell yang sudah mulai rusak dan tidka bekerja sebagaimana mestinya.

Penyebab Daya Baterai Cepat Habis/Drop

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa baterai HP saya tidak melembung tapi tetap saja gampang drop, ketika diisi bisa full namun cept habis bila dipakai sebentar saja ?, untuk mengetahui beberapa permasalahan tersebut silahkan simak pembahasannya di bawah ini.





1. Masa Pakai Baterai

Untuk penyebab baterai gampang habis tentunya bisa dilihat dari masa pakai. Anda harus tahu bahwa ada masa pakai baterai (cycle time), setiap anda melakukan pengisian daya secra tidak langsung hal tersebut akan terhitung sebagai cycle time, semakin sering mengisi daya semakin berkurang pula kinerjanya di kemudian waktu, begitu seterusnya sampai baterai benar-benar drop dan tidak bisa dipakai lagi.

2. Cara Penggunaan Perangkat

Kebanyakan sebab baterai dayanya tidak lagi maksimal utuk digunakan adalah penggunaannya yang tidak tepat seperti melakukan charging sambil dipakai bermain game, sambil menelepon atau sambil menjalankan berbagai aplikasi berat lainnya. Hal ini bisa berakibat menurunnya kinerja cell-cell baterai bahkan dapat membuat baterai anda melembung.

3. Komponen HP bermasalah

Penyebab yang ketiga bisa terjadi karena komponen yang berkaitan dengan arus masuk dan keluar baterai bermasalah atau mulai kehilangan nilai presisi di setiap komponennya. Contoh kerusakan pada tahanan arus di port masuk, bisa menyebabkan tegangan yang seharusnya difilter dengan ukuran yang telah ditetapkan ternyata bocor dan tidak sesuai dengan ukurannya lagi, hal tersebut bisa menyebabkan baterai yang diisi daya akan kelebihan muatan dan rusak sebelum masa pakainya berakhir.

4. Sistem yang bermasalah



Nah, untuk yang nomor empat ini sebenarnya bukan terletak pada baterainya namun pada sistem Ponsel. Bila hal ini terjadi sebenarnya baterai anda tidak mengalami masalah, hanya indikator presentase baterai di layar saja yang mengalami kerancuan disebabkan kerusakan sistem ponsel.

Untuk hal yang satu ini sebenarnya cara mendeteksinya gampang sekali, anda tinggal meminjam baterai yang sejenis dengan tipe ponsel dan cobalah, bila ternyata dengan baterai lain ternyata tetap bermasalah tentunya memang sistem di HP yang bermasalah dan harus dilakukan perbaikan seperti melakukan reset ulang atau bahkan flashing.

Semoga ulasan tentang mengapa baterai HP gampang Drop diatas bermanfaat untuk pembaca Detik Info semua, terima kasih dan jangan sungkan untuk bertanya bila ada permasalahan perihal smartphone maupun sistem Operasi android di kolom komentar di bawah postingan ini.


Emoticon Emoticon