09/03/2017

Sebab Peringatan Tegangan pengisian daya terlalu tinggi

Sebab Peringatan Tegangan pengisian daya terlalu tinggi. Masih seputar dunia Smartphone android, Terkadang pemilik android pernah memiliki pengalaman ketika melakukan charge ternyata muncul notifikasi Tegangan terlalu tinggi, nah sebenarnya apa yang terjadi dan apakah itu pertanda kerusakan pada ponsel atau baterai ?, untuk mengetahui jawabannya simak ulasan detikInfo yuk

Sebuah perangkat elektronik tegangan rendah seperti smartphone android yang saat ini kita bahas tentu membutuhkan arus daya untuk menjalankan segala aktifitas hardware seperti prosesor, chipset, GPU, Memori, Layar, Speaker dan lain sebagainya. Seluruh daya yang dibutuhkan diperoleh dari sebuah alat penyuplai dan penyimpan asrus listrik yang bernama Baterai.

tegangan terlampau tinggi ketika ces hp

Dalam strukturnya, baterai yang umum terpasang di ponsel saat ini adalah rechargeable alias bisa diisi ulang dan dengan berbagai tipe baterai seperti lithium-ion, Lithium Poymer dan juga saat ini ada teknologi baru baterai tahan lama yang menggunakan Hidrogen cair.

Tegangan output dari baterai ponsel sebesar 3,7 volt dengan beraneka ukuran daya yang ditawarkan. Nah, kembali ke judul diatas, mengapa ketika melakukan pengisian baterai lalu dilayar tiba-tiba muncul peringatan bahwa tegangan terlalu tinggi dan akhirnya baterai tidak terisi, apa penyebabnya ?

Adanya peringatan tegangan over voltage tersebut bisa disebabkan beberapa sebab, bisa dari sistem, hardware maupun dari masalah baterai itu sendiri. Sistem android akan mendeteksi adanya tegangan yang melebihi nilai yang diijinkan dengan menampilkan notifikasi tegangan berlebih, Namun di sisi lain sistem juga mendeteksi tegangan yang kurang atau daya kurang tanpa mengeluarkan notifikasi melainkan tidak adanya tanda mengisi di layar.

Untuk kasus adanya notifikasi 'tegangan pengisi daya terlampau tinggi' ketika mengisi daya bisa disebabkan oleh sebab berikut ini :




1. Tegangan Charger terlampau tinggi

Tegangan alat pengisi daya yang terlampau tinggi dari ukuran normal bisa membahayakan hardware ponsel, oleh sebab itu karena ponsel saat ini (android) tergolong sudah canggih bisa mendeteksi adanya ukuran tegangan masuk apakah itu normal, tinggi atau terlampau rendah.

Solusinya : Gunakan charger bawaan ponsel, namun bila alat pengisi sudah mengalami kerusakan karena bocornya tegangan silahkan ganti sebisa mungkin sejenis atau yang mempunyai ukuran daya sejenis

2. Baterai bermasalah

Bila charger dan sistem android anda yakin tidak ada masalah maka Baterai bisa menjadi tersangka karena adanya kerusakan di cell maupun komponen pembatas arus di dalam sirkuit baterai.

3. Sistem yang bermasalah

Terkadang sistem android yang trouble bisa menyebabkan 'mis komunikasi' antara hardware dengan sistem sehingga menampilkan false notification.

Solusinya : bila charge sudah yakin tidak bermasalah dan baterai juga tidak bermasalah dan peringatan terjadi secara berkelanjutan, maka coba lakukan reset atau bahkan flashing firmware

4. Hardware/komponen HP bermasalah

Banyak kejadian seringnya notifikasi tegangan terlalu tinggi di layar HP android disebabkan komponen penting di jalur arus pengisian ke area baterai rusak.

Kesimpulannya, adanya peringatan di layar yang mengabarkan adanya tegangan terlalu tinggi tidaklah berbahaya bagi ponsel malah hal tersebut sebagai pertanda sistem bekerja dengan baik untuk memutus arus yang masuk agar semua komponen aman dari kelebihan tegangan input.

Semoga ulasan tentang notifikasi tegangan terlalu tinggi ketika melakukan charge baterai Android diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon