20/03/2017

Trik Xiaomi, Cara menggunakan fitur MIUI 8

Trik Xiaomi, Cara menggunakan fitur MIUI 8, Bagi anda pengguna Ponsel Xiaomi tentunya sudah familiar dengan kata MIUI, dimana User Interface Xiaomi walau bersistem android namun semua menggunakan antarmuka MIUI sebagai ciri khas ponsel yang sedang laris manis di tanah air ini.

Beberapa fitur MIUI 8 yang juga sebagai UI baru semakin memanjakan pengguna HP xiaomi dengan berbagai kemudahan akses, widget, serta tampilan yang responsif sebagai andalan Xiaomi. Namun banyak diantara pengguna android ponsel tipe ini belum memanfaatkan beberapa fitur canggih MIUI 8 yang bisa membantu berbagai aktifitas dalam menggunakan ponsel canggih ini.

Aktifkan fitur MIUI 8 xiaomi android

Nah, bila anda baru saja melakukan update dari MIUI 7 ke 8 atau juga saat ini sudah memiliki HP xiaomi dengan versi MIUI 8 silahkan maksimalkan beberapa fitur yang ada didalamnya seperti contoh di bawah ini.

1. Cara mengaktifkan clone app

Di MIUI 8 ada sebuah settingan khusus agar pengguna dapat melakukan clonning atau menggandakan aplikasi agar menjadi 2 buah ikon dan tentu bisa dijalankan. Jadi bila anda, misalnya mempunyai 2 akun BBM maka dengan melakukan clonning App anda bisa masuk ke akun yang satunya tanpa keluar dari akun yang aktif di BBM.

cara aktifkan fitur dual app /clone app :
  • Silahkan masuk ke menu settings di ponsel xiaomi
  • kemudian cari menu Colne app
  • setlah itu pilih aplikasi mana yang ingin anda gandakan

2. Fitur Quick Ball Xiaomi





layaknya sebuah widget, Fitur Quick Ball di xiaomi akan memudahkan penggunanya dalam mengakses berbagai aplikasi yang sering dibuka tanpa sibuk mencari-cari di menu.

Cara mengaktifkan fitur Quick Ball yaitu silahkan masuk ke menu setting atau pengaturan di ponsel, kemudian pilih menu additional settings, lalu pilih tambahan dan pilih Quick Ball

3. Fitur Second Space

dual space MIUI 8

Maksudnya disini adalah di MIUI 8 mempunyai fitur untuk membuat ruang kedua, dimana anda bisa membuat Home page ganda dan bisa anda masuki aplikasi yang anda inginkan.

Cara mengaktifkan Second Space Xiaomi

  • Silahkan masuk ke menu setting kemudian cari Second Space
  • Kemudian aktifkan atau enable second space dan kemudian kembaili ke layar utama
  • Akan ada ikon manage seperti roda gigi, masuklah ke dalamnya
  • Kemudian anda akan disuruh membuat password untuk ruang kedua tersebut
  • Setelah membuat password klik nekt dan nantinya akan ada pilihan import apa saja yang anda ingin masukkan ke ruang tersebut seperti foto, file maupun aplikasi.

4. Fitur Scrolling Screenshot

Fitur yang ada di Xiaomi MIUI 8 ini sangat canggih dan jarang ada di ponsel lain, yaitu melakukan tangkapan layar dengan layar yang panjang

Cara melakukan Long Screenshot di Xiaomi :

  • Silahkan masuk ke bagian mana anda ingin mengambil tangkapan layar
  • silahkan tekan dan tahan volume down dan tombol menu
  • setelah berhasil menangkap image di layar silahkan klik pada hasil screenshot tersebut tekan sekitar 5 detik
  • kemudian muncul 3 opsi silahkan pilih 'extend'
  • setelah itu scroll ke bawah sampai layar mana yang anda inginkan
  • setelah dianggap cukup silahkan sentuh 'stop'

5. fitur Video editor

Jarang ada produk smartphone android yang include aplikasi editing video, nah di MIUI 8 xiaomi aplikasi tersebut ada dan mudah digunakan untuk melakukan editing video dengan berbagai efek yang canggih.

6. Aplikasi Cleaner

Di MIUI 8 xiaomi juga terdapat aplikasi khusus cleaner, yang mana fungsi app ini addalah untuk membersihkan berbagai file junk, sampah, cache dan lain sebagainya untuk menunjang kinerja android agar selalu fit dan lancar digunakan.

7. Fitur Mi Drop




Melakukan transfer file jadi mudah dan secepat kilat dengan memanfaatkan fitur Mi Drop. Dimana layaknya share it aplikasi ini juga mampu mengirim file berupa video, image, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya mudah dan cepat sekali.

8. Scanner Virus

Dengan fitur scanner ini pengguna Xiaomi yang sudah berinterface MIUI 8 dapat dengan mudah melakukan deteksi terhadap virus atau malware yang menjangkiti android kesayangannya.

Dari ulasan tentang fitur keren yang ada di MIUI 8 Xiaomi diatas tentunya setiap penggunalah yang bisa menyesuaikan untuk kebutuhan aktifitasnya. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon