13/04/2017

Cara Mengenali Berita Palsu di Facebook dan Twitter

Cara Mengenali Berita Palsu di Facebook atau media sosial - MedSos terbesar saat ini yaitu Facebook telah warning kepada para penggunanya agar selalu berhati-hati dengan berita palsu (Hoax), status yang selalu menyebar link aktif palsu, Sumber yang disembunyikan serta beberapa format berita yang tidak wajar lainnya. Di kalangan pengguna FB tentunya sudah banyak tahu saat ini banyak beredar berbagai berita yang disebar begitu gencar dengan link-link aktif yang tidak relevan bila ditelusuri, tentu hal tersebut akan sangat menyesatkan bagi pengguna yang ingin tahu validitas informasi tersebut.

berita palsu medsos

Berkaca dari banyaknya Hoax dan berita palsu yang saat ini merambah di media internet, baik itu di media social seperti Facebook, Istagram, Google plus, BBM, Twitter serta beberapa media situs tentu menjadi fenomena yang perlu dicermati dan menjadi perhatian serius semua pihak, bukan hanya pemerintah dan instansi terkait, namun pengguna media-media tersebut tentu juga harus aktif selektif dengan berbagai berita yang muncul saat ini.

Media social yang sering kali digunakan untuk menyebar berita palsu adalah Facebook dan Twitter, anda bisa melihat sendiri betapa banyaknya info dan berita Hoax tersebar dengan begitu gencarnya dan sudah benyak 'makan' korban bagi si pembacanya yang tidak selektif menerima informasi dari dunia maya.

Facebook sendiri sebenarnya sudah aktif menyaring beberapa kriteria berita yang beredar dengan memanfaatkan beberapa filter kata yang sering digunakan untuk media Hoax, Begitu juga bila berita tersebut lolos dari filter FB maka ada form laporan khusus yang bisa diisi oleh pengguna Facebook untuk melaporkan berita palsu, menyimpang atau berpotensi SARA untuk kemudian ditindak lanjuti oleh Facebook dengan melakukan pencekalan dan penghapusan Link berita tersebut.

Namun begitu banyak sekali celah yang saat ini masih bisa dilakukan oleh si pembuat HOAX meskipun sudah dilakukan filter sedemikian rupa, berbagai cara dilakukan oleh penyebar berita palsu seperti membuat kata-kata yang sugestif, kalimat yang menggoda pembaca untuk masuk ke lik atau gambar yang bersangkutan dan bebrapa trik lainnya oleh para Hoax'er.

Kiat khusus mengenali Berita Palsu

Nah, di bawah ini adalah beberapa kiat mengenali berita palsu di Facebook yang diberikan oleh Pihak FB di halaman resminya yang bisa admin rangkum, silahkan disimak.

  • 1. Lihat judul

Kiat yag pertama bisa anda lakukan ketika ada berita yang tersebar di beranda anda adalah kenalilah Judulnya, menurut pihak Facebook seringkali judul berita palsu ditulis dengan Huruf besar dan diakhiri tanda seru dengan kalimat menarik





  • 2. URL Berita

Silahkan simak URL yang diberikan di berita tersebut, Umumnya berita yang tidak relevan dengan isi meggunakan URL yang menyerupai situs aslinya namun ketika anda masuk kedalamnya akan dialihkan ke situs lain. Tipsnya, sebelum membuka URL di smartphone silahkan tekan agak lama di bagian URL atau alamat situs dan lihat apakah benar itu situs yang ditulis atau ada alamt lain yang terlihat, bila di PC akan sangat mudah, anda tinggal mengarahkan moouse ke URL yang tertera dan di peramban akan terlihat isi alamat tersebut.

Namun ingat, banyak sekali sistem pengalihan URL dilakukan walau anda melihatnya seperti alamat situs aslinya.

  • 3. Sumber Berita

Periksalah darimana sumber berita tersebut berasal, umumnya beberapa orang melakukan share hanya dengan menekan ikon share di media social, ketahui halaman asal dan selidiki sumbernya dengan membaca profil perorangan atau dari organisasi mana berita itu ditulis.

  • 4. Format penulisan

Banyak sekali berita palsu ditulis dengan format yang 'ngawur' dan ejaan yang tidak sempurna. Lihatlah bagaimana cara penulisan serta ejaannya, apakah EYD-nya benar atau janggal. Berita yang benar-benar ditulis oleh pihak yang berkompeten akan mempunyai susunan kata dan kalimat yang baik.

  • 5. Perhatikan Foto

Bagi anda yang selektif dengan berbagai berita yang ada di sosmed tentu akan melihat dari sisi Foto yang disematkan, lihatlah sisi manipulasi foto, lihat pula di mesin pencari gambar dan cari tahu asalnya.

  • 6. Tanggal Berita

Periksalah tanggal dari kronologi berita yang bersangkutan apakah masuk akal dengan peristiwa yang diberitakan atau tidak

  • 7. Bukti

Periksa juga bukti dari berita tersebut, anda bisa melakukan googling di mesin pencari untuk melihat berita yang relevan dengan kata kunci yang ada.

  • 8. Lihat testimoni

Berita yang dapat dipercaya akan mendapat respon yang cukup baik di beberapa situs dan media, silahkan lihat bagaimana respon para komentator, tapi jangan hanya di satu media social media saja semisal facebook, biasakan melihat di mesin telusur untuk memastikan berita tersebut sudah banyak tersebar dnegan reputasi dan sumber yang dapat dipercaya pula.





  • 9. Lihat Tujuan berita

maksudnya disini adalah lihatlah ddnegan seksama apakah si pengunggah berita hanya ingin sekeddar gurauan, lelucon atau memang memancing pembaca untuk percaya. Biasanya di ending berita tersebut ada kalimat yang memperjelas apakah hal tersebut memang ingin mencari sensai, guyonan, kalimat provokatif dan lain sebagainya.

Dari tips yang diberikan oleh pihak facebook diatas bisa dijadikan patokan dan tentunya setiap individu akan berlainan persepsi satu dengan lain dalam mengolah informasi yang diterimanya melalui social media. Jadi cerdas, selektif dan tidak gampang percaya dengan berita yang tersebar di media sosial tentu lebih diutamakan.


Emoticon Emoticon