19/04/2017

Cara mengetahui HP Android support OTG USB dengan mudah

Mungkin anda pemilik ponsel Android ada yang bertanya bagaimana cara mudah mengetahui HP android mendukung fitur OTG ataukah tidak, dimana fitur On The Go (OTG) sangat banyak membantu dalam berbagai aktifitas penyimpanan data maupun mengenali perangkat eksternal yang tidak ada di dalam ponsel pintar tersebut.

Fitur OTG USB merupakan opsi tambahan yang memungkinkan pengguna smartphone bisa menghubungkan antara ponsel dan perangkat lain yang bisa dikenali oleh sistem android. Anda bisa memasang Flashdisk untuk menyimpan atau memindahkan data dari memori ponsel, bisa memasang keyboard PC ke android, memasang joystick game, memanfaatkan Mouse PC untuk menggerakkan layar dan lain sebagainya.

Cara mudah cek HP android support OTG atau tidak

Ponsel android atau jenis smartphone lain yang mensupport OTG berarti mempunyai versi kernel yang tinggi, dimana kernel tersebut berfungsi sebagai 'jembatan' untuk mengenalkan peripheral maupun memberi akses terhadap perangkat lain untuk berinteraksi dengan sistem di ponsel. Jadi tidak semua ponsel yang mahal mensupport OTG, versi kernel juga berpengaruh terhadap proses IO (input-output) yang ada di smartphone.

Setelah mengetahui apa itu OTG dan fungsinya, mungkin saja anda bertanya-tanya apakah ponsel milik anda mendukung USB OTG ?, sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek apakah HP android mensupport OTG atau tidak, namun hal tersebut tidak perlu anda lakukan karena ada cara yang lebih mudah dan cepat, saya yakin nanti pembaca Detik Info juga bisa melakukan cek OTG dengan mudah.





Cara mudah cek HP android Support OTG


Misalnya anda ingin membeli ponsel second atau bekas dari counter HP dan berkeinginan mempunyai smartphone yang support USB OTG, adda cara mudah untuk mengeceknya, simak tipsnya di bawah ini.

1. Masuk ke menu pengaturan / setting di HP

2. kemudian masuk ke opsi 'penyimpanan' atau Storage

cara cek android support OTG usb atau tidak

3. setelah masuk di opsi penyimpanan tersebut, geser layar ke bawah dan lihat apakah ada tulisan atau opsi 'penyimpanan USB eksternal' ataukah tidak ?, bila ada maka ponsel tersebut memang mensupport sambungan OTG

Pertanyaannya, mengapa di opsi 'penyimpanan USB eksternal' tersebut terlihat samar-samar dan tidak bisa di klik opsinya ?, karena belum ada perangkat yang terhubung ke HP anda, seperti flashdisk, muouse, keyboard atau lainnya. Jadi ketika nantinya ada misalnya menancapkan flashdisk ke ponsel maka opsi tersebut akan tampak dan bisa digunakan.

Bagaimana mudah sekali bukan cara mengecek HP anddroid apakah support USB OTG ataukah tidak ?, semoga tips Detik Info diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon