28/04/2017

Mengapa Menggunakan WiFi untukVideo / Call Online lebih stabil ?



Sudah jamak sekarang ini pengguna Smartphone melakukan panggilan dengan fitur Call Online maupun video Call, Dimana semakin murahnya harga kuota Internet akhir-akhir ini semakin banyak pengguna smartphone yang memanfaatkannya untuk melakukan panggilan online. Namun adakalanya problem sambungan internet yang menggunakan sambungan data selular merasa ada lag, tersendat atau panggilan tidak lancar bahkan sering terputus di tengah pembicaraan, apa yang terjadi ?

Menggunakan WiFi untuk video/Call Online lebih stabil ?

Mungkin anda pernah mendapati banyak aplikasi social media atau messenger yang memberikan tips untuk melakukan panggilan online dengan memanfaatkan sambungan data via WiFi, hal tersebut tentu mempunyai tujuan tersendiri dan memang ada alasan yang logis agar ketika anda melakukan aktifitas panggilan online atau video call bisa lancar tanpa hambatan.

Sebenarnya apa bedanya ketika kita menggunakan sambungan internet menggunakan jaringan WiFi atau jaringan data selular ?, kan keduanya sama-sama memberikan hubungan antara smartphone ke internet ?, untuk menjawabnya yuk simak terus penjelasannya di bawah ini.

Syarat Video/Call online lancar

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin melakukan panggilan online dari smartphone agar lancar tanpa tersendat, tidak terputus putus dan tidak terjadi disconnect, apa saja itu ?

1. Kedua perangkat harus mempunyai sambungan data internet yang stabil, maksudnya disini adalah di kedua ponsel yang sedang melakukan proses panggilan dan menerima telepone online harus mempunyai koneksi internet stabil.

Bila salah satu, contoh pemanggil menggunakan jaringan data berkualitas 3G namun si penerima menggunakan sambungan data berkualitas GPRS pasti proses selama menelepon tidak akan bisa lancar dan cendderung tersendat-sendat.

Mengapa demikian ?, perlu diketahui bahwa ada ketika seseorang melakukan video call atau call online sebenarnya ada yang namanya upload data serta download, disini ketika kedua ponsel terhubung akan ada koneksi secara terus menerus untuk menghantarkan data-data suara atau video ke penerima (upload) dan si penerima juga akan melalui proses download agar bisa melihat dan mendengar lawan bicaranya.

Semakin cepat koneksi internet maka semakin lancar pula panggilan online yang terjadi di kedua perangkat tanpa ada kendala macet, tersendat atau bahkan disconnecting.





2. Adanya kompresi data, maksudnya disini sekarang ini banyak sekali macam aplikasi yang menawarkan kestabilan dalam melakukan call online dan panggilan video, dimana di aplikasi tersebut bisa melakukan kompresi data sekecil mungkin agar proses upload dan download berjalan dengan cepat

3. Sistem yang tidak bermasalah, maksudnya adalah bagaimanapun cepat dan stabilnya koneksi internet yang dimiliki oleh si pemanggil atau penerima namun apabila ada salah satu saja perangkat tersebut yang mengalami gangguan di operating systemnya akan menjadi masalah tersendiri.

Sistem yang sedang bermasalah di smartphone cenderung menghambat proses aplikasi berjalan dengan semestinya, bahkan tidak jarang koneksi internet yang tadinya stabil menjadi terasa lemot.

4. Kualitas Hardware smartphone, banyak kejadian dimana beberapa pengguna smartphone mengeluhkan awalnya lancar melakukan call online namun tiba-tiba selang beberapa saat panggilan terputus, suara tidak terdengar, video buram dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena kualitas hardware ponsel yang sudah menurun kinerjanya atau bisa karena ukuran RAM terlalu kecil sampai prosesor harus bekerja ekstra untuk menjalankan proses panggilan online sehingga menyebabkan gagal kerja di salah satu komponen yang ada.

Video Call / Call online pakai WiFi





Menjawab topik yang kita bahas diatas, mengapa ketika melakukan panggilan video atau suara online lebih dianjurkan memakai sambungan WiFi daripada memakai kartu selular ?, karena Sambungan Wifi rata-rata lebih stabil dalam melakukan transfer data, baik itu uploadd maupun download.

Nilai Ping yang dihasilkan perangkat WiFi dengan perangkat selular juga sangat kecil dan cenderung tidak terjadi timeout koneksi. Perlu diketahui, bahwasanya pada sebuah jaringan, bagus tidaknya koneksi bisa dilihat dari nilai transfer koneksi yang dilakukan atau biasa dilakukan dengan jalan 'ping', semakin kecil nilai ping yang dihasilkan berarti semakin lancar koneksi kedua perangkat.

Bila si penelepon dan penerima panggilan Online sama-sama menggunakan sambungan WiFi maka bisa dipastikan koneksi keduanya akan lancar tanpa hambatan. Tentunya syarat utamanya Bandwidth internet juga harus memenuhi nilai minimal untuk melakukan call online atau video call yaitu minimal 512kbps.

Lain lagi bila kedua perangkat menggunakan koneksi data internet dengan menggunakan kartu selular, maka ada beberapa kondisi yang bisa menghambat koneksi jaringan seperti kekuatan sinyal, kualitas jaringan, kepadatan pengguna di suatu area dan lain sebaginya.

Banyak yang merasa kualitas sinyal sudah 3G atau HSPA namun ketika digunakan panggilan online tidak lancar, bisa jadi karena adanya kepadatan pengguna di suatu area atau bahkan sinyal naik turun. Nilai Ping yang dihasilkan juga cenderung besar bila diukur serta naik turunnya tangkapan sinyal menjadi penyebab ketidakstabilan koneksi data.

Jadi bila anda ingin lancar dalam melakukan aktifitas call online lebih dianjurkan menggunakan jaringan Wifi daripada memakai kartu selular. Semoga sedikit ulasan diatas bisa menjawab pertanyaan para pembaca semua, silahkan ajukan komentar atau pertanyaan di kolom komen di bawah artikel ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon