01/04/2017

Mengapa Sinyal E lebih hemat Kuota Data Internet ?

Mengapa Sinyal E lebih hemat Kuota Data Internet ?, Mungkin Pembaca DetikInfo ada yang bertanya-tanya mengapa ketika kondisi jaringan menunjukkan sinyal Edge (E) atau bahkan G (GPRS) membuat kuota data semakin irit dan juga bisa mengurangi asupan daya baterai sehingga HP bisa Hidup lebih lama daripada menggunakan jaringan 3G / HSPA atau bahkan 4G ?, tentunya bagi yang belum tahu jawabannya akan bertanya-tanya, apa sebenarnya bedanya sinyal E dengan sinyal 3G / H itu.

kualitas sinyal e hemat data internet

Kualitas jaringan EDGE mungkin sudah sangat familiar dengan pengguna Ponsel sebelum maraknya Android seperti sekarang ini. Dulu ketika smartphone belum berkembang pesat seperti saat ini, HP dnegan kualitas sinyal E sudah dianggap mumpuni untuk melakukan selancar di dunia maya. Hal tersebut karena beberapa HP jadul hanya mempunyai fitur jaringan GPRS, kemudian diatasnya adalah EDGE dan yang paling tinggi dan jarang ditemui adalah berkualitas jaringan 3G, itupun ponsel dengan harga yang mahal walau masih bersistem Java atau Symbian.

Saat ini smartphone sudah merajai kancah gadget canggih dan semakin menggeser keberaddaan sistem operasi java serta symbian di dalam pengaturan defaultnya sudah menempatkan support jaringan 3G secara otomatis. Namun adakalanya ketika di suatu tempat tertentu pengguna HP android tidak mendapat cakupan layanan 3G sesuai yang diharapkan dan yang muncul hanyalah tanda signal EDGE, otomatis si pemilik ponsel harus pasrah dengan keadaan yang ada dan memanfaatkan kualitas jaringan E yang lambat seperti 'keong' dalam proses upload dan download data di internet.

Menjawab pertanyaan diatas, mengapa ketika pengguna ponsel android melakukan browsing atau aktifitas internet dengan menggunakan jaringan berkualitas EDGE (E) Terasa kuota datanya hemat dan tidak ccepat tersedot ?, berikut jawabannya :

1. Dengan jaringan kualitas EDGE sebenarnya tidaklah tepat kalau disebut semakin hemat, namun dalam kinerjanya memang hal tersebut dirasakan oleh pengguna itu sendiri bahwa kuota data tidak cepat habis, hal ini dikarenakan proses upload dan download data internet yang terjadi di HP android tidak secepat yang ada dalam jangkauan sinyal 3G.

Tentu saja resiko penggunaan jaringan EDGE bisa dirasakan oleh pemilik android dalam membuka berbagai situs atau aplikasi yang terhubung di internet, akan terasa berat untuk setiap proses membuka halaman, mengunduh file dan berbagai aktifitas berselancar lainnya.

Hal ini dikarenakan sudah ada limit dari jaringan operator selular untuk membatasi alur bandwidth yang adda di jaringan EDGE. Jadi berbanding lurus dengan apa yang didapat bahwa sama saja hasilnya hanya berbeda waktu pengunduhan dan upload data internet yang terjadi di ponsel, semakin mempunyai kualitas jaringan yang lebih tinggi tentunya akan semakin cepat pula proses data di jalur internet namun juga berpengaruh pada cepatnya berkurang kuota yang ada.





2. Jaringan EDGE bisa digunakan sebagai alternatif bagi yang suka berhemat akan kuota internet, bahkan bila anda suatu saat hanya mempunyai sisa sedikit data dan tidak ingin cepat habis tentunya trik memindah jaringan dari 3G ke EDGE bisa dilakukan agar alur data internet tidak cepat menyedot kuota anda, tapi ya anda harus sabar dengan kecepatan yang anda dapatkan dengan kualitas E tersebut.

3. Dengan jaringan E yang ada, selain menghemat kuota juga bisa membuat ponsel anda terasa dingin serta hemat daya baterai, bahkan bila dengan jaringan 3G menyala terus umpama daya hanya cukup satu hari maka dengan menggunakan kualitas jaringan E bisa sampai 2 hari bahkan lebih.

4. Ada satu lagi yang terlewat, mengapa jaringan E lebih hemat data dikarenakan akan mengubah skema perilaku pengguna android, yang tadinya suka membuka Youtube jadi tidak membukannya lagi karena sangat lambat prosesnya, yang tadinya suka download aplikasi menjadi mengurungkan niatnya karena dengan sinyal E tentu download aplikasi yang ukurannya berpuluh MB bisa membuat jemu menunggu, dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahu kan mengapa dengan jaringan sinyal E menjadikan kuota internet di android sangat hemat ?, semoga ulasan singkat admin diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon