28/05/2017

Apa arti Kernel di Android dan Apa fungsinya?

Apa itu Kernel di Android dan Apa fungsi kernel sebenarnya?, Seringkali pengguna Android mendengar tentang Kernel, lalu apa arti kernel dan bagaimana sebenarnya fungsinya untuk sistem android itu sendiri? Untuk mengetahui tentang kernel silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

fungsi dan arti kernel di android

Istilah kernel dalam metodologi Komputer sudah dari dulu ada, dimana dalam artian sederhana, Kernel adalah suatu program atau baris kode yang memfungsikan dirinya mengatur segala permintaan Input dan Output dari perangkat Lunak yang nantinya diterjemahkan ke dalam instruksi khusus oleh CPU. Dalam dunia Komputer, Kernel merupakan basic atau dasar dari Operating Syetem yang nanti dijalankan.

Arti Kernel dan Fungsinya di Android


Kegunaan kernel menjadi sangat penting adanya karena juga berfungsi sebagai jembatan penerjemah antara bahasa program dengan bahasa mesin atau hardware. Suatu contoh, dalam mengakses perangkat keras (hardware) ada lebih dari beberpa perintah program yang harus diatasi oleh kernel untuk bisa diterjemahkan oleh perangkat keras, dimana tugasnya seperti mengatur kapan dan berapa lama suatu aplikasi atau program dapat menggunakan akses hardware, Hal tersebut biasa dinamakan sebagai Multiplexing.

Masih bingung dengan kernel? tenang saja, admin akan memberikan alur contoh bagaimana sebuah kernel bekerja di sistem android, apa yang dilakukan dan bagaimana hasil dari kerja kernel tersebut di smartphone, simak terus sambil santai tentunya biar gak pusing..hehe

Contoh sederhana bagaimana kinerja kernel di smartphone, ketika anda menyentuh layar dan melakukan klik terhadap tombol play di aplikasi audio player, maka tugas kernel adalah menerjemahkan klik yang anda lakukan dilayar, kernel akan mendeteksi dimana koordinat titik di layar, menerjemahkan kode program dari aplikasi yaitu tombol dan activiti-nya ketika tombol ditekan dan nantinya menerjemahkan perintah ke dalam hardware untuk mencari driver audio, letak file lagu yang akan dimainkan dan lain sebagainya yang nantinya bila berhasil dilakukan akan diterjemahkan dalam bentuk visual dan suara yang bisa dinikmati oleh pengguna android ketike memainkan music player.





Begitu rumitnya proses Kernel dalam menerjemahkan setiap perintah dari pengguna dalam interaksinya dengan aplikasi dan hardware akan sulit sekali dilakukan tanpa bantuan sietem API, yang mana setiap pengembang program tidak perlu menulis kode ulang untuk mengirim, menerima setiap peristiwa yang berkaitan dengan tugas hardware.

Bagaimana, sudha mulai faham dengan fungsi kernel?, kalau masih bingung akan admin berikan alur contoh yang lebih sederhana lagi. Ketika anda memencet tombol power untuk menyalakan layar ponsel disinilah ada tugas kernel untuk menerjemahkan aksi yang anda lakukan, dimana ada kode program yang memerintah hardware untuk menyalakan layar ponsel, itu contoh sederhana kerja kernel.

Lalu lebih jauh lagi, ada beberapa versi kernel yang terus berkembang mengikuti versi Sistem android yang juga semakin pintar dan canggih, dimana kebutuhan akan konektifitas android dengan perangkat lain seperti flashdisk, mouse, keyboard eksternal dan lainnya semakin kompleks maka diperlukan penerjemah hardware ke dalam sistem android, yang mana lagi-lagi kernel dengan versi lebih tinggi dan kompleks yang bisa melakukannya

Suatu contoh, ada ponsel android yang support koneksi OTG (OnTheGo) dan jyga tidak, yang mana perangkat posnel pintar yang mensupport OTG bisa mendeteksi hardware eksternal seperti flashdisk, Keyboard eksternal USB, Mouse Pad dan lain sebagainya, namun di sisi lain masih banyak ponsel android yang tidak support OTG, hal itu dikarenakan versi kernel yang berbeda.

Dengan menggunakan versi kernel lebih tinggi, maka diharapkan semua perangkat eksternal bisa terdeteksi. Kernel bisa dianalogikan juga sebagai driver antara hardware internal ponsel dengan perangkat eksternal, semakin bagus dan tinggi versi kernel tentunya semakin banyak perangkat yang dapat dikenali dan bisa dijalankan, tentunya juga harus disertai sistem yang juga bisa menjalankan perintah kernel tersebut.

Kesimpulannya, kernel di sistem android yang saat ini berjalan dan berbasis Linux sudah semakin canggih menerjemahkan berbagai perintah software dengan hardware. Suatu sistem android berapapun versinya bila tidak disertai dengan versi kernel yang juga tinggi juga akan percuma.

cara lihat kernel version di ponsel android

Untuk anda yang ingin mengecek berapa versi kernel di smartphone miliknya, silahkan masuk ke setting atau pengaturan ponsel, kemudian di bawah sendiri masuk ke menu 'about' atau 'tentang', nah disitulah ada versi kernel yang bisa anda lihat.

Semoga info mengenai arti dan fungsi kernel di sistem android diatas bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon