04/05/2017

Apakah HP ditaruh di Bagasi Motor bisa Meledak ?

Apakah HP ditaruh di Jok Motor bisa Meledak ?, Sudah seringkali kejadian kendaraan bermotor tiba-tiba terbakar yang ditengarai dipicu oleh meledaknya Ponsel yang ada di dalam Bagasi atau Jok Sepeda motor. Bahkan secara dramatisir banyak para Hoax'er mengubah beberapa tampilan gambar yang tidak pada kenyataanya sehingga menjadikan kasus meledak dan terbakarnya sepeda motor terkadang menjadi berita yang terabaikan kebenarannya dalam konteks HP memang bisa meledak bila ditaruh di bagasi motor.

HP ditaruh di Jok sepeda motor

Terjadinya ledakan atau terbakarnya sepeda motor karena dipicu ponsel yang sedang aktif di dalam bagasi sepeda motor sebenarnya bisa terjadi kepada siapa saja, hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah karena ponsel dalam kondisi aktif dalam ruangan yang pengap dan cenderung panas bisa mengakibatkan hardware HP mengalami masalah.

Tentu jarang terjadi kejadian terbakarnya sepeda motor karena menaruh ponsel di dalam Jok dari sekian juta pemakai ponsel yang pernah melakukannya. Akan tetapi kehati-hatian dan perlu tahunya kondisi ponsel hanyalah dari sisi si pemainya itu sendiri.





Penjelasan mengapa ponsel bisa terbakar di dalam bagasi sepeda motor bisa dijelaskan secara ilmiah seperti di bawah ini :

1. HP dalam kondisi aktif dan terhubung ke sambungan data Internet berkualitas 3G/4G akan memperbesar peluang suhu panas yang dihasilkan komponen HP semakin tinggi, apalagi ditambah suhu ruangan di bagasi yang pengap tanpa ventilasi sirkulasi udara.

Bila ponsel dalam kondisi fit dan Normal (dari sisi kinerja hardware) tentunya tidak akan menjadi masalah berapapu panas yang dihasilkan asal masih dibatas standar pabrikan, Namun apabila hardware tidak kuat menahan panas berlebih karena pengapnya udara bagasi sepeda motor ditambah suhu mesin yang membuat ruangan Jok semakin panas bisa berakibat gagalnya kinerja komponen HP dan akhirnya terjadi ledakan, minimal ponsel akan mati karena meledaknya salah satu komponen.

Kejadian bisa bertambah parah apabila setelah terbakarnya salah satu komponen ponsel tidak segera padam dan membakar cassing plastik ponsel, tentunya bisa ditebak semua isi bagasi sepeda motor akan ikut terbakar tanpa diketahui secara dini ioleh si pemilik kendaraan yang sedang melaju.

2. Ketika meletakkan ponsel di jok Motor dengan keadaan tercolok ke Power Bank juga berpotensi menyebabkan terbakarnya ponsel. Dalam kondisi pengisian daya arus yang keluar keluar dari powerbank dan masuk ke baterai ponsel bisa meningkatkan suhu secara drastis, apalagi dalam kondisi ruangan tertutup rapat dan tambahan suhu dari mesin kendaraan yang sedang melaju akan semakin menambah potensi terbakarnya ponsel.

3. Komponen HP rentan terhadap benturan secara terus menerus maka dari itu ketika meletakkan ponsel di bagasi motor dalam kondisi bagasi kosong sangat berpotensi menyebabkan benturan antara ponsel dan bodi Jok motor yang sedang melaju, apalagi medan yang bergelombang dalam berkendara akan menambah potensi HP terbentur secara terus menerus dengan keras yang berakibat kegagalan fungsi komponen sampai terjadinya konsleting dalam ponsel.

Menilik beberapa sebab yang memungkinkan terjadinya motor terbakar karena sering meletakkan HP di dalam jok sepeda motor diatas tentunya langkah antisipatif bisa diambil diantaranya sebagai berikut,

1. Lebih baik matikan dahulu ponsel sebelum meletakkan di bagasi sepeda motor

2. Bila tidak ingin mematikan ponsel maka matikan saja sambungan datanya agar suhu panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi

3. Jangan meletakkan HP dalam Jok dalam keadaan terhubung ke pengisi daya atau PowerBank

4. Pastikan letak dan dudukan ponsel, letakkan HP dengan pengamanan dari benturan yang berulang seperti memberi bantalan khusus yang empuk dari spon atau sejenisnya

5. Pastikan juga baterai ponsel masih bagus kondisinya, jangan meletakkan HP di jok mtr dengan kondisi baterai HP yang sudah melembung dan rentan meledak

6. pastikan bila anda dalam perjalanan jauh sesekali untuk berhenti dan melihat kondisi HP di dalam bagasi sepeda motor apakah suhu ponsel masih normal ataukah berlebihan, bila panas berlebih silahkan matikan ponsel anda.

Kesimpulannya, tidaklah mengapa menaruh Ponsel di jok sepeda motor tapi dengan disertai kehati-hatian dengan memperhatikan beberapa kondisi seperti keadaan ponsel, baterai, ventilasi Jok dan lain sebagainya agar aman dari kebakaran dan ledakan dari perangkat elektronika tersebut, Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon