29/05/2017

Cara Mudah Mengetahui HP Android Support USB OTG atau tidak?

Bagaimana Cek Android Support USB OTG ataukah tidak?, Mempunyai ponsel Android yang mensupport sambungan USB OTG tentu sangat bermanfaat untuk melakukan koneksi dengan perangkat lain seperti Flashdisk, GamePad, Mouse, keyboard portable dan lain sebagainya. Namun terkadang banyak pengguna HP Android yang tidak tahu apakah ponselnya bisa untuk OTG atau tidak, Nah bagaimana cara mengeceknya?

cara mengecek HP android support USB otg atau tidak

Sebelum Admin membahas tentang cara mengecek perangkat android apakah support sambungan OTG atau tidak sebaiknya pembaca detikinfo harus tahu dahulu apa itu OTG dan apa sebenarnya fungsinya.

Sambungan USB OTG kepanjangan dari On-The-Go yaitu fitur dari sebuah sistem yang dihandle oleh kernel android yang mana fungsinya untuk memfungsikan USB Host mengaktifkan power dan mengontrol perangkat lain yang ditancapkan di ponsel android. Perangkat yang umum dikenali dalam sambungan USB OTG diantaranya Mouse, keyboard USB, Game controller, flashdisk dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur OTG USB di perangkat android maka pengguna ponsel dengan mudah melakukan aktifitas seperti memindah data dari memori internal ponsel ke flashdisk, atau juga bisa menggerakkan kursor di layar ponsel android dengan bantuan mouse optic USB atau bahkan anda bisa bermain game dengan bantuan game controller layaknya di PC. Jadi banyak sekali keuntungan yang didapat ketika smartphone memiliki fitur support OTG.

2 Cara Melihat Android Support USB OTG


Nah, bagi anda yang belum bisa atau bahkan tidak mengetahui apakah ponsel yang ada di saku anda saat ini mendukung fungsi OTG atau tidak silahkan simak tipsnya di bawah ini.

Tips pertama cek OTG




1. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi Easy OTG Checker yang bisa diunduh di Play Store

2. Setelah mengunduh aplikasi tersebut silahkan install dan jalankan

3. Silahkan coba menancapkan flashdisk ke ponsel melalui sambungan Kabel OTG, sekarang sentuh ikon tanda tanya atau Question mark

cara ketahui android support OTG USB atau tidak

4. Nantinya Easy OTG Checker akan mendeteksi apakah USB yang tertancap kompatible ataukah tidak dengan android anda, kalau iya akan ditampilkan tanda centang warna hijau dan ada notifikasi tipe flashdisk yang tertancap ( lihat contoh gambar)

5. Namun bila ada tanda silang merah berarti USB OTG tidak support di ponsel dan perangkat flashdisk yang tertancap.

Tips Kedua cek OTG

1. Nah cara kedua ini adalah paling mudah dilakukan tanpa menggunakan aplikasi apapun karena sistem android sendiri sebenarnya sudah ada petunjuknya dan jarang sekali diperhatikan oleh penggunanya

2. Silahkan masuk ke menu pengaturan ponsel (setting)

3. Kemudian masuk ke menu Penyimpanan

cara mengetahui android support OTG ataukah tidak

4. geser agak ke bawah layar dan lihat apakah ada tulisan 'penyimpanan USB eksternal' ataukah tidak, tulisannya memang masih remang-remang yang berarti belum ada perangkat yang terhubung ke USB OTG

5. Bila tidak ada tulisan Penyimpanan USB eksternal atau kata-kata sejenisnya maka dipastikan perangkat android sobat tidak support OTG USB.

Mungkin sekian dulu pembahasan admin DetikInfo tentang cara mudah memeriksa Ponsel android Support sambungan USB OTG ataukah tidak, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon