24/05/2017

Cara Mudah Hindari Hacker dan Virus Meretas Smartphone

Cara Cerdas Ponsel terhindar dari Hacker dan Virus di smartphone, Sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini banyak malware yang menyerang smartphone dengan berbagai cara, ada menyusup melalui aplikasi yang terinstall, ada yang menggunakan jaringan Wireless, ada yang menggunakan umpan iklan yang menggoda dan cara-cara lainnya, yang mana korban dari ulah pembobol sistem tersebut sudah banyak memakan korban Peretasan.

cara menghadang virus masuk ke smartphone

Para peretas layaknya Hacker atau cracker seringkali membuat kamuflase (menyamarkan diri) ketika ingin menginjeksi perangkat korban. Sebenarnya tidak akan bisa suatu sistem akan kemasukan virus apabla pengguna tidak mengijinkannya masuk, itulah logikanya.

Namun lain di kenyataan, banyak saat ini berbagai celah untuk masuk ke sistem pengguna smartphone yang salah satunya dari sebuah aplikasi unduhan dan dari link khusus yang disebar oleh pembuat virus. Ketika aplikasi tersebut terinstal tentunya pengguna Ponsel pintar akan beranggapan apa yang dipasangnya memang berfungsi seperti deskripsi aplikasi, paddahal di balik script code yang berjalan bareng dengan jalannya aplikasi akan membuat akses kusus masuk ke mode administrator tanpa diketahui pemilik smartphone, nah masuklah virus atau malware dan menjalankan tugasnya.

TIPS MENGHINDARI PERETAS DAN VIRUS DI SMARTPHONE


Di bawah ini ada tips mudah dan sederhana yang bisa dilakukan oleh semua pengguna smartphone, baik itu android, ponsel iPhone, Blackberry maupun tipe Ponsel dengan OS lainnya agar terhindar dari celah masuknya malware maupun peretas ke sistem ponsel.





1. Hati-Hati Unduh aplikasi

Hal pertama yang umum dilakukan pemilik ponsel pintar saat ini adalah senang mendownload aplikasi karena memang saat ini ribuan app gratis sudah banyak beredar dengan fitur yang menggoda pengguna smartphone.

Nah, hal yang paling penting untuk menghindari masuknya peretas, hacker maupun malware ke ponsel kita yaitu dengan memilih aplikasi secara selektif dan strore yang terpercaya semisal google Play.

Bagaimana melihat aplikasi itu tidak mengandung malware atau virus ?, mudah saja, silahkan lakukan pencarian kata kunci di mesin pencari seperti google untuk mengetahui review aplikasi tersebut, apakah penggunanya sudah banyak, bagaimana review para penggunanya dan lain sebagainya. Untuk mengetahui feedback pengguna lain bisa ddilihat ddari beberapa komentar di beranda aplikasi yang ingin diunduh, silahkan baca sampai detail bagaimana kesan para pengunduh tersebut apakah bagus atau tidak, bila banyak yang memberikan feedback jelek silahkan tinggalkan aplikasi dan jangan diunduh.

2. Berhati-hati berada di WiFi Umum

Tempat Hotspot di tempat umum bisa menjadi akses masuk sebuah malware atau aksi peretas melanccarkan aksinya. Ketika anda mendapati ada SSID atau nama Hotspot di area umum dan tidak dilengkapi sistem enkripsi seperti WPA/WPS serta dapat masuk dengan mudah karena memang tidak dikunci, berhati hatilah.

Salah satu akses masuk paling mudah pada jaringan umum yang tidak terenkripsi sangat rawan menghandle sistem anda dari jarak jauh karena umumnya sharing data disetting dengan opsi Publik lalu Bisa jadi pencurian data di ponsel anda akan terjadi dan dilakukan pihak lain tanpa anda sadari.

3. Jangan ROOT sistem




Banyak sekali aplikasi yang menawarkan berbagai fitur menarik yang tidak bisa digunakan pada sistem yang masih Normal. DDimana aplikasi tersebut mengharuskan pengguna smartphone melakukan ROOT agar akses administrator ke sistem root bisa dihandle oleh aplikasi dan fiturnya bekerja secara sempurna.

Banyak kejadian Bobolnya sistem android karena pengguna melakukan root terhadap sistem. Mengapa root berbahaya bagi keamanan sistem ?, karena dengan kondisi ponsel ter-root maka semua akses masuk yang sebelumnya dihalangi oleh mode administrator akan terbuka, disitulah peretas mudah melakukan aksinya.

4. Selalu Update Sistem Operasi

UPDATE OS ANDROID AGAR TERHINDAR VIRUS

Melakukan Update operating System merupakan langkah tepat karena akan menambal beberapa celah dan memperbaiki Bug atau kesalahan program yang ada di versi sebelumnya.

Dengan melakukan update sistem operasi dengan versi terbaru yang direkomendasikan pabrikan smartphone maka jalan untuk masuknya malware, virus dan aksi peretasan bisa diminimalisir. Jadi jangan ragu untuk melakukan update sistem di ponsel anda.

Bagaimana cara update sistem di android, masuk ke menu setting, kemudian di opsi bawah sendiri pilih 'about phone' dan disitulah ada opsi untuk Software update.

5. Enkripsi ponsel

ENKRIPSI DI PONSEL ANDROID

Nah, cara yang terakhir ini memang jarang dilakukan pemilik smartphone android, dimana jarang digunakannya opsi enkripsi di sistemnya.

Mengapa jarang digunakan, padahal dengan meng-enkripsi sistem bisa menjadikan sistem aman dari pembobolan data oleh peretas ?, sebab dengan melakukan enkripsi maka sistem akan lebih lambat kinerjanya dan boros akan asupan daya baterai.

Nah, silahkan lakukan beberapa langkah diatas untuk mencegah masuknya virus, malware atau pembobol data di smartphone anda, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon