10/06/2017

Apa Penyebab RAM Android Cepat Habis dan bikin HP Lemot?

RAM atau Random Access Memory merupakan hardware yang mempunyai fungsi vital untuk membantu kinerja Prosesor smartphone agar bekerja lebih optimal, tidak lekas panas dan menurun kinerjanya. Kapasitas RAM besar di smartphone mempunyai keunggulan tersendiri dari segi kinerja ponsel itu sendiri.

Banyak pengguna Smartphone Android yang merasa lambat laun kinerja gadgetnya semakin menurun dan lemot, umumnya hal tersebut disebabkan berkurangnya Kapasitas RAM sehingga alur proses aplikasi dan sistem didalam hardware harus ditangani lebih serius oleh prosesor sebagai otak utamanya.

Apa Penyebab RAM Android Cepat Habis dan bikin HP Lemot?

RAM mempunyai arti penting untuk menyimpan data sementara serta aktifitas sistem berdasarkan alur tertentu, dalam satu contoh mudah bila anda membuka satu aplikasi maka segala aktifitas di aplikasi tersebut akan terekam oleh Memori RAM untuk kemudian dikirim ke prosesor untuk diolah dan ditampilkan hasilnya ke pengguna, semakin banyak anda membuka suatu aplikasi maka semakin banyak pula space RAM yang dibutuhkan.

Bila kapasitas memori RAM di ponsel sudah hampir habis dan tersisa beberapa puluh MB saja, maka bisa dipastikan ponsel akan menurun kinerjanya disebabkan beberapa 'pekerjaan' RAM yang belum dituntaskan oleh prosesor semakin bertumpuk, Namun bila prosesor mampu mengatasinya dengan cepat maka jumlah kapasitas Memori RAM akan kembali banyak dan siap untuk menerima inputan aplikasi atau perintah sistem lainnya.

Penyebab RAM Cepat Habis

Kembali ke topik utama diatas, apa saja penyebab ponsel cepat kehabisa space RAM sehingga membuat smartphone android lemot dan kurang responsif?, yuk simak beberapa jawabannya di bawah ini.

1. Aplikasi yang berjalan




Sebab yang paling sering terjadi untuk RAM yang cepat habis terkuras adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di background dan belum tertutup sempurna.

Maksudnya, ketika anda membuka satu aplikasi dan menutupnya dengan tombol Home maka sejatinya app tersebut tidaklah tertutup dengan sempurna melainkan masih bekerja di background atau di balik layer sistem yang tidak anda ketahui, sehingga ketika pengguna ponsel membuka satu aplikasi atau lebih dan henya menutupnya dengan tombol Home maka RAM akan semakin cepat habis terkuras dan walhasil Smartphone semakin lambat kinerjanya.

2. Aplikasi Online

sebab hp lemot dan ram berkurang

maksudnya disini adalah rata-rata aplikasi berbasis Online seperti Facebook, BBM, Whatsapp, Line, Instagram, Twitter dan lain sebagainya menjadi penyebab banyaknya memori RAM berkurang drastis.

Contoh, di ponsel terpasang aplikasi Facebook dan anda sudah terhubung ke akun, maka meskipun anda keluar dari aplikasi tersebut tanpa keluar dari akun sebenarnya facebook masih selalu aktif dan berjalan untuk proses sinkronisasi data seperti menyinkronkan notifikasi, pembaruan aplikasi, perpesanan (messenger) dan segala proses yang secara otomatis diaktifkan oleh facebook dan membutuhkan koneksi data internet. Semakin sering anda berkomentar, membuat status dan banyak mengikuti teman di FB maka seakin banyak asupan RAM digunakan secara terus menerus.

Belum lagi beberapa aplikasi online yang terpasang di ponsel, semakin banyak semakin mempersempit Ruang memori RAM sehingga kinerja smartphone semakin lambat.

3. Banyaknya aplikasi




Ini juga termasuk penyebab RAM ponsel kehabisan Space yaitu banyaknya aplikasi yang terinstall di smartphone. Mengapa demikian, karena sistem akan seccara berkala mempersiapkan dan melakukan indek file aplikasi dengan memanfaatkan RAM sebagai 'pembacanya'. Oleh sebab itu semakin sedikit aplikasi maka semakin responsif dan cepat smartphone dijalankan.

4. Banyaknya File

Banyaknya file di memori internal maupun eksternal seperti foto, video, lagu dan lain sebagainya juga menjadi penyebab RAM berkurang. deretan file di dalam memori internal maupun eksternal juga akan diinddex secara berkala dan selalu dalam 'pengawasan' sistem dan pembacaannya dilakukan oleh RAM.

5. Kecepatan Prosesor

Disamping jumlah kapasitas RAM yang besar, Prosesor di smartphone juga berpengaruh terhadap kinerja RAM itu sendiri. Semakin bagus struktur dan kecepatan prosesor maka semakin cepat pula RAM melakukan pekerjaannya untuk membaca file dan mengirimkan ke prosesor yang akhirnya RAM cepat melonggarkan kapasitasnya.

Jadi walau smartphone mempunyai Kapasitas RAM besar namun bila Kecepatan prosesor tidak bagus maka percuma saja, Kedua perangkat tersebut satu sama lain saling melengkapi kinerjanya satu sama lain.

6. Bermain Game dan Memutar Video

Beberapa permainan Game berat sangat menguras memori RAM, begitu pula membuka file video dengan durasi panjang dnegan ukuran file besar semakin menambah beban kinerja RAM.

Itulahh diataranya beberapa penyebab kapasitas RAM sering berkurang drastis dan menyebabkan smartphone Lelet serta kurang responsif semoga ulasan admin bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semua.


Emoticon Emoticon