01/06/2017

Cara Mudah Bikin Awet Baterai HP dan tidak Melembung

Baterai Ponsel yang awet dan Tidak lekas Habis tentu menjadi dambaan para pengguna ponsel, dimana sering kali kesalahan perawatan baterai HP berawal dari kesalahan pengguna dalam memperlakukan ponsel dan akibatnya Baterai menjadi Drop bahkan sampai melembung. Pada sesi kali ini admin akan memberikan Tips mudah tentang cara membuat baterai ponsel awet dan jauh dari kondisi baterai Melembung.

Baterai merupakan perangkat penting untuk mensuplai daya listrik berbagai komponen yang ada di ponsel. Dengan daya tahan baterai yang kuat tentunya lifetime ponsel ketika digunakan untuk beraktifitas akan semakin lama.

membuat baterai tidak melembung

Baterai Ponsel yang berbentuk kotak lempeng mengeluarkan output 3,7 Volt dengan daya yang beraneka kapasitasnya, mulai yang berdaya kecil sampai daya besar atau saat ini sering dinamai dengan baterai double power.

Kesalahan pemakaian ponsel menjadi pemicu utama menurunnya kinerja baterai dan rusak sebelum waktunya. Baterai sendiri mempunyai lifetime yang berbeda-bedda sesuai dengan kualitas setiap cell yang tertanam di dalamnya. Umumnya semakin bagus kualitas baterai maka semakin mahal pula harganya.

Cara Bikin Baterai Awet dan tidak Melembung


Kembali pada topik diatas tentang bagaimana membuat baterai ponsel kita awet dan tahan lama?, simak tipsnya di bawah ini.




1. Bila ingin melakukan pengisian daya baterai maka jangan menunggu prosentasi daya yang ada di layar menunjukkan angka di bawah 10 Persen. Banyak yang beranggapan bahwa melakukan pengisian daya harus dalam kondisi baterai habis baru diisi, itu salah besar.

Baterai jaman sekarang berbeda tipe dengan baterai ponsel jaman jadul, dimana rata-rata sudah menggunakan tipe Lithium ion maupun Lithium Polymer untuk cell-nya. Jadi tidak ada tegangan balik yang dihasilkan walaupun anda melakukan charging walau umpama masih 50 persen bahkan 90 persen sekalipun.

cara buat baterai ponsel tidak lekas melembung

Seringnya melakukan pengisian daya menunggu prosentase di bawah 10 persen akan memaksa cell-cell baterai berkerja lebih keras dibanding anda mengisinya sebelum kehabisan daya. Bahkan dallam banyak kasus, charging tidak akan bisa mengisi daya baterai bila kondisi cell baterai sudah menurun, jadi jangan tunggu sampai habis baru mengisi agar baterai awet dan tahan lama.

2. Jangan melakukan proses panggilan (call), bermain game dan menjalankan aplikasi berat ketika smartphone dalam kondisi charging. Hal tersebut akan membuat kinerja baterai menurun dan rawan kerusakan cell didalamnya yang pada akhirnya baterai lebih cepat melembung sebelum masa pakainya berakhir.

3. Lihatlah kualitas sinyal di jaringan selular, bila dalam kondisi lemah signal jangan memaksa menggunakannya untuk aktifitas Internet, mengapa demikian?, Daya baterai akan banyak dialokasikan untuk mencari dan menstabilkan kualitas jaringan agar terus terhubung, semakin lemah signal didapat maka semakin banyak pula asupan daya baterai akan cepat terkuras. Bila hal tersebut sering dan terus berulang maka baterai lambat laun akan semakin menurun kinerjanya




4. Jaga suhu baterai dan ponsel tidak terlampau panas, dimana suhu komponen dan baterai yang terlampau panas juga bisa berpengaruh terhadap daya tahan dan kinerja baterai.

5. Matikan koneksi internet yang berkualitas jaringan 3G maupun 4G bila tidak sedang digunakan. selain menghemat daya baterai tentunya kondisi cell-cell dalam baterai akan terjaga kesehatannya.

6. Berhati-hati dalam memilih alat pengisi daya (charger), teliti dengan seksama berapa daya output yang dikeluarkan. Lebih baik selalu bawa charger original bawaan ponsel karena sudah teruji kestabilan dan kinerjanya.

7. Jangan sering menggunakan alat pengisi daya baterai portable atau PowerBank, Anda tidak akan tahu secara pasti berapa output yang dikeluarkan PowerBank tersebut walaupun di bodinya sudah tertera nilainya. Gunakan saja perangkat pengisi daya portable seperlunya, Banyak kejadian rusaknya Baterai ponsel disebabkan sering menggunakan powerbank untuk pengisian arus.

8. Sesekali lakukan kalibrasi ulang terhadap Baterai ponsel, Banyak sekali aplikasi untuk kalibrasi baterai yang beredar di Play Store, Gunanya tentu untuk mengkalibrasi atau mengukur ulang secara presisi daya tegangan dan display yang nanti ditunjukkan di layar ponsel.

Mungkin Tips tentang membuat awet Baterai ponsel dan menghindari baterai melembung diatas bermanfaat untuk pengguna smartphone khususnya dan pembaca DetikInfo umumnya, terima kasih.


Emoticon Emoticon