28/06/2017

Menghapus Data Android Jarak Jauh dikala HP Hilang



Kehilangan Ponsel Android kesayangan memang menyedihkan apalagi didalamnya ada beberapa data penting yang tidak semua orang boleh melihatnya. Mungkin sebagian besar pemilik ponsel android yang baru saja kehilangan HP ingin sekali menghapus semua data yang ada meskipun jarak jauh namun bingung bagaimana caranya dan apa mungkin bisa dilakukan?

Menghapus Data Android Jarak Jauh dikala HP Hilang

Android sebagai sistem operasi paling populer saat ini memang sudah menyediakan berbagai fitur untuk kebutuhan penggunanya disaat darurat seperti kala kehilangan ponsel. Sistem android yang canggih ini bisa dengan mudah menemukan ponsel anda kembali lengkap dengan map (peta) yang siap memandu untuk mencari letak ponsel saat itu juga.

Namun yang namnya sistem tentunya harus ada campur tangan pengguna di awal penggunaannya. Maksudnya, tidak akan bisa ponsel yang hilang tersebut diketemukan dengan beberapa tidakan manual yang harus disetujui oleh penggunanya di awal settingan, seperti contoh walau pemilik ponsel tidak akan tahu kapan ponselnya hilang namun si pemilik android harus sudah berisap melakukan setting dan mengaktifkan opsi pelacakan jarak jauh (pengaturan akses lokasi). Tanpa meng-enable fitur akses lokasi maka mustahil ponsel akan terlacak dikarenakan adanya 'campur tangan' GPS dalam hal lacak-melacak ini.

Cara Hapus Data Android Jarak Jauh


Kembali ke pembahasan topik diatas, bagaimana caranya agar data di HP yang hilang bisa dihapus dari jarak jauh?, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. silahkan unduh aplikasi Find My Device dan install di ponsel android milik teman atau family, aplikasi bisa didownload dari play store atau langsung ke tautan ini : Find My Device




2. Setelah itu silahkan masuk ke aplikasi, masukkan akun Email yang anda gunakan di ponsel yang hilang (jangan sembarang akun), Harus ingat user dan kata sandi akun Gmail karena tanpa akun tersebut maka proses pelacakan tidak akan berhasil.

3. Setelah berhasil masuk, akan tampak Maps dengan keterangan dibawahnya, bila ponsel yang hilang masih terhubung ke sambungan data dan belum berubah akunnya maka akan ada tanpa tulisan oline, namun kalau ponsel misalnya sedang off akan ada keterangan kapan terakhir kali ponsel tersebut terlacak di Map.

4. Nah, bersukurlah apabila ponsel saat itu sedang online atau setidaknya baru saja menyala beberapa saat yang lalu, Nantinya ada 3 opsi yang bisa anda pilih di fitur Find My Device seperti :

opsi dan fitur find my device

a. Play Sound

Fungsi fitur play sound di aplikasi ini yaitu menyalakan suara android yang hilang dari jarak jauh dengan tingkat volume tertinggi. Walaupun ponsel dalam keadaan Slent atau membisu tetap bisa berdering dengan kencang.

Bila anda ingin mencobanya dahulu, silahkan penccet opsi ini, siapa tahu HP yang hilang tadi hanya terselip di dekat anda, kan percuma langsung kita delete datanya.

Baca : Tips Mencari HP Xiaomi Hilang

b. Lock

Fungsi Lock di aplikasi Find My Device adalah untuk mengunci android dari jarak jauh. Dimana nantinya di dalam opsi Lock anda bisa mengisi password untuk membuka ponsel ketika ketemu dan anda juga bisa menampilkan pesan plus nomor telephone yang bisa dihubungi oleh pihak si penemu di fitur Lock ini.

c. Erase

Nah, kalau yang ini adalah fitur yang digunakan untuk menghapus data android dari jarak jauh, semua data seperti aplikasi dan galeri akan terhapus semua dengan satu kali klik.

5. Bila opsi Play Sound dan Lock tidak anda gunakan serta ingin tetap menghapus data dari jarak jauh dengan lasan tertentu maka pilih opsi Erase. Nantinya walau ponsel tidak dalam kondisi on saat itu juga namun bila suatu saat nanti telah terhubung ke sambungan data dan ternyata online maka proses penghapusan akan dilakukan otomatis oleh aplikasi ini.

Bagaimana, mudah bukan cara menghapus data android ddari jarak jauh menggunakan aplikasi Find My Device?, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon