22/07/2017

5 Cara Mencari Uang di Internet

Bukan hanya sebagai media penyedia informasi, internet kini telah bertransformasi menjadi ladang empuk bagi para pencari uang. Di belantara dunia maya, ternyata ada banyak kesempatan untuk mengeruk keuntungan yang lumayan besar. Tentu saja, hal ini hanya bisa dilihat oleh mereka yang jeli mencari celah.

Masalahnya, banyak orang tidak berani mencoba untuk mengeksplorasi potensi yang ada tersebut. Tantangannya sebenarnya remeh, yaitu ketidakmauan untuk belajar. Padahal, apa pun yang ditekuni akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, termasuk ketika berurusan dengan internet. Nah, berikut adalah 5 aktivitas yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang bisa Anda lakukan di dunia maya.


1. Monetisasi Blog

Cara ini terbilang sangat klasik. Sejak dahulu hingga sekarang, banyak orang telah mencoba mencari peruntungan melalui aktivitas menulis di blog. Pendapatan seorang blogger sangat bervariasi. Namun, sebagian besar blogger masih berada dalam kategori penghasilan 0 hingga Rp500.000. Di sisi lain, tidak sedikit pula yang bisa mencapai penghasilan di atas Rp10.000.000 dari aktivitas blogging.

Pada dasarnya, tidak ada ilmu yang luar biasa untuk mengelola blog. Perbedaan keberhasilan ini justru terletak pada konsistensi penulis. Intinya, seberapa banyak usaha yang dicurahkan untuk mengelola blog tersebut, sebesar itu pula hasil yang akan didapatkan. Dalam hal ini, Anda tentu perlu lebih banyak paket internet yang sesuai dengan karakter Anda.

cara monetize blog
Source - pexels
Lantas, bagaimana cara agar uang bisa mengalir masuk melalui blog Anda? Salah satunya adalah dengan melakukan monetisasi. Artinya, Anda bekerja sama dengan pengiklan sehingga blog bisa disisipi iklan yang senada dengan posting-an di blog. Pendapatan pun bisa dihitung dengan berbagai metode, misalnya dengan metode pay per click.

Untuk memaksimalkan pendapatan dari blog, hal mendasar yang wajib Anda lakukan adalah selalu memperbarui konten blog. Semakin aktif menulis dan berinteraksi dengan sesama blogger, peluang untuk memperoleh keuntungan pun akan semakin besar.

2. Berjualan Online

jualan online
Source - pixabay
Jumlah para pemilik toko online semakin meningkat belakangan ini. Hal ini didorong oleh berubahnya gaya hidup masyarakat modern, termasuk juga gaya berbelanja. Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli secara online karena terasa lebih praktis dan mudah.

Selain itu, keuntungan besar yang didapatkan oleh para pemilik toko online pun menjadi alasan tersendiri yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, mereka tidak perlu membayar sewa gedung dan biaya operasional lainnya. Biaya utama yang perlu dibayar adalah membeli pulsa atau paket internet sebagai senjata untuk online, baik untuk memasarkan produk maupun sekadar menjawab pertanyaan para calon konsumen. Namun, hal ini tak perlu dirisaukan karena saat ini tersedia paket internet semua operator di Traveloka. Biaya jualan juga jadi lebih hemat karena adanya paket kuota yang murah dari Traveloka ini.



Sebelum memulai berjualan online , Anda terlebih dahulu perlu mempertimbangkan produk yang hendak dijual sesuai dengan potensinya. Keuntungan berbisnis online terbilang cukup besar, asalkan Anda berani keluar zona nyaman. Tak bisa dimungkiri, persaingan yang akan dihadapi pasti cukup ketat. Namun, dengan strategi penjualan yang tepat dan menarik, Anda pasti bisa mengatasinya.

Baca juga :
* Ini Alasan mengapa toko Online Sepi Pembeli dan cara Mengatasinya
* Beberapa Kendala di awal memulai Bisnis Online

3. Menjual Jasa Secara Online

jual jasa online
Source - pixabay
Sebenarnya, konsepnya hampir sama dengan menjual jasa di dunia nyata. Hanya saja, Anda tidak perlu pergi ke mana-mana untuk memperkenalkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Cukup dengan duduk manis, Anda bisa mengarahkan orang lain yang membutuhkan jasa tersebut untuk datang dan memesan.

Tentu saja, ini tidak terjadi dalam waktu sekejap. Diperlukan ketekunan dan konsistensi supaya jasa Anda dikenal secara luas. Jasa yang bisa ditawarkan antara lain jasa untuk menulis konten, jasa untuk membuat template blog, jasa untuk mendesain, dan sebagainya. Nah, melalui jaringan pada internet, keberadaan Anda akan lebih mudah ditemukan dan dikenal. Artinya, kesempatan untuk mendapatkan proyek pun semakin besar.

Sekali berhasil memuaskan klien yang mempekerjakan Anda, tawaran baru akan terus berdatangan. Intinya, jagalah kualitas dan komunikasi yang baik sehingga klien tetap merasa istimewa dan semakin loyal.

4. YouTube

youtube
Source - pixabay
Saat ini, YouTube sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, khususnya anak-anak muda. Tak mengherankan, ada banyak video menarik yang tersedia di YouTube, mulai dari yang menghibur hingga inspiratif. Tak terhingga pula jumlah orang yang mengunjungi YouTube setiap hari. Seiring dengan itu, peluang untuk meraih uang terbuka sangat lebar.

Untuk itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan konten yang diunggah akan memancing respons banyak orang. Semakin viral, akun YouTube Anda pun akan semakin populer. Tentu saja, Anda memerlukan paket internet untuk melakukan upload video maupun sekadar memantaunya. Setelah dirasa cukup layak, Anda bisa mendaftarkan diri di Google Adsense. Iklan yang masuk ke akun Anda inilah yang akan menjadi sumber pemasukan.

Baca Juga :
* 5 Youtuber Indonesia Berpenghasilan Jutaan Rupiah
* Cara Lihat Youtube Tanpa Koneksi Internet

5. Reviewer

reviewer
Source - pixabay
Saat ini, profesi sebagai reviewer semakin banyak digeluti. Bukan hanya karena menguntungkan, tetapi juga karena pekerjaan ini biasanya berhubungan dengan hobi seseorang. Dengan menjadi reviewer, Anda memandu netizen untuk mencoba sebuah produk atau jasa yang awalnya masih asing baginya. Contohnya, mencoba memesan pulsa melalui Traveloka.

Pekerjaan reviewer sesungguhnya tidak terlalu berat. Anda hanya perlu mencoba, baik produk atau jasa, lalu menuliskan pengalaman tersebut dalam sebuah posting-an blog, status Facebook, atau posting-an Instagram. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk jujur sekaligus bisa menarik minat banyak orang.

Kadang kala, reviewer juga diganjar dengan produk tertentu, tetapi tak sedikit yang dikontrak khusus untuk mempromosikan produk secara eksklusif. Tentu saja, dengan bayaran yang tidak sedikit. Namun, Anda perlu memiliki popularitas di dunia maya sehingga pemilik produk atau jasa tertarik untuk merekrut Anda sebagai reviewer.

Internet adalah era baru yang menawarkan berbagai kemungkinan, termasuk untuk mendapatkan penghasilan. Internet juga memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan. Dalam situasi tersebut, Anda perlu bijak menentukan posisi, apakah bisa mencuri kesempatan berharga sehingga mendapatkan keuntungan atau hanya menjadi penonton yang tidak kebagian apa-apa.


Emoticon Emoticon