05/07/2017

Apa Beda Data dan Cache di Aplikasi Android ?

Ketika pengguna android menginstall dan menjalankan aplikasi maka akan tercipta sebuah file data serta Cache dari aplikasi tersebut. Banyak diantara pemilik smartphone android yang tidak tahu bahkan tidak mau tahu apa itu data dan apa itu cache di settingan aplikasi. Padahal dengan mengetahui beda antara keduanya nantinya tidak akan terjadi problem dalam melakukan pengaturan apikasi.

Bila anda menelusuri pengaturan ponsel dan masuk ke settingan aplikasi, coba buka salah satu saja aplikasi dan disana ada tombol yang bertuliskan 'Clear Data' dan 'Clear Cache' dimana kedua fungsi tombol tersebut tentunya berbeda satu dengan lainnya.

beda data dan cache di android

Lalu apa sebenarnya beda antara Cache dan Data di aplikasi itu?


Data aplikasi

Data Aplikasi merupakan sekumpulan pengaturan dan data dari sebuah aplikasi, yang mana bisa memuat data Login, Password akun, Data statistik aplikasi, versi dari aplikasi dan lain sebagainya.

Ketika anda memilih untuk menghapus data dari sebuah aplikasi maka aplikasi tersebut akan kembali ke kondisi default, dimana semua pengaturan yang anda lakukan sebelumnya akan hilang, begitu pula contohnya aplikasi facebook, nantinya ketika sudah terhapus datanya akan kembali ke versi default dan juga data password, username dan segala pengaturan yang sudah ditetapkan hilang.

Jadi fikirkan dahulu sebelum memutuskan untuk menekan tombol 'clear data', namun adakalanya pengaturan ulang ini bermanfaat bagi pengguna android bila merasakan adanya error di aplikasi yang dijalankannya maka bisa memilih opsi Clear data sebagai jalan keluar memperbaiki aplikasi error tersebut.

Cache Aplikasi

Cahce merupakan sekumpulan data yang tercipta secara otomatis ketika anda menjalankan berbagai aktifitas di sebuah aplikasi. Cache berfungsi sebagai data sementara yang bisa mempercepat kinerja dan loading ketika membuka menu dan action yang sama dari sebuah aplikasi.



Contoh dari aksi cache yang seringkali anda gunakan tapi tidak anda sadari adalah ketika membuka sebuah browser dan melakukan loading alamat situs tertentu, nantinya bila besok atau suatu saat anda mengunjungi alamat itu kembali maka kecepatan loading akan semakin cepat dari awal mula berkunjung ke situs tersebut. Mengapa demikian?, karena data berupa teks, tautan maupun image yang ada di alamat tersebut sudah tersimpan di perangkat keras (penyimpanan) ponsel yang kemudian diloading kembali tanpa membutukan data internet untuk membukanya, jadi semakin cepat.

Keuntungan membersihkan cache adalah sistem akan semakin ringan dan ruang penyimpanan android juga semakin lega karena banyak file cache yang sudah tidak berguna bisa dihilangkan. Semakin banyak file cache tersimpan di ponsel maka akan semakin memperlambat sistem dan memboroskan daya baterai juga, Hal tersebut terjadi karena prosesor dan RAM akan semakin bekerja keras untuk melakukan index terhadp file-file tersebut.

Efek yang ditimbulkan sesaat setelah cache dihapus sebenarnya tidak terlalu dirasakan, karena nantinya apabila anda membuka aplikasi dan beraktifitas dengannya secara otomatis file cache akan tercipta kembali.

Bagaimana, sudah tahu kan apa itu cache dan data di aplikasi android?, jangan salah dalam memilih opsi hapus cache atau hapus data, gunakan tombol hapus pada opsi tersebut sesuai peruntukannya di ponsel kesayangan anda, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon