08/07/2017

Apa Bedanya Tablet dan HP android itu?



Mungkin pertanyaan diatas terlihat rancu namun memang banyak sekali para pengguna teknologi smartphone yang masih awam banyak menanyakan apa itu beda tablet denga handphone android?, Padahal sama-sama bersistem android mengapa harus dinamakan tablet?. Dalam ulasan kali ini admin akan memberikan jawabannya dengan sederhana agar mudah dimengerti, yuk ikuti ulasan antara tablet dengan Ponsel android di bawah ini.

Apa Bedanya Tablet dan HP android itu?

Seperti banyak persepsi di masyarakat kita pada umumnya, terkadang seseorang membayangkan kalau yang namanya tablet adalah perangkat ponsel dengan ukuran besar yang tidak muat di dalam saku baju sekaligus beranggapan lebih canggih dibanding dengan smartphone yang berukuran kecil segenggaman tangan.

Asumsi yang demikian ada benarnya dan banyak salahnya, lho kok jadi bingung?, tenang saja masih panjang penjelasannya...hehe. Memang benar adanya bahwa Tablet mempunyai bentuk yang besar, bahkan memainkannya harus menggenggam dengan kedua tangan atau menggunakan tumpuan lain layaknya memegang sebuah Laptop mungil.

Persepsi yang salah kaprah yaitu bila beranggapan bahwa perangkat tablet android lebih canggih dari smartphone ukuran normal, ini yang perlu diluruskan dan banyak orang yang ingin membeli perangkat pintar android merasa didorong untuk membeli tablet karena berfikiran lebih canggih dan performanya lebih hebat dari smartphone yang kecil-kecil.

Perbedaan Tablet dengan HP android


Dari segi Ukuran
Lalu apa yang membedakan keduanya? kan sama-sama menggunakan sistem android, mengapa harus dibuat besar dan yang satunya kecil?. Jawaban sederhananya tentu pabrikan akan melirik pangsa pasar dengan segmen pengguna yang berlainan.

Bila anda suka bermain game atau nonton video, coba enak mana menonton dari ponsel seukuran 5 inch atau melihat dengan ukuran layar gede diatas 7 inch?, tentu akan memilih layar yang mempunyai dimensi lebih besar bukan?

Produsen smartphone memecah produknya untuk memenuhi kebutuhan pasar dan animo pembeli, ada orang yang ingin main game dengan nyaman menggunakan perangkat layar besar dan ada pengguna lain yang tidak ingin menggunakan perangkat lebih dari segenggaman tangan agar mudah mobile dan dibawa kemana-mana bahkan bisa masuk ke dalam kantong celana secara mudah.

Segi Kinerja hardware
Semua perangkat elektronik berupa handphone standar dengan tablet hanya bersifat ukuran saja yang membedakan, kalau kita lihat hardwarenya tentu akan mengubah persepsi tentang keduanya.

Rata-rata smartphone canggih saat ini diduduki oleh perangkat android non tablet yang artinya ponsel dengan ukuran normal dengan dimensi layar 5 sampai 6 inchi. Sedangkan tablet diproduksi berperforma standar karena peminatnya hanya segemen tertentu saja seperti penggila Game, pengguna yang suka nonton youtube atau bahkan orang yang suka dengan pekerjaan office jadi semakin mudah dalam mengetik dalam layar lebar.

Jadi hilangkan asumsi bahwa tablet itu lebih canggih, karena kecanggihan smartphone diukur dari nilai Prosesor, RAM yang ada, Fitur yang dibawa dan beberapa aspek penting pendukung lainnya. Jadi bukan karena bentuknya yang besar seperti laptop lalu diasumsikan mempunyai performa yang hebat, itu salah kaprah.

Satu lagi, bila ada dua perangkat yaitu tablet dan HP android yang sama-sama mempunyai spesifikasi hardware yang sama persis, baik itu dari tipe dan ukuran Prosesor, RAM, GPU namun akan berbeda harga karena ukuran layar. Layar tablet mmebutuhkan resolusi lebih tinggi daripada ponsel 5 inchi karena harus merender pixel dengan tinggi dan lebar yang besar untuk menghasilkan gambar yang jernih dan HD seperti yang umum ada di ponsel kecil.

Nah, jadi tahu kan apa sebenarnya beda dari tablet dan HP anddroid itu?, semoga sedikit ulasan diatas bisa bermanfaat bagi pembaca DetikInfo semua.


Emoticon Emoticon