30/07/2017

Apa Efek main Game Android sambil Charge HP?

Kali ini admin DetikInfo akan membahas tentang apa efek yang terjadi ketika bermain game di Ponsel android sambil melakukan Ces (Charge/mengisi daya), Dimana saat ini ribuan game siap untuk dimainkan oleh pengguna smartphone android dan imbasnya tentu pada asupan daya baterai di ponsel yang bersangkutan. Untuk mengetahui apa imbas dari seringnya main game sambil mengisi daya baterai bisa anda simak ulasannya berikut ini.

Apa Efek main Game Android sambil Charge HP?

Kinerja smartphone tidak lepas dari yang namanya baterai, dimana suplay daya untuk menjalankan kerja setiap komponen di Ponsel wajib adanya agar semua bisa berfungsi secara normal.

Penggunaan smartphone antara satu pengguna dengan pengguna yang lin tentu juga akan berbeda hasilnya, contoh dilihat dari sisi umur baterai, dengan merek yang sama dan tipe ponsel sama pula belum tentu pengguna yang satu dengan lainnya akan mengalami kerusakan baterai yang bersamaan. Bisa jadi Baterai awet sampai beberapa tahun tanpa kendala dan yang satunya baru beberapa bulan sudah mengalami kebocoran, drop bahkan sudah tidak bisa lagi melakukan suplay daya untuk menghidupi smartphone.

Dari sekian banyak tipe pengguna smartphone tentu kita harus setidaknya harus tahu apa saja yang menyebabkan kerusakan dini pada perangkat pintar ini. Kerusakan bisa terfokus satu komponen atau bahkan bisa merembet ke perangkat lain didalamnya.

Akibat Bermain Game sambil Charge Baterai HP


Untuk menjawab pertanyaan pada point utama diatas, apa saja efek yang bisa terjadi ketika pengguna smartphone, baik itu android maupun ponsel dengan sistem lainnya sering memainkan sebuah game secara terus menerus dengan diikuti melakukan charging baterai?

akibat charge HP sambil bermain game

1. Kerusakan baterai

Efek pertama yang sering dialami oleh pengguna smartphone yang hobi main game, apalagi permainan yang membutuhkan kinerja hardware tinggi seperti Game 3D, MMORPG dan lainnya akan lebih cepat merusak fisik baterai dari waktu normalnya.

Sebuah baterai untuk pernagkat ponsel bagaimanapun juga ada masa aktifnya atau sering disebut Lifecycle. Umur baterai dengan penggunaan normal bisa lebih lama dibanding dengan cara-cara 'sadis' seperti bermain game dengan kondisi selalu dicharge, melakukan pengisian daya dengan voltase yang berlebih dan lain sebagainya.

Bermain game di smartphone sambil melakukan ces (charging) bisa memendekkan umur baterai karena daya input dan Output tidak akan sebanding, dimana arus masuk di baterai ketika dilakukan pengisian tidak akan maksimal dan sebanding dengan arus yang dikeluarkan ketika bermain game.

Dalam kondisi demikian cell-cell untuk manampung arus akan bekerja lebih keras untuk mengatur keluar dan masuknya arus ketika digunakan untuk permainan.



Pada banyak kasus baterai melembung gara-gara sering bermain game, video call, melihat video sambil melakukan charge.

Sebisa mungkin hindari pengisian daya bersamaan dengan aktifitas aplikasi yang berat seperti video Call, nonton movie, game dan lain sebagainya agar baterai awet dan tahan lama.

2. Kerusakan Komponen HP

Selain bisa merusak baterai HP, seringnya bermain game sambil charging bisa merusak beberapa komponen penting seperti Processor, RAM, GPU (pengolah grafis) bahkan layar ponsel akan semakin menurun kualitas dan kinerjanya.

Ketika anda sedang asik bermain game dan seharusnya perangkat untuk sejenak dihentikan aktifitasnya dan digunakan untuk proses pengisian daya baterai namun malah sebaliknya, Ponsel dipaksa terus bekerja karena arus tidak habis-habis karena adanya proses pengisian yang terhubung secara terus menerus maka akibatnya komponen HP akan mengalami suhu berlebih dan akhirnya bisa menurunkan kinerjanya.

3. HP cepat rusak

Masih berkaitan dengan efekyang nomor 2 diatas, dimana ketika anda sering menggunakan smartphone untuk bermain game sambil mengisi daya, tanpa mengijinkan ponsel untuk berhenti sejenak dari permainan dan dilakukan charging maka smartphone akan rawan mati total atau rusak. Sebabnya tentu bisa ditebak yaitu komponen dalam ponsel yang seccara terus menerus melakukan kinerja tinggi tanpa diberi waktu untuk berhenti.

Jadi agar Smartphone tetap aman dan terhindar dari kerusakan dini silahkan tinggalkan kebiasaan bermain game dengan kondisi sambil mengisi daya baterai. Luangkan waktu sejenak untuk charging dengan mematikan game atau bahkan mematikan ponsel agar lebih cepat penuh dan kemudian bisa anda gunakan kembali untuk bermain game favorit.


Emoticon Emoticon