26/07/2017

Apa Efek yang terjadi bila Memori Internal Android Penuh?

Apa Efek yang terjadi bila Memori Android Penuh?
Memori di smartphone merupakan perangkat vital selain hardware lain seperti Prosesor dan RAM, dimana Memori merupakan perangkat penyimpanan data sistem, aplikasi dan data yang diperlukan untuk berjalannya Operating System. Nah, banyak sekali para pengguna android yang tidak melakukan cek secara berkala berapa sisa memori internal, tahunya hanya memakai dan lambat laun akan terasa efeknya terhadap keseluruhan kinerja sistem android.

Bicara mengenai perangkat memori di smartphone android, ada 3 jenis ruang penyimpanan yaitu memori internal, memori Ponsel dan memori Eksternal. Lalu apa beda dan pengertian dari tiap-tiap memori tersebut dan untuk apa harus dipisah-pisah penamaannya?

Memori Internal adalah ruang default tempat menyimpanan sistem beserta aplikasi, dimana setiap anda melakukan unduhan maupun pemasangan aplikasi, baik itu dari google play maupun dari file APK biasanya akan langsung masuk ke internal memori.

Sedangkan memori ponsel adalah ruang penyimpanan opsional yang bisa digunakan untuk memyimpan file data seperti foto, movie, dokumen dan lain sebagainya. Anda bisa memindah aplikasi dari internal memori ke memori telepon tapi ada juga beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah tanpa adanya akses root terlebih dahulu.

Selengkapnya : Apa beda memori telepon dan memori internal?

Kalau memori eksternal adalah ruang penyimpanan yang sering anda lihat berupa perangkat MicroSD yang dipasang di slot khusus di smartphone. Umumnya pengguna smartphone memanfaatkan memori tambahan pengguna ini karena merasa internal dan phone memory yang tersedia tidak mencukupi untuk melakukan penyimpanan data.


Efek internal Memori android Penuh



Lalu apa yang bisa terjadi ketika memori internal ponsel android sudah penuh?, untuk mengetahui beberapa efek yang terjadi silahkan simak diantaranya sebagai berikut:

1. Ponsel Lemot

Salah satu efek yang bisa dirasakan ketika internal memori android penuh adalah lambatnya kinerja sistem alias lemot dan kurang responsif seperti keadaan sebelumnya.

Bila anda merasa ponsel beberapa hari ini jalannya tidak bisa lancar dan cenderung lambat dalam mengakses setiap aplikasi, silahkan cek ke dalam pengaturan ruang penyimpanan ponsel anda apakah internal memori sudah menipis ataukah masih dalam ambang yang diperkenankan. Padda umumnya kapasitas memori internal yang kurang dari 500 MB akan menjadikan banyak masalah bagi kinerja sistem secara keseluruhan.

2. Aplikasi gagal berjalan




Bila anda merasa ada beberapa aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa dijalankan, tiba-tiba keluar dengan sendirinya atau juga macet ketika dijalankan dan terjadi Force close bisa mencoba melihat space ruang memori internal.

Bila ruang penyimpanan sudah minim coba pindah beberapa aplikasi ke eksternal memori dan coba jalankan kembali aplikasi yang sering macet tersebut.

Berhentinya aplikasi secara tiba-tiba maupun kejadian force close tidak hanya disebabkan internal memori yang minim namun juga dipengaruhi beberapa sebab seperti RAM yang kehabisan space, Prosesor overheat atau juga bisa karena dari aplikasi itu sendiri yang mengalami masalah.

3. Boros daya baterai

Jangan menganggap remeh space memori yang sudah hampir habis karena banyaknya file di dalam ruang penyimpanan juga berpengaruh besar terhadap asupan daya baterai ponsel.

Dalam kinerjanya setiap file yang ada di memori internal akan diindex oleh sistem secara berkala tanpa anda sadari karena berjalan di background, tentu kinerja hardware seperti prosesor dan RAM akan membutuhkan asupan daya baterai secara terus menerus yang akhirnya baterai lebih cepat habis.

4. Ponsel Hang

Ketika sudah dalam keadaan space memori kritis bisa merimbas pada tidak bekerjanya fungsi sistem dan layar akan terdiam tanpa bisa merespon setiap perintah, baik itu menekan tombol fisik maupun menyentuh beberapa menu di layar.

Bila anda mengalami hal demikian secar terus menerus dan cenderung berulang, silahkan terlebih dahulu cek ruang memori internal sebelum menyangka penyebab lain seperti ponsel terlalu panas, sistem rusak dan lain sebagainya

5. Gagal update aplikasi

Bagi kebanyakan pengguna android saya yakin masih menggunakan aplikasi yang diperoleh dari play store google. Nah bila internal memori ponsel android kurang dari 400 MB saya yakin nantinya akan sering terjadi gagal update maupun download aplikasi dari play store.

Bila anda selalu mengalami gagal mengunduh atau update aplikasi silahkan pindah beberapa aplikasi ke memori telephone atau bisa langsung ke Eksternal memori kemudian ulangi proses update aplikasinya.

6. Ponsel cepat Panas

Sama seperti halnya beberapa efek diatas, ketika memori internal sudah mulai penuh dan tinggal beberapa MB saja space-nya maka chipset akan cenderung berkerja ekstra untuk melayani proses IO (input-output) sistem yang akhirnya ponsel lebih cepat panas.

Semoga ulasan tentang efek yang terjadi ketika internal memori terlalu penuh diatas bisa bermanfaat untuk pengguna android umumnya, terima kasih.


Emoticon Emoticon