07/07/2017

Apakah Memasang Tema bisa membuat boros data baterai Android?

Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah benar memasang theme atau tema di android bisa membuat boros daya baterai smartphone?, dimana tema biasanya disediakan oleh sistem dan bahkan banyak developer aplikasi yang membuat tema unik untuk tujuan mempercantik tampilan serta membuat navigasi yang unik di android bagi penggunanya.

Apakah Memasang Tema bisa membuat boros data baterai Android?

Bila anda melihat ada teman yang memiliki ponsel dengan tipe dan jenis yang sama namun tampilan serta sistem navigasinya berbeda dari milik anda biasanya teman tersebut sudah memasang theme sesuai keinginannya. Tujuan utamanya tentu agar terlihat berbeda dengan milik orang lain dan lebih personal.

Efek Tema terhadap kinerja Android

Ternyata tanpa anda sadari, Memasang theme bisa memuat kinerja android bekerja lebih keras, mengapa demikian?, sebab sama seperti halnya aplikasi lainnya di Android, bahwa Tema juga menggunakan resource RAM untuk berjalan di sistem. Semakin Berat tema yang dipasang semakin menambah asupan RAM dan kinerja prosesor.

Dari banyak thema yang ada di android sekarang ini sudah semakin memukau penggunanya dengan berbagai fitur menarik seperti widget icon tiga dimensi, efek transisi yang beraneka ragam, tampilan layar atau background yang bisa mengeluarkan visual bergerak dan lain sebagainya.

Penggunaan tema di android yang memiliki fitur visual graphic bergerak lebih berat dibanding dengan menggunakan model thema yang hanya menampilkan widget icon statis. Begitu pula menggunakan tema dengan opsi efek khusus seperti ketika menggeser layar dengan transisi transparant melayang dibanding dengan mode normal geser tentunya lebih membebani RAM smartphone.

Jadi bagi anda pemilik ponsel android yang memang ingin menggunakan Theme utuk mempercatik tampilan di gadget miliknya silahkan lihat dahulu berapa kapasitas RAM dan prosesor di smartphone anda, jangan sampai karena ingin ngebet memasang aplikasi tema yang bervisual efek cantik namun RAM sudah ngos-ngosan untuk menjalankan berbagai aplikasi tetap anda pasang, jadinya ponsel semakin melambat kinerjanya.



Tips Memasang Tema android

Agar sebuah tema tidak membebani kinerja RAM, Prosesor dan Kartu Grafis (GPU) di ponsel anda silahkan simak beberapa tips memasang tema android yang tepat di bawah ini.

1. Perhatikan Spesifikasi Ponsel

Sebelum sembarangan memasang visual widget atau theme di android sebaiknya perhatikan dahulu berapa ruang RAM dan prosesor di ponsel anda. Bila RAM sudah 2GB atau diatasnya bisa dengan aman memilih thema yang anda inginkan, namun bila hanya 1GB tentunya harus berfikir ulang memilih tampilan yang memberatkan kinerja smartphone.

2. Cerdas Memilih Tema

Bila spesifikasi ponsel pas-pasan lebih baik jangan memasang tema yang mempunyai fitur visua yang berat seperti efek melayang, efek transisi, background bergerak dan lain sebagainya, karena visual yang bergerak dan efek tertentu bisa membuat habis space RAM yang ada.

3. Tema bawaan Ponsel

Lebih baik memakai jenis theme yang asli bawaan smartphone daripada mengistall jenis theme dari market aplikasi. Theme yang banyak beredar di berbagai market aplikasi mempunyai ukuran file yang lebih besar karena banyaknya fitur-fitur tertentu yang mereka tanam didalamnya. Toh anda tidak akan menggunakan (enable) semua fitur tersebut bukan?

4. Copot Theme

Bila suah terlanjur memasang tema tertentu namun kinerja smartphone terasa lambat dari sebelumnya silahkan copt saja tema yang terpasang dan coba lagi dengan jenis theme yang lain dengan visual yang lebih ringan.

Nah mungkin tips diatas bisa dipraktekkan bagi pengguna android yang ingin sekali memasang visual effek dari banyaknya aplikasi theme yang beredar di market-market aplikasi, Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon