02/07/2017

Aplikasi di Xiaomi yang aman untuk dimatikan atau dihapus



Di setiap produk smartphone umumnya disertakan aplikasi Bloatware yang memang sudah bawaan dari pabrikan namun tidak bisa dicopot begitu saja tanpa adanya akses root. Padahal beberapa aplikasi tersebut tidak sering digunakan bahkan sama sekali tidak terpakai sehingga terkesan menghabiskan resource memori yang ada dengan percuma.

Aplikasi di Xiaomi yang aman untuk dimatikan atau dihapus

Bloatware memang tidak bisa disamakan dengan aplikasi sistem, dimana Bloatware sendiri merupakan aplikasi umum yang memang sengaja ditanam oleh pihak vendor ponsel karena alasan tertentu dan memang aman untuk dihapus walau harus mempunyai akses root di dalamnya.

Namun untuk aplikasi bawaan sistem, pengguna harus selektif untuk menghapusnya bahkan membekukan jalannya aplikasi yang berjalan tersebut dikarenakan bila nekat dibekukan atau dihapus maka akan terjadi kegagalan jalannya sistem.

Di bawah ini ada beberapa daftar aplikasi bloatware khusus di HP Xiaomi MIUI 8 yang bisa dihapus dan dibekukan dengan aman, silahkan disimak.

XiaomiAccount.Apk - Akun Mi

Anda pengguna Xiaomi bisa menonaktifkan aplikasi ini dengan aman. Sebelum menghapus atau membekukan aplikasi akun Mi ini lebih baik keluar dulu dari aku Mi (Logout). Keuntungan menghapus atau menghentikan aplikasi Mi Account ini karena memang cukup memakan resourcce memori RAM di background tanpa anda sadari.






AnaliticsCore.apk - Analitics

Aplikasi yang selalu berjalan di balik layar ini bertugas untuk selalu memberikan statistik data ke server Xiaomi untuk keperluan peningkatan produk dan pengembangan MIUI selanjutnya. Aplikasi ini aman untuk dinonaktifkan bahkan untuk dihapus sekalipun

LiveWallpapers.apk - Android Live Wallpaper
aplikasi yang satu ini juga aman untuk dihapus pada ponsel Xiaomi karena memang hanya berfungsi untuk fitur widget wallpaper. Namun konsekuensinya bila anda menonaktifkan atau menghapusnya nantinya tidak akan bisa memanfaatkan fitur live wallpaper ini lagi.

WebViewGoogle.apk - Android system webview
Aplikasi ini juga aman untuk dibekukan atau dihapus karena fungsinya hanya untuk melihat link dari sebuah aplikasi agar tampak seperti bagian dari aplikasi yang sebenarnya

Notes.apk - Catatan



Bila anda tidak suka menggunakan aplikasi notes di Xiaomi bisa mematikannya bahkan menghapusnya

Weather.apk - Aplikasi Cuaca
Ini merupakan aplikasi untuk melihat perkiraan cuaca secara realtime di android, bila anda tidak suka maka bisa menghapusnya atau menonaktifkan untuk sementara

Email.apk - Layanan Email
Aplikasi surat elektronik milik Xiaomi ini sebenarnya sangat bagus dan lebih menarik dari milik Google (Gmail), Namun bila anda tidak suka bisa menghapusnya dari ponsel Xiaomi

LatinImeGoogle.apk - Google Keyboard


tips MIUI 8

Bila anda suka dengan aplikassi atau tampilan keyboard dari aplikasi lain maka bisa menghapus google keyboard yang sudah include seccara default sebagai papan ketik milik google di ponsel Xiaomi ini. Bila anda menghapusnya harus terlebih dahulu mempunyai papan ketik pengganti (Aplikasi lain)

Calendar.apk - Kalender
Bila tidak pernah memakai aplikasi kalender bawaan Xiaomi silahkan dimatikan atau dihapus.

Calculator.apk - Kalkulator
Bilat idak suka dengan kalkulator bawaan Android Xiaomi bisa menonaktifkannya atau menghapus dari sistem dan mengganti dengan dan mengganti dengan aplikasi yang lebih menarik

BugReport.apk - Laporan Bug
Aplikasi ini umum digunakan untuk melaporkan adanya Bug atau kesalahan pada Xiaomi MIUI 8, namun bila anda tidak respek dengan aplikasi ini dan memang tidak mau menggunakannya silahkan hapus saja

PaymentService.apk - Mi Credit
Aman untuk dihapus karena jarang penggunaannya di Indonesia

SystemAdSolution.apk - msa
aplikasi ini untuk menampilkan iklan di bilah notifikasi, nah bila anda merasa terganggu dnegan beberapa iklan yang tiba-tiba muncul di Xiaomi silahkan hapus saja aplikasi ini dan aman.

Mungkin ulasan daftar beberapa aplikasi sistem serta bloatware Xiaomi diatas yang aman untuk dibekukan dan dihapus bisa bermanfaat untuk pembaca DetikInfo sekalian, terima kasih.


Emoticon Emoticon