24/07/2017

Cara Beli Pulsa Listrik PLN via BNI SMS Banking

Tips membeli Token atau Stroom Listrik PLN melalui BNI SMS Banking - Untuk kesempatan kali ini admin kembali memberikan tips seputar penggunaan Fitur perbankan khususnya bagi Nasabah Bank BNI yang ingin melakukan pembelian token listrik dengan jalan mengirim SMS Banking, yang mana dengan adanya fitur SMS yang bisa untuk melakukan transaksi finansial Banking bisa digunakan tanpa koneksi internet dan dengan ponsel jadul sekalipun. Jadi anda yang tidak mempunyai HP dengan tipe smartphone seperti Android atau Produk Apple tidak perlu khawatir.

Cara Beli Pulsa Listrik PLN via BNI SMS Banking

Penggunaan Fitur SMS Banking memang sudah lebih awal ada daripada fitur yang lebih canggih seperti Mobile Banking maupun Internet Banking yang harus dijalankan dengan perangkat smartphone maupun Komputer. Saya yakin bagi setiap nasabah Bank yang ingin mudah melakukan proses transaksi tanpa datang ke Mesin ATM memerlukan fitur SMS Banking, Lagian mengapa repot ke ATM kalau hanya ingin melakukan transfer, pembayaran maupun pembelian.

Kembali ke topik Cara pembelian token PLN Prepaid melalui BNI SMS banking diatas, Membeli stroom Listrik PLN yang umum dilakukan masyarakat saat ini biasanya dilakukan dengan mendatangi PPOB Online maupun gerai penjual Pulsa dan token PLN yang marak ada di beberapa kios di pelosok Tanah air.

Saat ini anda tidak akan repot lagi kalau hanya ingin membeli pulsa Listrik karena di setiap Toko Online (E-Commerce) di Indonesia seperti Blibli, Bukalapak, tokopedia dan lainnya juga menawarkan jasa pengisian stroom PLN. Namun kendala perangkat seperti harus punya Smartphone atau Komputer memang menjadikan pemilik ponsel jadul tidak mau bertransaksi dengan layanan tersebut.

Baca : Cara Lihat ID Token PLN Apabila Hilang

Nah, bagi anda Nasabah Bank BNI, ada cara mudah untuk membeli pulsa Listrik hanya berbekal ponsel yang sudah teregistrasi sebelumnya dengan Akun Bank Anda. Walaupun anda tidak mempunyai ponsel sekelas smartphone tentu bukan menjadi masalah dikarenakan proses SMS Banking hanya memerlukan fitur Perpesanan saja bukan fitur yang harus menjalankan aplikasi khusus seperti Mobile Banking maupun BNI Internet Banking.


Cara Pembelian Token PLN Prepaid


Di bawah ini ada cara melakukan transaksi pembelian pulsa Listrik PLN (Prepaid) melalui fitur BNI SMS Banking, yang mana untuk nominal pembelian yang bisa dilakukan adalah senilai minimal 20 ribu dan maksimal 10 juta Rupiah. Yuk simak tipsnya di bawah ini



1. Pastikan bahwa kartu Selular yang anda pakai transaksi SMS Banking sudah diaktifkan dan diregistrasi oleh pihak Bank BNI.

2. Silahkan masuk ke halaman perpesanan atau mode menulis SMS, Untuk format SMSnya adalah TOP(spasi)PLN(spasi)Nomor meter/ID Pelanggan PLN, Contoh Penulisannya TOP PLN 0123456780

3. Kemudian kirim SMS ke pusat BNI SMS banking yaitu ke 3346

4. Setelah terkirim nantinya akan ada balasan dari pihak BNI yang menunjukkan detail kartu yang telah anda isi seperti Nama pelanggan berikut daya listrik serta berapa nominal pulsa PLN yang nantinya akan anda beli dan juga ada format cara membalasnya

pembelian token listrik via sms banking BNI

Contoh bila ingin melanjutkan transaksi formatnya Nominal(spasi) PIN, sebagai contoh bila beli token senilai 20 ribu silahkan ketik 20000 12.

Untuk penulisan nominal uang jangan diberi tanda pemisah ribuan, dan untuk PIN silahkan masukkan seperti yang diminta dalam SMS balasan tersebut. Anda akan diminta menulisakan 2 pin dengan mode acak sesuai perintah SMS balasan.

5. Setelah yakin dengan nilai nominal pembelian token listrik dan penulisan PIN silahkan kirim ulang SMS tersebut ke nomor BNI SMS Banking yaitu di 3346

6. Tunggu sebentar dan balasan SMS akan masuk ke ponsel anda yang berisikan Kode transaksi, Nama pelanggan PLN beserta nomor meter/ID Pelanggan, besarnya daya, nominal pembelian, Nomor Stroom/Token dan juganominal biaya admin.




Jadi bila anda beli Stroom PLN senilai 50 ribu maka saldo rekening di bank BNI milik anda akan berkurang 53 Ribu Rupiah.

Pembelian Token PLN melalui aplikasi SMS Banking BNI

Apa bedanya kedua cara diatas?, sebenarnya tidak ada bedanya dalam pengiriman format SMS-nya, yang membedakan adalah Antar muka aplikasi yang berbeda, dimana dengan berbekal smartphone dan terinstall aplikasi android SMS Banking BNI maka anda tidak perlu repot untuk menghafal setiap format SMS yang akan anda ketik.

Jadi seandainya anda lupa dengan format SMS Banking dalam setiap transaksi yang akan anda lakukan seperti format SMS untuk transfer, untuk Pembelian, Pembayaran, E-commerce dan lainnya bisa menggunakan aplikasi SMS Banking android milik Bank BNI.

Yang membuat tidak ada perbedaan dari kedua cara SMS Banking BNI, baik melalui mode menulis pesan maupun menggunakan aplikasi adalah outputnya saja. Maksudnya di aplikasi khusus android ini hanya mempermudah di menu pilihan yang user friendly dan nantinya akan dialihkan ke format SMS dalam mode perpesanan.

Untuk anda yang sudah menginstall aplikasi SMS Banking BNI dan ingin membeli Pulsa Listrik PLN silahkan simak tipsnya di bawah ini.

1. Silahkan masuk ke aplikasi dan pilih menu Pembelian

aplikasi sms banking bni beli token listrik

2. Kemudian pilih opsi Token Listrik dan akan muncul kotak isian data, Isikan IDPEL/nomor Meter setelah itu klik tombol Proses

3. Seketika itu pula anda akan dialihkan ke mode Perpesanan dan cara selanjutnya sama seperti tips pertama diatas tanpa perlu mengetik lagi format SMS-nya karena sudah tercipta secara otomatis.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membeli pulsa Token PLN melalui SMS Banking BNI?, semoga bermanfaat bagi sahabat nasabah Bank BNI Khususnya dan bagi para pembaca DetikInfo semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon