21/07/2017

Cara melihat kode Bar atau QR Code Whatsapp

Cara mudah melihat Kode QR untuk akun whatsapp - Aplikasi Whatsapp (WA) memang saat ini belum terkalahkan dari sisi pengguna dan kemudahan dalam pemakaiannya, dimana selain bisa melakukan chatting melalui smartphone juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi berbasis Web yang dijalankan via Browser Chrome. Tidak hanya itu, Whatsapp juga mempunyai aplikasi khusus yang bisa diinstall di Laptop atau PC berbasis Windows.

Cara melihat kode Bar atau QR Code Whatsapp

Sebelum beranjak ke sesi tutorial cara melihat kode batang dari akun whatsapp sebaiknya kita perlu tahu dahulu cara kerja whatsapp mengapa bisa dijalankan di perangkat lain dan apa syaratnya. Jadi jangan dibayangkan kita mempunyai satu akun whatsapp namun bisa dengan seenaknya melakukan chatting di perangkat PC manapun.

Maksudnya, Aaplikasi whatsapp yang dijalankan pertama kali di smartphone dan ingin juga digunakan di mode web atau aplikasi yang berjalan di Komputer harus melakukan autentifikasi berupa scan QR Code yang ditampilkan di layar PC.

Baca :
Cara menjalankan WhatsApp Web dari Chrome Android

Ketika kode batang (QR Code) tersebut berhasil di pindai maka secara otomatis aplikasi whatsapp di smartphone akan tersinkron dengan whatsapp yang ada di PC. Jadi tidak akan mungkin whatsapp bisa dijalankan di mode komputer tanpa adanya autentifikasi dari pihak si empunya akun yaitu dengan jalan scan Bar code (QR Code).

Baca :
>Modus Spam di WhatsApp yang harus di waspadai
>Bisakah QR Code WA disimpan dibuat login ulang?



Walaupun anda menjalankan whatsapp di PC namun bisa tidak berjalan dan terputus koneksi sinkron-nya dikala smartphone tidak ada data yang terhubung maupun ponsel dalam kondisi mati. Maksudnya disini, bila anda ingin menjalankan aplikasi whatsapp di komputer lalu ponsel yang terhubung dengan akun WA tersebut dinonaktifkan atau dalam tidak ada sambungan data Internet maka secara otomatis aplikasi WA yang ada di komputer tidak akan bisa digunakan untuk berkirim pesan. Jadi intinya ponsel yang ada akun WA-nya harus selalu On data Internetnya bila juga dijalankan di PC.

Cara Lihat Kode Bar (QR Code) WA


Nah, kembali ke topik pembahasan utama, Bagaimana kita tahu Kode batang akun WA milik kita?, Simak caranya di bawah ini.

1. Buka Komputer atau laptop dan pastikan sambungan internet juga ada, karena kita harus masuk ke aplikasi berbasis WEB milik whatsapp.

2. Siapkan pula smartphone Android atau iPhone yang juga ada koneksi data internetnya dan akun WA juga masih aktif digunakan.

QR Code whatsapp

3. Langkah pertama silahkan buka Browser Chrome di Laptop/PC, mengapa harus pakai chrome untuk menjalankan aplikasi WA? karena memang selain WA punya Google juga aplikasi ini tidak akan berjalan di browser lainnya seperti Firefox, Opera, UC, Safari dan lain sebagainya, jadi harus memakai peramban buatan google yaitu Chrome.

4. Masuk ke situs Web WA yaitu di https://web.whtasapp.com/ dan tunggu sampai loading halaman berhasil.

5. Di antarmuka pertama whatsapp berbasis Web tersebut akan tampak di sisi kiri ada kotak berisi Kode Batang (QR Code), nah itulah kode bar yang bisa anda pindai melalui ponsel android.

6. Untuk kode QR WA tersebut akan selalu berubah setiap anda membuka Browser maupun saat keluar dari aplikasi tanpa mencentang opsi 'keep me sign-in'.



Cara menghubungkan Whatsapp Android dengan PC

Untuk membuka aplikasi WA melalui web Chrome di PC tentunya anda harus melakukan scan atau memindai kode batang tersebut dari ponsel milik anda, mau tahu caranya? simak tipsnya di bawah ini.

1. Masih tetap di antarmuka WA di laptop/PC, silahkan buka aplikasi whatsapp di ponsel anda

cara pindai WA QR Code

2. Kemudian masuk ke opsi menu, letaknya di pojok kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web

3. Nantinya akan terbuka kamera pemindai di Ponsel dan siap digunakan untuk melakukan scan terhadap QR Code yang ada di layar PC.

Sampai disini dulu pembahasan tentang tips mengetahui kode batang dari aplikasi whatsapp, dan bila ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon