28/07/2017

Cara membuat 2 SSID Hotspot di Router Tenda

Bila pada umumnya sebuah router rumahan biasa digunakan untuk Access Point (Hotspot) dengan satu Nama SSID saja maka kali ini admin akan mengulas tentang cara membuat 2 nama (SSID) di satu router Merek Tenda. Dimana setiap merek router dan varian yang ada bisa mensupport satu atau lebih pilihan pembuatan SSID, jadi tergantung tipe dan mereknya.

Cara membuat 2 SSID Hotspot di Router Tenda

Untuk sesi tutorial kali ini admin khusus mengulas router bermerek Tenda F9 karena tipe ini sudah mensupport pembuatan 2 nama SSID. Untuk merek lain admin kira akan sama saja caranya hanya letak tampilan setiap halaman bawaan router tidak akan sama.

Sebelumnya admin juga pernah mengulas tentang router Tenda yang berjudul Cara mengganti SSID dan Sandi router dari HP Android, bila sobat ada yang masih kesulitan tentang seluk beluk router bermerek Tenda ini silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar di bawah artikel ini, Insya Allah admin siap utuk menjawabnya.

SSID (Service Set Identifier) merupakan sebuah penamaan untuk sebuah pusat jaringan (Access Point), dimana sebuah SSID bisa diset untuk disembunyikan (hidden) maupun diperlihatkan ke Publik. Bahasa mudahnya, bila anda sedang mencari suatu jaringan WiFi di area Hotspot dan menemukan sebuah nama dari di layar maka itulah yang disebut dengan SSID.

Untuk sobat pembaca DetiInfo yang mempunyai router di rumah bermerek Tenda dan ingin membuat 2 nama Hotspot dengan tujuan tertentu, misalnya yang satu digunakan untuk akses pribadi dengan kecepatan tanpa batas dan yang satunya untuk free WiFi yang bisa dishare ke teman atau tetangga dengan Limit Bandwith yang bisa diatur atau dengan beberapa alasan lainnya maka opsi penamaan 2 SSID yang berlainan menjadi salah satu solusinya.

Cara Buat 2 SSID di satu Router


Beruntunglah bagi sobat yang sudah mempunyai router sebagai access point dan bisa dipakai memisah 2 penamaan SSID Hotspot miliknya. Nah, untuk bisa melakukan hal itu silahkan simak tipsnya di bawah ini.



1. Admin berasumsi anda sudah menggunakan Router yang sama dengan isi tutorial ini yaitu router Tenda

2. Silahkan siapkan PC atau bisa menggunakan ponsel android untuk mengakses router, pastikan juga sudah terhubung ke jaringan WiFi di perangkat tersebut.

3. Buka Browser dan masukkan alamat IP default Tenda yaitu 192.168.0.1, Bila anda pernah mengganti alamat IP silahkan masukkan sesuai IP yang anda ganti tersebut.

cara buat 2 ssid di satu router

4. Bila masuh menggunakan IP address default dan juga belum pernah mengubah password serta username silahkan masukkan kata sandi 'admin' dan user'admin'

5. Setelah masuk ke tampilan awal router, silahkan pilih opsi 'Advanced'

6. Kemudian masuk ke tab menu 'Wireless' > Wireless basic settings

7. Silahkan isi nama Hotspot atau SSID di kedua kolom isian yaitu di Primary SSID dan di Secondary SSID, Biarkan saja settingan yang lain kemudian klik tombol save

cara membuat sandi wifi di router tenda

8. Lanjut dengan melakukan pengaturan kata sandi setiap SSID yang ada, masuk ke opsi 'Wireless security' > select SSID dan pilih SSID mana yang ingin anda ganti passwordnya kemudian klik tombol OK. Bila anda tidak mengubah password maka nilai defaultnya adalah 12345678

9. Tutup kembali browser atau halaman dan coba deteksi WiFi dari ponsel maupun PC anda, Bila penamaan berhasil maka akan ada 2 Nama SSID yang terdeteksi.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat 2 nama Hotspot WiFi di satu router bermerek Tenda?, semoga tips singkat dari admin diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon